window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E

Enda · 6 Jul, 2021 14:00

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 01

Toyota Avanza 1.3 G

Sebagai Low MPV tulang punggung dari PT Toyota Astra Motor, diketahui bahwa Avanza saat ini hanya ditawarkan dua varian, yaitu Toyota Avanza 1.3 G dan Toyota Avanza 1.3 E. Masing-masing dari varian yang dijajakan tersebut hadir dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Mengetahui harga terbarunya dengan relaksasi PPnBM nol persen, Avanza ditawarkan mulai dari Rp187,6 juta hingga Rp216,5 juta.

Bukan cuma tampilan luarnya saja yang berbeda, baik Toyota Avanza 1.3 G maupun Toyota Avanza 1.3 E memiliki beberapa perbedaan sebagai ikonik dari masing-masing varian. Ingin tahu apa saja perbedaan dari keduanya? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Siapa Sangka, Fitur di Toyota Avanza Ini Ternyata Sering Tak Disadari

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Tampilan Eksterior Toyota Avanza 1.3 G Vs Toyota Avanza 1.3 E

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 01

Tampilan depan Toyota Avanza 1.3 E

Bicara soal tampilan luar baik Toyota Avanza 1.3 G maupun Toyota Avanza 1.3 E pada bagian fascianya kini berhasil disematkan lampu utama berteknologi LED yang seolah dibagi menjadi dua bilah. Tepat di bawah lampu utamanya tersebut terdapat lampu senja serta lampu sein yang masih mengandalkan bohlamp.

Sebagai pembeda antara varian G dan E, Toyota Avanza 1.3 G terlihat lebih luxury dengan tampilan grill utama yang dilapisi krom pada bagian atas serta sisi sampingnya. Bukan cuma itu, di kedua sisi ujung bumpernya juga mendapatkan fog lamp yang sekaligus berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pengemudi.

Bergeser ke bagian samping, Toyota Avanza 1.3 E terlihat begitu sederhana bila dibandingkan Toyota Avanza 1.3 G. Dimana pada tipe E nya ini kalian tidak bisa menemukan side moulding sebagai tahanan pintu untuk menghindari benturan langsung terhadap suatu objek di luar.

Selain itu, pada bagian lingkar rodanya juga masih menggunakan velg kaleng yang ditutupi dof berukuran 14 inci dengan profil ban 185/70.

Meski spionnya juga sama-sama menggunakan teknologi elektrik mirror, spion pada Avanza 1.3 G memiliki fitur yang lebih canggih. Dimana spion pada varian teratas Avanza saat ini sudah retractable function serta mendapatkan lampu sein diujungnya sebagai sinyal tambahan untuk berbelok.

Melihat pada bagian buritan, Toyota Avanza 1.3 G berhasil disematkan garnis berlapiskan krom yang membentang dan seolah menghubungkan lampu di kedua sisinya. Tipe ini juga mendapatkan spoiler serta shark fin antenna diatasnya.

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 02

Tampilan belakang Toyota Avanza 1.3 E

Melihat daripada Toyota Avanza 1.3 E, model ini belum mendapatkan spoiler serta hanya disematkan garnish berkelir silver dengan dimensi yang lebih pendek.

2. Interior Mirip, Toyota Avanza 1.3 G Punya Fitur Lebih Lengkap

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 03

Interior Toyota Avanza 1.3 G

Membandingkan interior baik Toyota Avanza 1.3 G ataupun Toyota Avanza 1.3 E, secara sekilas keduanya terlihat sama. Dimana baik door trim maupun dashboardnya mendapat sentuhan kombinasi warna beige dan black.

Beberapa bagian interiornya juga dilapisi warna silver guna mempercantik tampilannya.

Meski begitu, sebagai pembeda Avanza 1.3 G ini memperoleh fitur unggulan yang lebih lengkap. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian center cluster dari varian teratas Avanza ini telah disematkan NEW Premium Touch Screen Head Unit yang mendukung format DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX.

Pada lingkar kemudinya, Avanza 1.3 G juga disematkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada mobil ini.

Menengok daripada Avanza 1.3 E, mobil ini disematkan 2 DIN tanpa layar sentuh namun sudah mendukung format CD, AM/FM, USB, & Bluetooth.

Baca juga: Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E

3. Fitur Keselamatan Toyota Avanza 1.3 G dan Toyota Avanza 1.3 E Berbeda?

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 04

Fitur keselamatan Toyota Avanza 1.3 G dan Toyota Avanza 1.3 E sama

Mengenai fitur keselamatan, baik Toyota Avanza 1.3 G maupun Toyota Avanza 1.3 E behasil ditanami Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Sebagai bentuk perlindungan lebih kepada penggunannya, Avanza 1.3 G mendapat tambahan 2 titik sensor parkir serta kamera parkir. Sedangkan fitur keamanan untuk keduanya sudah memperoleh immobilizer dan alarm.

4. Jantung Pacu Toyota Toyota Avanza 1.3 G dan Toyota Avanza 1.3 E Tetap Sama

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 05

Mesin 1.300 cc pada Toyota Avanza

Jika Toyota Avanza G sebelumnya turut mendapatkan pilihan mesin 1.5L, kini hanya ditawarkan 1.3L saja. Secara data di atas kertas, keduanya ini berhasil ditanami mesin berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.329 cc yang mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

5. Transmisi Manual 5-Percepatan Lebih Layak Dipilih

Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E 06

Transmisi manual lebih layak dipilih

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, baik Toyota Avanza 1.3 G maupun Toyota Avanza 1.3 E ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Teknologi pada transmisi otomatis yang digunakan ini masih konvensional. Menurut kami, perpindahan gigi yang dihasilkan kurang bergitu responsif dan kurang nyaman. Sehingga secara konklusi transmisi manual 5-percepatan sangat layak untuk dipilih.

Kesimpulan

Antara Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E ini memiliki perbedaan yang kental pada tampilan luarnya. Dimana Avanza E terlihat begitu sederhana. Pada bagian dalamnya, overall secara tampilan terlihat sama. Hanya saja pada sistem infotaimentnya berbeda, serta Avanza G sudah dilengkapi steering switch control.

Apabila saat ini kalian tertarik membeli Avanza namun masih memiliki keterbatasan soal budget, Toyota Avanza 1.3 E bisa jadi pilihan. Mengingat fitur keselamatan serta jantung pacu yang ditawarkan pun sama seperti varian teratasnya.

Baca juga: Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil