Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot?

Dhoni · 25 Feb, 2021 13:00

Perkembangan transmisi pada kendaraan yang awalnya manual kini telah mulai bergeser menjadi otomatis. Transmisi otomatis juga hadir dengan beragam teknologi demi kenyamanan berkendara, salah satunya D-CVT (transmisi CVT mode ganda) seperti yang digunakan pada Daihatsu Rocky atau Perodua Ativa D55L.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 01

Keunggulan Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky

Baca juga: Apakah Benar Transmisi CVT Tidak Memiliki Daya Tahan?

Transmisi D-CVT yang digunakan pada Perodua Ativa D55L memiliki perbedaan dengan model Toyota Direct Shift CVT karena terdapat launch gear. Lalu sebenarnya, seperti apa keunggulan teknologi D-CVT yang pertama kali diaplikasikan pada Perodua D55L atau Daihatsu Rocky 2021 ini?

Keunggulan transmisi D-CVT pada Daihatsu Rocky 2021 dan Toyota Raize

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 02

Keunggulan D-CVT sebagai transmisi Daihatsu Rocky

Keunggulan D-CVT sebagai transmisi Daihatsu Rocky dibanding transmisi lainnya adalah D-CVT telah menggunakan perpaduan rantai baja dan planetary gear set. Sedangkan transmisi otomatis konvensional masih menggunakan sabuk (belt) atau pun rantai saja.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 03

Planetray gear set pada transmisi D-CVT

Dengan kombinasi rantai baja dan planetary gear set untuk melengkapi sabuk (belt) baja sehingga CVT dapat langsung merespon menjadi lebih baik. Namun pada dasarnya, D-CVT juga tetap seperti model CVT pada umumnya karena membutuhkan belt sebagai pengatur pergerakan saat memulai pergerakan maupun berhenti hingga melaju dalam kecepatan rendah.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 04

Pada kecepatan rendah, D-CVT menggunakan belt untuk pergerakannya

Namun ketika Daihatsu Rocky melaju dalam kecepatan sedang hingga tinggi, sistem pada D-CVT mengaktifkan kopling untuk mengalihkan tenaga pada planetary gear set.  Rasanya torsi yang dikeluarkan langsung ditransferkan menjadi tenaga sesuai kebutuhan.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 05

Pada kecepatan tinggi, Planetary Gear berfungsi melalui kopling

Secara sederhana, sistem kerja D-CVT pada Daihatsu Rocky berbeda dengan yang digunakan pada Toyota Direct Shift CVT karena planetary gear baru berfungsi pada kecepatan tinggi, bukan pada saat start-stop.

Keunggulan lainnya penggunaan transmisi D-CVT pada Daihatsu Rocky tidak hanya mengurangi penggunaan bahan karet, tetapi juga dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Pada Perodua Ativa D55L atau Daihatsu Rocky diklaim hanya mengkonsumsi 5.29 liter bensin untuk menempuh jarak 100 kilomter atau perbandingannya 1 liter bensin dapat digunakan untuk menempuh jarak 18,9 km. Sehingga keunggulan transmisi D-CVT diklaim lebih hemat bahan bakar.

Transmisi D-CVT dapat menyalurkan torsi besar?

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 06

Transmisi D-CVT seperti yang digunakan pada mobil Perodua Ativa D55L, Daihatsu Rocky hingga Toyota Raize untuk versi pasar di Jepang memiliki batas torsi mencapai 150 Nm.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 07

Data torsi menggunakan transmisi D-CVT pada Daihatsu Rocky 2021

Batasan torsi yang cukup besar, mengingat pada Perodua Ativa D55L, Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize hanya memiliki torsi maksimum sebesar 140 Nm. Jadi kemampuan torsi dari ketiga mobil tersebut dapat ditingkatkan, namun jangan melebihi batas torsi yang dianjurkan, agar tidak merusak CVT pada mobil Anda.

Pilihan transmisi pada Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia

Untuk Perodua Ativa D55L yang beredar di Malaysia hanya tersedia dalam transmisi D-CVT saja, Tentunya ini berbeda dengan Daihatsu Rocky atau Toyota Raize yang akan beredar di Indonesia. Untuk versi lokal kabarnya akan tersedia pilihan transmisi manual 6 percepatan akan menjadi pilihan selain transmisi D-CVT.

Artinya, transmisi manual 6 percepatan ini hanya akan ada khusus di Indonesia. Dengan demikian, metode pindah gigi dengan injak kopling tidak  diberikan pada Perodua Ativa D55L, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize untuk versi di Jepang.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 08

Selain perbedaan transmisi, kabarnya untuk Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize versi Indonesia akan hadir dalam pilihan mesin 1.2 liter naturally-aspirated  yang menghasilkan tenaga 88 PS dengan torsi sebesar 108 Nm. Opsi ini merupakan keuntungan bagi konsumen di Indonesia karena merupakan mesin milik LCGC.

Baca juga: Perang Mesin 1.0L Turbo: Daihatsu Rocky 2021 vs Nissan Magnite 2021. Siapa Paling Ideal?

Apakah Daihatsu Rocky sudah pasti menggunakan D-CVT?

Daihatsu Rocky seperti halnya Perodua Ativa D55L  yang mengunakan platform DNGA, dipastikan telah menggunakan transmisi D-CVT. Selain menjadi model pertama yang mengunakan D-CVT, Daihatsu Rocky dan Perodua juga menjadi mobil compact pertama yang telah menggunakan mesin turbocharged berkapasitas kecil hingga fitur A.S.A 3.0 ADAS. 

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 09

Kesimpulan

Jika memang Daihatsu Rocky yang akan hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2021 tersedia dalam pilihan transmisi D-CVT dan manual 6 percepatan, rasanya konsumen memiliki keuntungan karena dapat memilih sesuai spesifikasi transmisinya.

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot? 10

Tampilan Perodua Ativa D55l atau Daihatsu Rocky 2021

Bila melihat kemampuannya, Daihatsu Rocky yang masuk dalam segmen SUV compact tentu akan sangat nyaman dengan transmisi D-CVT. Karakter CVT yang responsif ini cocok untuk menyusuri jalan perkotaan maupun pedesaan. Jadi makin tidak sabar menanti kehadiran Daihatsu Rocky di Indonesia!

Komentar