Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini 

Yongki Sanjaya · 2 Feb, 2021 07:00

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  01

Sosok Honda CR-V 2021 begitu dinantikan kehadirannya karena diprediksi membawa fitur Honda Sensing yang semakin canggih. Namun sebenarnya, teknologi sejenis sudah ada pada New Nissan X-Trail yang meluncur pada 2019. Lantas, bagaimana canggihnya Nissan X-Trail dibandingkan CR-V?

Fitur yang akan tersedia pada setiap tipe Honda CR-V 2021 yaitu active noise control dan Honda LaneWatch Camera. Khusus di tipe 1.5 Turbo akan mendapatkan teknologi Honda Sensing yang mencakup fitur sebagai berikut:

  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Low Speed Follow (LSF)
  • Auto High Beam (AHB)

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bila melihat fitur yang dimiliki, mungkin ada beberapa istilah yang membuat Honda Sensing sepertinya lebih canggih. Namun bila kita perhatikan, sebenarnya fitur-fitur ini sudah dimiliki Nissan X-Trail T32 terbaru di Indonesia. 

Nissan Intelligent Mobility di Nissan X-Trail Tak Kalah Canggih 

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  01

Nissan X-Trail sudah memiliki adaptive cruise control sejak meluncur pada 2019

Fitur keselamatan aktif di SUV medium layaknya Honda Sensing sebenarnya sudah tersedia sejak beberapa tahun yang lalu. Nissan Motor Indonesia telah menghadirkannya dalam X-Trail yang meluncur di GIIAS 2019.

New Nissan X-Trail hadir dengan dilengkapi beragam teknologi dari Nissan Intelligent Mobility (NIM) yang merupakan visi Nissan dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan menyenangkan bagi semua orang.

Teknologi dari NIM ini termasuk Intelligent Cruise Control yang meningkatkan pengalaman berkendara untuk perjalanan jarak jauh. Cruise control ini cukup canggih, karena fitur ini dapat mengatur jarak dan kecepatan secara otomatis dengan kendaraan yang ada di depan. 

Selain itu terdapat Forward Collision Warning yang dapat memantau dan memberikan peringatan kepada pengendara apabila terdapat kendaraan lain di area sekitar bagian depan kendaraan yang tiba-tiba berhenti atau mengurangi kecepatan. 

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  02

Fitur lainnya, yaitu Forward Emergency Braking, dapat memberi peringatan dan mengurangi kecepatan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi risiko kecelakaan akibat tabrakan. 

Lebih lanjut, New Nissan X-Trail juga didukung Rear Cross Traffic Alert yang membantu pengendara saat berada di area parkir dalam kecepatan rendah. Mobil akan memberikan tanda mundur atau keluar dan memberikan peringatan saat ada kendaraan lain yang mendekat dari kanan atau kiri. 

Tak kalah menarik, New Nissan X-Trail juga memiliki Lane Departure Warning yang akan memberikan peringatan saat kendaraan keluar dari jalurnya. New Nissan X-Trail juga dilengkapi fitur otomatis yang mengatur perubahan lampu jauh dan lampu dekat ketika ada kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan. 

Kalah Pamor, Nissan X-Trail Sudah Lama Memiliki Fitur Canggih 

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  03

New Honda CR-V yang akan meluncur di Indonesia ini hadir sebagai SUV keluarga yang nyaman. Adanya Honda Sensing membuat CR-V ini semakin canggih dan layak disebut sebagai SUV mewah. Nantinya, Honda CR-V akan memiliki pintu belakang yang bisa dibuka pakai sensor kaki. 

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  04

Namun demikian, CR-V bukanlah SUV medium pertama yang membawa beragam fitur 'mahal' itu.  Sensor kaki untuk pintu bagasi atau power tailgate ini sudah ada pada New Nissan X-Trail. Adanya fitur ini dapat memudahkan ketika ingin memasukkan barang atau koper saat tangan sulit menjangkau handle pintu bagasi. 

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  05

Kita bisa melihat sekeliling mobil secara 360 derajat.

Selain itu, produk terbaru Nissan ini juga memiliki smart phone connectivity yang memberikan koneksi secara langsung dan mulus didukung layar sentuh 7 inci dilengkapi Intelligent Around View Monitor.

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  06

Head unit di New Honda CR-V versi Malaysia

Untuk fitur kenyamanan, Honda CR-V menawarkan update berupa infotainment system 7 inci yang kompatibel dengan Apple Car Play serta Android Auto, AC digital otomatis, wireless mobile charger, sistem navigasi, kemudian kursi elektrik delapan arah untuk pengemudi dan empat arah buat penumpang. 

Adu Performa Nissan X-Trail vs Honda CR-V, Mana Paling Perkasa? 

Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini  07

Mesin New Honda CR-V tetap paling perkasa dikelasnya

Dalam urusan performa, masing-masing SUV medium ini punya jenis mesin yang berbeda. Nissan masih setia dengan opsi mesin konvensional alias naturally aspirated pada New X-Trail. Sementara itu, Honda CR-V telah memiliki opsi 1.5 Turbo yang menggantikan 2.4 liter bensin. 

New Nissan X-Trail didukung oleh mesin berkapasitas 2.5 liter yang dapat menggelontorkan daya sebesar 171 PS dan torsi puncak 233 Nm. 

Mesin 1.5 Turbo di Honda CR-V, tidak mengalami ubahan karena sudah paling bertenaga dikelasnya. Untuk segmen SUV medium, Honda CR-V ini paling unggul soal tenaga. Mesin 1.5L VTEC Turbo With Earth Dreams Technology –Direct Injection mampu menghasilkan tenaga 190 PS @5.600 Rpm dan torsi 240 Nm @2.000-5.000 Rpm. 

Untuk tipe terbawah kemungkinan besar akan kembali dibekali mesin 2.0 liter SOHC i-VTEC. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 154 PS (152 hp) pada 6.500 rpm dan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm. 

Pakai Velg Besar, Kunci Penampilan Maskulin SUV? 

Honda CR-V 2021 mendapat minor update berupa beberapa aksen baru di eksteriornya, antara lain bumper depan yang didesain ulang, grille hitam baru dengan aksen chrome, velg 18 inci baru dan penambahan roof rail. Pemakaian velg berdiameter besar ini membuat CR-V jadi terlihat sporty sekaligus maskulin untuk SUV perkotaan. 

Ukuran 18 inci ini bila kita lihat masih cukup pas supaya menjaga kesan maskulin ala mobil off road dari profil ban tebal khas SUV. Pasalnya, Nissan X-Trail memakai profil velg yang lebih besar yaitu 19 inci. Fender memang terlihat penuh tapi kesan maskulinnya tergusur. 

Kesimpulan 

Nissan X-Trail menjadi SUV medium Jepang yang menghadirkan fitur keselamatan aktif melalui Nissan Intelligent Mobility (NIM). Tidak heran kalau teknologi ini membuat harga Nissan X-Trail jadi mahal. Untuk harga Nissan X-Trail 2021 yaitu Rp. 549.750.000.

Sebaliknya, Honda CR-V 2021 pre facelift sekarang ini harganya masih lebih murah daripada Nissan X-Trail. Bandingkan dengan Honda CR-V Turbo Prestige sebagai tipe termahal harganya Rp 545,5 juta. 

Apabila nantinya New Honda CR-V meluncur dengan harga tetap atau naik maksimal Rp 5 jutaan, maka SUV ini kami lihat cukup value for money. Kelebihan dari Honda dalam hal ini ialah layanan purna jual yang sudah merata di berbagai kota bila dibandingkan Nissan.

Terlebih, masyarakat kita ini tak jarang menjadikan Honda sebagai benchmark alias tolok ukur kemampuan dalam beli mobil. Walaupun Nissan X-Trail fiturnya lengkap namun tetap saja penjualannya kalah laris daripada Honda CR-V. 
 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru