Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20

Adit · 4 Nov, 2021 12:33

Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20 01

Ada yang beda dari tunggangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri KTT G20 di Roma, Italia beberapa waktu lalu. Orang nomor satu Republik Indonesia itu biasanya akrab dengan mobil dinas berupa sedan Mercedes-Benz S-Class S600 Guard dengan kode bodi W222.

Pabrikan merancang mobil tersebut dengan fitur keselamatan tingkat tinggi, dan mengantongi sertifikat perlindungan balistik VR9. Rangka dan panel bodinya dibangun menggunakan material baja khusus, makanya punya ketebalan panel yang lebih tinggi dari S-Class reguler. 

Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20 02

Mercedes-Benz S-Class W222 yang digunakan Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai Pertama di Asia Tenggara, Mulai Produksi 2024

Oh iya kacanya juga juga punya ketebalan khusus untuk melindungi setiap penumpangnya dari serangan peluru, mortir, granat, hingga ledakan ringan. Ban mobil juga menggunakan jenis run flat tire besutan Michelin, yang membuatnya tetap bisa melaju meskipun tekanan anginnya kurang. 

Sebagai penunjang kenyamanan, sudah ada kursi dengan fungsi pijat, telepon satelit, panic alarm system, tabung oksigen darurat, sampai pengaturan AC yang memiliki filter khusus agar udara yang bersirkulasi selalu dalam kondisi bersih.

Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20 01

Kendaraan dinas Mercedes-Benz S-Class W222 yang digunakan Jokowi.

Namun dalam lawatannya ke KTT G20 di Italia, Jokowi terlihat tidak menumpang mobil dinas yang digunakannya sejak 2019 itu. Justru menggunakan mobil yang berbeda, bukan sedan mewah melainkan sebuah SUV compact mewah besutan Alfa Romeo, pabrikan mobil kebanggaan Italia yang berdiri sejak 1910. 

Modelnya adalah Alfa Romeo Stelvio, yang dipakai sebagai mobil dinas Jokowi termasuk saat kembali ke bandara untuk bertolak ke Glasgow, Skotlandia dalam rangka menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP26 pada 31 Oktober hingga 12 November 2021. 

Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20 02

Alfa Romeo Stelvio jadi kendaraan dinas Presiden Jokowi saat KTT G20 di Italia.

Baca Juga: Biar Laris, Harga Mobil Listrik Harusnya di Bawah Rp300 Juta

Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio

Sekilas mengenai Alfa Romeo Stelvio, merupakan SUV segmen C yang kelasnya diisi oleh Mercedes-Benz GLC, BMW X3, Audi Q5, Volvo XC60, hingga Range Rover Evoque. Sayangnya tak disebutkan apakah ada fitur khusus tambahan yang menyangkut kemampuannya untuk menunjang keselamatan dan keamanannya.

Yang jelas mengenai spesifikasinya, Alfa Romeo Stelvio punya panjang 4.687 mm, lebar 1.903 mm, dan tinggi 1.693 mm. Bila disamakan dengan mobil di Indonesia, panjangnya hampir serupa Honda CR-V, lebarnya mirip Hyundai Santa Fe, dan tingginya seperti Toyota Rush. 

Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20 03

Alfa Romeo Stelvio termasuk SUV berukuran kompak dan tergolong mewah.

Alfa Romeo menyediakannya dalam berbagai pilihan mesin dan output berbeda. Misalnya opsi mesin bensin 2.000 cc, ada yang bertenaga 200 PS dan torsi 330 Nm atau yang lebih buas lagi hingga 278 PS dengan torsi 600 Nm. Transmisinya otomatis 8-percepatan. 

Ada pula opsi mesin diesel 2.200 cc, dengan output 190 PS pada torsi 450 Nm dan satu lagi 208 PS dengan torsi 470 Nm. Khusus mesin penenggak solar series ini juga menggunakan transmisi matic 8-percepatan. 

Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20 04

Interior Alfa Romeo Stelvio.

Terakhir ada Alfa Rome Quadrifoglio yang mengusung jantung mekanis lebih buas lagi. Digadang-gadang mobil Jokowi menggunakan tipe yang satu ini. Mobil tersebut mengandalkan mesin 2.900 cc ditambah induksi paksa bi-turbo intercooler berkonfigurasi V6. 

Di atas kertas menjanjikan tenaga 509 PS dengan torsi maksimum 600 Nm. Dayanya itu dikawinkan pada sistem penggerak all wheel drive atau AWD. Di sana, Alfa Romeo Stelvio dijual ulai dari Rp 883 jutaan hingga Rp 1,070 miliar. Di Indonesia ada yang punya nggak ya? 

Baca Juga: 5 Mobil Listrik yang Siap Masuk Indonesia Tahun Depan, Pilih yang Mana?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mercedes-Benz S-Class S 450 L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru