window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya

Kurnia · 17 Mei, 2020 10:00

Inovasi dan teknologi menjadikan All New Suzuki Ertiga 2020 sebagai salah satu MPV terbaik dikelasnya

Mobil keluarga merupakan salah satu pasar yang terbesar di antara semua tipe mobil yang ada di Indonesia, tercatat hingga tahun 2019 pasar MPV menguasai sekitar 25% dibandingkan tipe mobil lainya. Meskipun demikian bukanlah hal yang mudah untuk dapat bersaing di pasar ini, hal ini terbukti dengan munculnya beberapa merek mobil dan akhirnya menyerah karena tidak dapat bersaing dengan merek lainnya.

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 01

Kehadiran All New Suzuki Ertiga 2020 di Indonesia 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kehadiran All New Suzuki Ertiga 2020 yang merupakan generasi ke dua dengan tiga kali mengalami perubahan (facelift) ternyata masih dapat bertahan dan menjadi salah satu pilihan mobil dari keluarga Indonesia.

Dengan model yang lebih sporty, harga yang cukup kompetitif, kapasitas serta fitur yang dapat bersaing dengan rivalnya, serta performa yang cukup mumpuni dan pelayanan after sales service yang baik menjadi modal utama bagi MPV andalan Suzuki Indonesia yang dilepas dengan harga Rp 224.500.000 hingga Rp 249.000.000 dalam menarik hati konsumen. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020. Mobil Suzuki Ertiga terbaru memiliki total 7 tipe.

Sejarah Suzuki Ertiga

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 01

Sosok Suzuki Ertiga generasi pertama

Diperkenalkan sejak 2012 lalu MPV yang mempunyai arti tiga baris yang menandakan bahwa Suzuki Ertiga adalah mobil dengan tiga baris tempat duduk dengan kapasitas 7 penumpang. Konsep yang diusung merupakan sebuah kendaraan perpaduan antara Multi Purpose Vehicle (MPV) dan sedan yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan dengan kapasitas yang besar.

Untuk mewujudkan konsepnya ini, Suzuki pun menggunakan platform Suzuki Swift generasi ketiga dan menjadikan model ini sebagai global production yang dijual diseluruh dunia dilengkapi dengan mesin K14B (DOHC-VVT) 1.4L yang mempunyai kemampuan menghasilkan tenaga sebesar 95 Ps pada 6.000 rpm.

Pada 2018, MPV yang mengusung sistem penggerak roda depan (Front-Wheel Drive/FWD) memasuki generasi kedua dengan menggunakan platform chasis dan body baru yaitu Heartech yang juga digunakan oleh Suzuki Baleno dengan mengusung mesin baru K15B DOHC VVT dengan kemampuan 104,7 Ps pada 6.000 rpm. Namun Suzuki tidak lagi mengusung Ertiga-nya dengan mesin diesel, yang ternyata kurang mendapatkan respon yang baik di pasar Indonesia.

Setahun kemudian tepatnya 15 Februari 2019, Suzuki Indonesia kembali melakukan penyegaran pada Suzuki Ertiga yang masuk ke generasi kedua, dan sudah mendapat beberapa pergantian pada eksterior serta interior. Tak selang berapa lama, Maret 2019 Suzuki kembali memperkenalkan varian baru yaitu Ertiga Sport. Tak puas dengan penampilan Ertiga Sport, pada awal 2020 Suzuki Ertiga terbaru mendapatkan berbagai perubahan agar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen setianya.

Rival All New Suzuki Ertiga 2020

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 02

Empat rival All New Suzuki Ertiga 2020

Besarnya pasar kendaraan 7 penumpang membuat ketatnya persaingan di kelas ini, dimana terdapat New Toyota Avanza dari Toyota, Grand New Daihatsu Xenia dari Daihatsu, Honda Mobilio dari Honda dan pendatang baru yang cukup fenomenal Mitsubishi Xpander dari Mitsubishi sebagai rival Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru.

Dari harga yang ditawarkan oleh masing-masing produk tidak terlalu jauh berbeda dimana Toyota New Avanza hadir dengan harga Rp 198.000.000 hingga Rp 228.300.000, Xenia yang dimulai dari Rp183.350.000 hingga Rp 217.000.000 serta New Honda Mobilio dengan harga Rp 203.000 hingga Rp 259.000.000 sedangkan Mitsubishi Xpander dengan harga jual Rp 215.800.000 hingga Rp 272.100.000.

Ekterior Dan Interior All New Suzuki Ertiga 2020

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 03

Tampilan eksterior All New Suzuki Ertiga 2020

Setelah mendapatkan berbagai perubahan dan penambahan, mobil Suzuki Indonesia All New Suzuki Ertiga 2020 tampil semakin elegan dengan menggunakan Projector Head Lamp yang mengapit New Front Chrome Grille Design, tidak ketinggalan spion lipat dengan turn light signal lamp serta Smart Entry Key untuk tipe GX.

Selain itu pada bagian kaca belakang telah dilengkapi dengan Rear Defogger dan penambahan kamera belakang yang dapat mempermudah saat parkir namun dua fitur ini hanya untuk tipe GX, tidak ketinggalan pelek dengan desain baru yang memberikan nilai lebih pada penampilan mobil Suzuki terbaru, All New Suzuki Ertiga 2020.

Pada bagian interior juga tak kalah dari pesaingnya dimana All New Suzuki Ertiga 2020 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memberikan kenyamanan selama berkendara selain kabin yang luas serta ketersediaan berbagai kompartemen untuk penempatan barang bawaan.

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 04

Penampilan interior All New Suzuki Ertiga 2020 yang lebih mewah

Dashboard saat ini telah mendapatkan sentuhan desain baru dengan kombinasi wood panel yang terhubung hingga doortrim dan senada dengan steering design, serta penempatan head unit 2DIN touch screen 6,2 inch pada bagian tengah yang terhubung dengan steering control dan dapat terhubung dangan smartphone.

Selain itu pada control AC juga telah dihadirkan dengan teknologi digital dan penempatan beberapa power outlet untuk pengisian battery smartphone dan keperluan lain. Tidak ketinggalan penambahan Assist Grip untuk penumpang depan serta baris kedua pada mobil Suzuki Indonesia Suzuki Ertiga terbaru.

Performa Dan Handling

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 05

Mesin All New Suzuki Ertiga 2020

Mengusung mesin K15B, DOHC, VVT yang mampu menyuplai tenaga hingga 104,7 Ps pada 6.000 rpm dipadukan dengan platform Heartech membuat All New Suzuki Ertiga terbaru 2020 mempunyai bobot lebih ringan 50 kg dari generasi sebelumnya dan hal ini pastinya mempengaruhi laju serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Selain itu platform ini juga membuat sasis menjadi lebih rigid dan centre of gravity lebih rendah sehingga meningkatkan kestabilitasan dalam berkendara dan handling yang lebih mudah. Dengan penggunaan suspensi MacPherson strut with coil spring pada bagian depan dan Torsion beam with coil spring pada bagian belakang, membantu meredam getaran selama berkendara. Dukungan dari heartech platform pada mobil Suzuki Ertiga terbaru membuat penumpang semakin nyaman karena getaran yang dihasilkan oleh mesin dapat teredam dengan baik.

Fitur Keselamatan

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 06

Fitur keselamatan All New Suzuki Ertiga sudah memenuhi standar bintang 4 Asean NCAP

Sudah pasti fitur ini menjadi salah satu konsen Suzuki untuk MPV andalannya ini, selain penempatan seatbelt untuk setiap penumpang dan SRS airbag pada sisi pengemudi dan penumpang depan, All New Suzuki Ertiga 2020 juga telah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, ISOFIX serta Door Open Stopper. Hal ini mengakibatkan mobil Low MPV ini mendapatkan standar bintang 4 dari Asean NCAP.

Selain itu dengan platform Heartech pada Suzuki Ertiga tidak hanya meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar, namun juga meningkatkan keamanan pada penumpang jika terjadi kecelakaan selama berkendara. Hal ini karena platform ini menjadikan chassis dan frame terhubung mulai dari depan hingga belakang dimana hal ini dapat menyebarkan energi akibat kecelakan dengan lebih baik sehingga meminimalkan dampak pada penumpang.

Kesimpulan

Buying Guide All New Suzuki Ertiga 2020: MPV Suzuki Siap Jadi Pilihan Menarik Ketimbang Rival-Rivalnya 07

Apakah All New Suzuki Ertiga 2020 merupakan mobil keluarga terbaik dikelasnya?

Kehadiran All New Suzuki Ertiga 2020 yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya yang telah hadir sejak 2012 lalu menjadikanya sebagai salah satu mobil keluarga yang terbaik dikelasnya. Tidak hanya itu, harga yang cukup terjangkau didukung dengan pelayanan after sales service serta ketersediaan suku cadang memberikan kelebihan yang tidak mudah ditemui pada produk lainya.

Performa, kenyamanan dan efisiensi serta berbagai fitur yang ditawarkan bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditolak oleh konsumen dalam memilih mobil keluarga, apalagi biaya kepemilikan yang cukup terjangkau serta harga jual yang relatif stabil memberikan nilai tambah pada Suzuki Indonesia mobil All New Suzuki Ertiga 2020.

Kurnia

Anak muda penggemar otomotif yang senang menceritakan sisi unik dan menarik dari sebuah mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil