window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia

Kurnia · 14 Mei, 2020 21:00

Mari kita mengenal sosok New Toyota Avanza 2020 yang patut disebut sebagai low MPV terlaris di Indonesia

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 01

New Toyota Avanza 2020 kini tersedia di dealer resmi Toyota di Indonesia

Bisa dikatakan bahwa Indonesia merupakan pasar terbesar untuk mobil jenis low Multi Purpose Vehicle (MPV). Makanya jangan kaget jika banyak pabrikan yang melakukan investasi untuk memperebutkan pangsa pasar dan perhatian penuh dari konsumen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ya, low MPV memang banyak diminati lantaran memiliki banyak fungsionalitas dan banyaknya kapasitas penumpang. Lantas? Apakah Toyota Avanza layak sebagai moda transportasi andalan Anda bersama keluarga?

Yuk kita coba lihat lebih detail sosok Toyota Avanza yang merupakan low MPV ‘Sejuta Umat’ ini.

Sejarah Toyota Avanza

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 01

Edisi pertama Toyota Avanza

Perjalanan karir Toyota Avanza bermula ketika PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan pada tahun 2003 silam. Nama Avanza diambil dari bahasa Italia yang memiliki makna ‘maju atau peningkatan’.

Pada awal perkenalan, Toyota Avanza dikemas dengan harga jual yang relatif terjangkau sekitar dibawah angka Rp 100 juta yang berimbas terhadap angka penjualan 10 ribu unit pada tahun pertamanya. Inilah yang menjadi pemicu terhadap tren mobil jenis low MPV di Tanah Air.

Toyota Avanza telah bertransformasi berbagai generasi. Untuk generasi terakhir, yang diluncurkan awal tahun 2019 silam, Toyota Avanza menjelma menjadi low MPV yang modern dan stylish. Hingga saat ini, Toyota Avanza telah membukukan total penjualan lebih dari 1,7 juta unit selama 15 tahun kehadirannya di Indonesia.

Rival Toyota Avanza

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 02

Rival New Toyota Avanza 2020 dari Honda, Mitsubishi, dan Suzuki

Toyota mendulang kesuksesan dengan menelurkan Avanza. Prestasi inilah yang kemudian diikuti oleh pabrikan lainnya yang menyajikan mobil jenis low MPV. Sebut saja Honda yang memperkenalkan Honda Mobilio, lantas Suzuki hadirkan Suzuki Ertiga dan Mitsubishi yang suguhkan Mitsubishi Xpander untuk memeriahkan dunia persilatan low MPV.

New Toyota Avanza 2020 memiliki harga kisaran Rp 198 – 228,3 jutaan. Sementara New Honda Mobilio tawarkan harga mulai dari Rp 203 – Rp 259 jutaan. Sedangkan Suzuki All New Ertiga dipatok pada angka Rp 205 – Rp 249 juta. Sementara Mitsubishi Xpander, berada pada harga jual Rp 215,8 – Rp 272,1 juta.

Eksterior & Interior Toyota Avanza

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 03

Eksterior New Toyota Avanza 2020

Bicara tampilan, tentu soal selera. Namun insinyur Toyota cukup pandai membuat tampilan eksterior New Toyota Avanza 2020 yang begitu menggoda. Pada fascia depan, Toyota Avanza dibekali dengan New Headlamp yang menyipit. Meski begitu untuk untuk mendukung kenyamanan berkendara, headlamp dilengkapi lampu jenis LED. Untuk tipe tertinggi varian 1.3L dan 1.5L,  spion dapat dilipat secara elektrik.

Sedangkan bagian kabinnya, kedua varian tertinggi hadir New Combination Meter Design yang dibuat stylish dan memudahkan pengemudi untuk memantau kecepatan serta informasi seputar kendaraan, seperti jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar.

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 04

Ruang dashboard New Toyota Avanza 2020 yang lebih modern

Pun begitu dengan fitur multimedia. New Toyota Avanza varian 1.5L memiliki headunit berteknologi layar sentuh dengan berbagai fitur hiburan, mulai dari Radio, Bluetooth, iPod/iPhone connectivity, 6 buah speaker, DVD, Radio hingga terkoneksi dengan smartphone untuk memudahkan menjawab dan panggilan telepon.

Masih di ruang kabin, asyiknya lagi berkendara bersama New Avanza, tak perlu repot untuk mengoperasikan head unit. Lantaran sudah tersedia audio steering switch pada kemudi, sehingga mengoperasikan audio tanpa mengganggu konsentrasi berkendara.

Masih kurang puas, tersedia power slot baris pertama, kedua dan ketiga. Anda dan anggota keluarga tak perlu repot-repot untuk mengisi daya smartphone, gadget dan perangkat elektronik yang membutuhkan sumber arus. Mudah dan praktis.

Mesin dan Performa

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 05

Sosok mesin New Toyota Avanza 2020

Bicara sektor mesin, Toyota memperhatikan keinginan para penggemar low MPV di Tanah Air. Hasilnya, pengembangan pada sektor mesin dengan mengadopsi teknologi Dual VVT-i. Silakan rasakan pengalaman berkendara dengan mesin Dual VVT-i yang irit bahan bakar.

Memang ketimbang para rivalnya, tenaga yang dihasilkan oleh New Toyota Avanza 2020 lebih kurang sedikit. Namun, jangan khawatir, karena fokus utama pengembangan soal mesin adalah bagaimana memberikan efisiensi yang tinggi terhadap konsumsi bahan bakar. Untuk itulah Toyota turut menyematkan fitur ECO indikator pada meter cluster. Sehingga pengemudi dapat berkendara secara hemat bahan bakar ketika indikator ECO berwarna hijau aktif.

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 06

Sistem airbag New Toyota Avanza 2020

Terlahir sebagai mobil keluarga, New Toyota Avanza 2020 turut dibenamkan fitur-fitur keselamatan yang mumpuni. Mulai dari Dual SRS Airbags, seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, Anti-lock Braking System, ISOFIX, 3-point seatbelt, side impact beam hingga front passenger seat belt warning.

Pengembangan lainnya pada generasi terbaru yaitu fitur kenyamanan yang menambah rasa percaya diri. Pada sistem suspensi, kombinasi antara sistem suspensi depan MacPherson Strut dipadu dengan 4-Link Lateral Rod yang meningkatkan stabilitas kenyamanan berkendara. Plus fitur Cabin Quitness yang meningkatkan kesenyapan kabin ketika berkendara.

Kesimpulan

Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia 07

Apakah New Toyota Avanza 2020 layak dimiliki saat ini?

Jika melihat sepak terjang Toyota Avanza yang sekaligus menjadi saudara kembar dari Daihatsu Xenia ini, tak perlu diragukan lagi. Alasannya, karena perjalanan karirnya yang sudah lebih dari 15 tahun di Indonesia. Apalagi didukung dengan layanan purna jual Toyota di seluruh penjuru Indonesia, rasanya pelanggan tak akan merasa kesulitan ketika ingin merawat kendaraan kesayangan. Selain itu, untuk harga jualnya pun lebih relatif stabil ketimbang rival-rivalnya.

Nah, satu hal yang berbeda ketimbang dari rivalnya. Yakni New Toyota Avanza 2020 berpenggerak roda belakang yang memiliki keunggulan untuk mengangkut beban berat. Penjelasannya karena tumpuan beban di belakang serta roda berputar di belakang sehingga membuat traksi semakin baik. Selain itu, untuk harganya pun, New Toyota Avanza bisa dikatakan lebih terjangkau ketimbang para rivalnya. Konsumen bisa menentukan bermacam-macam varian New Toyota Avanza. Apakah Anda berminat untuk meminang New Toyota Avanza?

Kurnia

Anak muda penggemar otomotif yang senang menceritakan sisi unik dan menarik dari sebuah mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil