window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BYD dan Tesla Disebut Luhut Dekati Penyelesaian Kesepakatan Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Herdi · 20 Jan, 2023 13:30

BYD dan Tesla Disebut Luhut Dekati Penyelesaian Kesepakatan Investasi Mobil Listrik di Indonesia 01

Pemerintah Indonesia terus membuka lebar pintu investasi mobil listrik kepada para sejumlah perusahaan otomotif di Tanah Air. Bahkan produsen mobil listrik asal China dan Amerika Serikat yaitu BYD Group dan Tesla bahkan disebut-sebut mendekati penyelesaian kesepakatan investasi dengan Indonesia.

"Semua pemain besar mobil (listrik) di dunia akan berinvestasi di sini. BYD Group nomor satu dunia, nomor dua Tesla, Hyundai dan sebagainya, semuanya sedang menyelesaikan perjanjian-perjanjian dengan Indonesia," ungkap Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dilansir Reuters, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Hore! Pemerintah Segera Beri Insentif Mobil Listrik Rp80 Juta, Hybrid Rp40 juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menko Investasi Luhut harapkan Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

Selain kedua brand otomotif ternama, Indonesia melalui MIND ID, juga disebut-sebut akan menjalin kerjasama dengan produsen baterai asal China, Contemporary Amperex Technology Co Limited (CATL). 

Menurut Luhut, dengan adanya berbagai perjanjian dengan sejumlah pabrikan otomotif, maka jika tak ada aral melintang, Indonesia bisa membuat baterai lithium pertama pada tahun 2025 mendatang. 

Baca juga: Pemerintah Belum Umumkan Insentif Untuk Elektrfikasi, Masyarakat Tunda Beli Mobil Listrik

BYD YangWang U9 3

BYD YangWang U9 3 salah satu mobil listrik terbaru dan tercepat BYD 

Selain itu, kata dia, jika rencana tersebut direalisasikan dengan baik, maka selang dua tahun atau pada 2027 tidak menutup kemungkinan Indonesia masuk dalam tiga besar dunia yang akan memproduksi baterai lithium dan juga mobil listrik.

Investasi Mobil Listrik Demi Bangun Ekosistem Transportasi Ramah Lingkungan di Indonesia

Niatan pemerintah untuk mendatangkan berbagai investor dari negara lain agar Indonesia dapat membangun ekosistem kendaraan listrik, serta mendorong Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Hal ini diharapkan bisa berdampak pada kondisi udara bersih dan ramah lingkungan.

Hyundai resmikan pabrik sebagai bagian Investasi mobil listrik di Indonesia

Peresmian Pabrik Pertama Hyundai di Asia Tenggara dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan ditandai penandatanganan di mobil Hyundai IONIQ 5

Untuk itulah, pemerintah mengeluarkan berbagai aturan dan kebijakan termasuk dalam melakukan menyediakan infrastruktur pengisian daya, pasokan dan ketersediaan model kendaraan listrik, industri dan rantai pasokan kendaraan listrik, serta kesadaran masyarakat. 

Sebelumnya pemerintah telah berhasil melakukan berbagai lobi untuk mendapatkan investasi mobil listrik di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mendatangkan berbagai brand otomotif seperti Hyundai yang sudah meresmikan pabrik produksinya (termasuk produksi mobil listrik) di Indonesia pada Maret 2022 lalu.

Baca juga: Insentif Mobil Listrik Diisukan Keluar Juni 2023, Kemenperin: Kalau Bisa Lebih Cepat!

Wuling Air ev

Wuling Air ev dibuat di pabrik Wuling Motors di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Selain itu, SGMW Motor Indonesia (Wuling Motor) yang merupakan anak perusahaan SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW), juga sudah membangun pabrik pertamanya di Indonesia dan secara resmi melakukan produksi pada 2017, dimana mobilnya tak hanya untuk pasar domestik tapi juga ekspor. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Tesla Model X Long Range

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil