window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air

Herdi · 9 Jan, 2023 17:03

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 01

Cina jadi negara yang pabrikan otomotifnya giat berinovasi. Karena itu tak heran banyak sekali mobil listrik yang lahir di negara ini. Tak terkecuali pabrikan Build Your Dream (BYD) yang siap menghadirkan produk baru berupa BYD YangWang U8.

Disebutkan, BYD YangWang U8 2023 merupakan sebuah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang sengaja dibuat bagi konsumen pecinta mobil listrik premium namun juga menyukai kendaraan off road.

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 02

Resmi diluncurkan

Bahkan banyak media yang menyebutkan, jika YangWang U8 ini mengkombinasikan dua brand ternama. Tampilan gagah seperti halnya mobil Land Rover, namun untuk urusan performa terasa layaknya supercar milik Ferrari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: BYD Atto 3 Diserbu di Thailand, Konsumen Rela Antre di Dealer Sampai Jam 4 Pagi

Desain BYD YangWang U8 Mirip Land Rover

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 01

Secara tampilan, YangWang U8 memiliki bentuk bongsor dan gagah. Karena panjang tubuhnya mencapai 5.300 mm dengan jarak sumbu roda 3.050 mm. Belum lagi jika dilihat dari depan, mobil ini mudah dikenali karena lampunya berbentuk huruf L dan desain grill berukuran cukup besar dengan bagian tengah terdapat logo BYD. 

Masuk ke kabin, penumpang akan mendapati gagang pintu yang menempel di bodi sehingga terlihat tersembunyi. Maka dari itu, untuk membuka pintu, hanya cukup dengan sentuhan tangan, yang nantinya handle pintu akan keluar secara elektrik.

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 02

Tampilan belakangnya juga mirip Land Rover Defender

Adapun pada bagian bodi belakang, mobil ini memiliki desain lampu huruf L seperti di depan, dan juga terdapat 'konde' untuk menyimpan ban cadangan. 

Menurut sang perancang, Wolfgang Josep Eiger, BYD YangWang U8 mengadopsi bahasa desain 'Gate of Time and Space', dimana konsep mobil ini menggabungkan elemen futuristik dengan gaya hardcore.

Namun sayang untuk bagian interior belum dijabarkan. Akan tetapi dari beberapa spyshot yang beredar, mobil SUV ini sudah dilengkapi layar sentuh besar, demikian juga layar instrumen LCD, dan juga sejumlah tombol menempel di lingkar kemudi.

Baca juga: SUV Listrik BYD Segera Hadir di Thailand, Apakah Indonesia Juga Menyusul?

Bisa Melaju di Atas Air

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 03

Jadi mobil amfibi

Yang lebih menariknya dari YangWang U8, adalah mobil ini disebut-sebut tidak hanya jadi mobil yang cocok untuk jalur offroad, tapi sangat tepat jika disebut mobil amfibi. Ya, ini karena mobil tersebut  mampu mengapung di atas permukaan air. 

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 04

Sudah teruji

Ketangguhan YangWang U8 ketika dipacu di atas permukaan air, karena mobil ini sudah memiliki sertifikasi IP68, dan teknologi penyegelan mobil yang modern. 

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 05

Tidak hanya itu, mobil ini juga disebut telah menggunakan teknologi Yisifang. Alhasil motor listrik yang dipasang di masing-masing roda tidak lagi bergantung pada roda kemudi untuk berbelok. Namun, mobil ini dapat mencapai kemudi 360 derajat di satu tempat.

Belum sampai disitu, mobil yang dikembangkan 100 persen sendiri oleh BYD di Cina ini punya kelebihan lain, yaitu ketika ban kempes, mobil akan tetap bisa melaju, bahkan kecepatannya tembus 120 km per jam. 

Baca juga: Bukan Cuma Chery, Mobil China BYD Juga Bakal Bangun Pabrik di Indonesia

Tenaganya Lebih dari 1.100 PS

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 06

Kemampuan melesat setara supercar

Di atas kertas, YangWang U8 yang sudah menggunakan rangka tangga dibenamkan empat motor listrik berdaya yang masing-masing mampu menghasilkan daya 220-240 kW. 

Alhasil jika semua motor listrik ditotal, maka daya yang dihasilkan mencapai 820 kW atau setara 1.114 PS dan torsi 320-420 Nm. 

Dengan tenaga tersebut, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu tiga detik. Dengan performa ini, mobil listrik BYD ini diklaim jadi salah satu SUV tercepat di dunia. Itulah mengapa ia disebut memiliki tenaga sekelas supercar.

Harga Sampai Rp3,4 Miliar

BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air 07

Menyoal harga, YangWang U8 yang masuk segmen kelas menengah atas masuk jalur produksi diperkirakan harganya antara 800 ribu Yuan sampai 1,5 juta Yuan atau sekitar Rp1,8 miliar sampai Rp3,4 miliar.

BYD sendiri berharap, mobil yang sudah semakin dikembangkan pada tahun lalu dapat segera masuk jalur produksi dan dijual secara masal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia