window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport

Adit · 26 Sep, 2021 11:00

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 01

Pilih Honda BR-V 2022 atau Toyota Raize GR Sport TSS?

Tahun ini ragam mobil baru hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia. Contohnya SUV kompak 5-penumpang Toyota Raize yang sempat heboh karena sudah dinantikan banyak orang, juga terbaru ada Low SUV 7-penumpang Honda BR-V 2022 yang juga ditunggu-tunggu kehadirannya.

Meskipun menyasar segmentasi berbeda, keduanya datang membawa standar baru di segmennya. Sebut saja Toyota Raize lewat fitur keselamatan aktif bernama Toyota Safety Sense (TSS), yang tak dimiliki kompetitornya seperti Nissan Magnite, Kia Sonet, dan Renault Kiger. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 02

Toyota Raize GR Sport TSS.

Baca Juga: Ingat Beli Honda BR-V 2022 Sekarang, Tak Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Begitupun dengan Honda BR-V 2022, yang juga telah dilengkapi fitur serupa. Namanya Honda Sensing (HS). Seperti TSS, fungsinya juga bisa dimanfaatkan sebagai asisten mengemudi pada kondisi tertentu untuk menunjang keselamatan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah sepertinya menarik diadu kecanggihan kedua fitur keselamatan pada dua mobil tersebut. Sekaligus untuk mendapatkan jawaban, mana yang paling lengkap peranti penunjang keselamatan pada Toyota Raize GR Sport TSS atau Honda BR-V Prestige HS. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 01

Honda BR-V 2022 dilengkapi fitur Honda Sensing.

Fitur Toyota Safety Sense pada Toyota Raize GR Sport

Kita awali dari Toyota Raize GR Sport TSS dulu. Harga berdasarkan laman resmi, Rp 263,7 juta untuk versi satu warna dan Rp 265,9 untuk model dua warna. Semuanya menggunakan transmisi matic CVT dan pakai mesin 1.000 cc turbo. 

Adapun TSS pada Raize pertama ada Lane Departure Assist with Steering Control. Sesuai namanya berfungsi untuk mendukung dan membantu pengemudi ketika laju mobil hendak keluar lajur. 

Pada saat yang sama sistem akan memberikan notifikasi berupa suara dan visual pada panel instrumen, supaya pengemudi mengetahuinya. Kemudian sistem akan mengintervensi gerakan setir supaya mobil tetap berada di dalam lajur. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 02

Toyota Raize GR Sport TSS punya fitur keselamatan aktif Pedal Missoperation Control.

Kemudian ada Pedal Missoperation Control, yang mencegah terjadinya tabrakan depan saat parkir, lantaran pengemudi salah atau tak sengaja menginjak pedal gas, bukannya rem. Sistem akan mengaktifkan pengereman darurat agar tak terjadi benturan. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 03

Desain setir Toyota Raize GR Sport TSS.

Lalu Pre Collision System. Kerjanya menggunakan bantuan kamera dan radar. Fungsinya mampu mendeteksi adanya potensi tabrakan depan, ketika mobil dirasa terlalu cepat dan dekat dengan kendaraan di depan. 

Kemudian sistem akan memberikan peringatan dini kepada pengemudi untuk melakukan manuver untuk menghindar atau pengereman. Namun jika pengemudi tak sempat menghindar, atau terlambat menginjak rem maka Pre Collision System akan melakukan pengereman otomatis guna menghindari benturan depan. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 04

Desain dashboard Toyota Raize GR Sport TSS.

Tak terkecuali Adaptive Cruise Control. Fitur ini merupakan peningkatan dari fitur cruise control biasa, karena selain bisa menjaga kecepatan konstan, juga mampu berakselerasi maupun deselerasi mengikuti kecepatan kendaraan di depan dengan jarak yang aman. 

Akselerasi yang dimaksud sampai batas kecepatan ketika pengemudi mengatur fitur tersebut. Umpama terjadi perlambatan, sistem juga akan menurunkan kecepatan. Lalu saat kembali lengang, kecepatan dinaikkan lagi sampai batas yang telah diatur. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 05

Toyota Raize GR Sport TSS punya fitur pendeteksi potensi tabrakan depan.

TSS berikutnya dalam bentuk Front Departure Alert, yang akan memberikan suara peringatan kepada pengemudi, ketika lalu lintas mengalami perlambatan yang signifikan. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 06

Toyota Raize GR Sport TSS (Toyota Safety Sense).

Terakhir ada yang dinamakan Rear Cross Traffic Alert dengan Blind Spot Monitoring. Fungsi ini bisa mendeteksi adanya kendaraan dari belakang ketika hendak mundur keluar parkir. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya benturan. 

Fitur ini juga dikombinasikan dengan Blind Spot Monitoring, yang bisa mengidentifikasi adanya kendaraan yang bergerak di bidang pandang tak terlihat di spion alias blind spot menggunakan radar. Ketika bekerja, fungsi akan menyalakan peringatan pada spion supaya pengemudi lebih hati-hati. 

Baca Juga: Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Fitur Honda Sensing pada Honda BR-V 2022

Sekarang beralih ke model satunya, Honda BR-V 2022 yang pakai Honda Sensing, tapi sayangnya Honda belum merilis harga resminya. Pertama ada Collision Mitigation Braking System. Sederhananya cara kerjanya serupa Pre Collision System TSS Raize. 

Fitur bisa mengestimasi potensi tabrakan, kemudian memperingatkan pengemudi. Dalam situasi darurat, sistem bisa menerapkan pengereman kuat untuk memperlambat atau menghentikan laju guna menghindari potensi benturan atau mengurangi kerusakan. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 07

Honda BR-V 2022 debut global di Indonesia. 

Kemudian Lane Keeping Assist, yang mendukung pengoperasian kemudi agar kendaraan tetap di lajur saat berkendara di jalan raya, yang markanya jelas. Apabila sistem membaca mobil hendak keluar lajur, sistem akan memberikan notifikasi pada pengemudi dan membantu mengoreksi setir.

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 08

Honda BR-V 2022 punya fitur Honda Sensing.

Lalu ada Road Departure Mitigation, sebagai kepanjangan fitur sebelumnya. Fitur yang satu ini lebih mutakhir lagi karena bisa mendeteksi kemungkinan mobil hendak keluar jalur, bukan cuma lajur. Saat bekerja akan ada peringatan dan getaran pada setir.

Sistem ini juga mendukung pengendalian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir. Fungsinya aktif di atas kecepatan 72 km/jam, ketika mobil bergerak hendak keluar jalan. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 09

Honda BR-V 2022 punya fitur Adaptive Cruise Control.

Oh iya ada juga Adaptive Cruise Control, Honda BR-V 2022 juga memiliki fitur ini. Kerjanya juga sama, mampu mengendalikan kecepatan secara mandiri sesuai laju kendaraan di depannya berdasarkan kecepatan yang telah diatur sebelumnya. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 10

Interior Honda BR-V 2022.

Honda Sensing berikutnya dalam bentuk Auto High Beam. Fungsi ini bisa mengendalikan sorot lampu jauh dan lampu dekat secara otomatis. Saat diaktifkan dan kondisi pencahayaan cukup serta tanpa kendaraan di sekitar, lampu jauh akan aktif memberi visibilitas ekstra. 

Lalu apabila ada kendaraan dari lawan arah yang terdeteksi kamera dan radar, sistem akan mengubah sorot lampu dari jauh ke dekat sehingga pengemudi di depan tak terganggu pengelihatannya. Apabila kembali sepi, lampu jauh bisa kembali aktif. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 11

Desain belakang Honda BR-V 2022.

Terakhir ada yang disebut Lead Car Departure Notification System. Fungsinya memberikan informasi kepada pengemudi mengenai pergerakan kendaraan di depan. Ketika berhenti seperti di lampu lalu lintas atau mendadak karena ada sesuatu, sistem akan memberi notifikasi. 

Apabila sistem mendeteksi bahwa mobil di depan sudah bergerak kembali, akan ada notifikasi lagi agar pengemudi bisa berakselerasi lagi. Ya bisa dikatakan fitur yang serupa Front Departure Alert. 

Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport 12

Fascia Honda BR-V 2022.

Mana yang Lebih Canggih? 

Secara kuantitas, semuanya memiliki 6 fitur keselamatan aktif sesuai penamaannya masing-masing, sehingga sulit menentukan mana yang lebih canggih sebenarnya. Lagi pula, beberapa ada yang fungsinya sama tapi namanya berbeda, juga memiliki fitur yang tak disematkan di model lain. 

Boleh dibilang masing-masing mobil punya karakteristiknya masing-masing. Jadi apabila ditarik kesimpulan, Honda BR-V 2022 dengan Honda Sensing menang karena punya Auto High Beam, fitur ini cocok untuk penggunanya yang kerap melakukan perjalanan jauh atau sering pulang kerja pada malam hari. 

Toyota Raize GR Sport pakai TSS juga menang, karena punya Rear Cross Traffic Alert dengan Blind Spot Monitoring. Fungsi ini dibutuhkan dalam keadaan tertentu. Misalnya di dalam kota dan sering bepergian di jalan yang padat lalu lintasnya, kemudian pindah dari lokasi parkir ke tempat parkir lainnya.

Baca Juga: Sebelum Virus GR Sport Ramai di Indonesia, Ketahui Model Mobil Baru Toyota yang Dapat Varian TRD Sportivo

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil