window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas, Menghindari Terkena Tunggakan

Yongki Sanjaya · 1 Sep, 2021 12:16

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas, Menghindari Terkena Tunggakan 01

Saat kita ingin membeli mobil bekas, tak cuma perlu mengecek soal kondisi kendaraan. Kita juga perlu mengetahui besaran pajak dari mobil tersebut dan apakah pajaknya hidup atau tidak. Kamu jangan bingung, karena cara cek pajak mobil bekas ini cukup gampang kok, bisa dari website ataupun aplikasi. 

Sistem jaringan online yang telah digunakan oleh SAMSAT DKI Jakarta dan beberapa provinsi di Indonesia kian mempermudah pemilik kendaraan untuk mengurus pajak kendaraan mereka. Melalui aplikasi smartphone Android atau website, kita tinggal memasukkan data plat nomor untuk mencari informasi mengenai detail dari mobil.  

Kamu bisa melihat warna kendaraan, tahun pembuatan, nomor mesin, hingga pajaknya sudah dibayar atau belum beserta denda dengan sangat mudah. Tak jarang, penjual mobil tak terbuka kalau unit yang ia tawarkan tersebut pajaknya mati beberapa tahun. Parahnya lagi, harga yang ditawarkan dijual di harga pasaran normal. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas, Menghindari Terkena Tunggakan 01

Dengan begini, kamu yang ingin beli motuba mewah seperti misalnya Toyota Alphard atau Mercedes-Benz W124 bisa memperkirakan berapa pajak yang perlu dibayarkan. Sebagai informasi, pajak kendaraan setiap tahunnya mengalami penurunan sesuai nilai depresiasi kendaraan berdasarkan NJKB. 

Jangan sampai, kita bisa membeli mobil mewah lawas seperti Toyota Alphard tapi pajak mati cukup lama. Atau bahkan disindir sebagai kaum BPJS alias budget pas-pasan jiwa sosialita. Maksudnya, budget cuma ngepas untuk beli mobilnya untuk gaya ala sosialita, tapi pajaknya dibiarkan merana. 

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas via Aplikasi dan Website

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas, Menghindari Terkena Tunggakan 02

Kamu yang ingin mengetahui besaran pajak kendaraan bermotor, bisa mengakses website http://samsat-pkb2.jakarta.go.id atau mengunduh aplikasi Cek Ranmor DKI di Google Play. Kedua kanal ini bisa untuk mengecek profil mobil bekas yang kita incar. 

Pada kedua kanal tadi, cukup masukkan data plat nomor dan klik checklist Captcha untuk website kemudian klik tombol cari (untuk website). Nantinya, aplikasi atau website menampilkan berapa pajak yang harus dibayar, periode pembayaran pajak, berikut denda apabila terlambat atau biaya perpanjangan STNK dan penerbitan plat nomor baru.

Berikut ini website untuk mengecek pajak kendaraan bermotor di tiap provinsi: 

  • Banten http://dppkd.bantenprov.go.id/
  • DKI Jakarta http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  • Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Jawa Timur https://esamsat.jatimprov.go.id/
  • Aceh http://esamsat.acehprov.go.id/
  • DI Yogyakarta http://infonjkbdiy.com

Kita juga bisa mengecek pajak kendaraan bermotor di Jakarta via SMS. Cukup ketik *368# kemudian pilih angka 1 yang bertuliskan Ditlantas PMJ. Setelah itu akan keluar pilihan mulai dari Info kendaraan bermotor, pajak kendaraan bermotor, pajak reminder, info SIM keliling, dan terakhir SAMSAT keliling.

Kamu cukup memasukan nomor kendaraan tanpa perlu spasi. Tak lama akan ada SMS masuk dari Polda Metro yang memberikan informasi sesuai dengan yang kalian cari.

Bermodal Aplikasi di Ponsel, Kita Bisa Cek Keabsahan Data Mobil

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas, Menghindari Terkena Tunggakan 03

Sama seperti website SAMSAT PKB, kita bisa memanfaatkan aplikasi untuk melihat profil mobil dan kondisi pajak kendaraannya. Aplikasi ini terkoneksi dengan server data kendaraan di SAMSAT DKI Jakarta, sehingga validasi data yang ditampilkan pun terjamin benar.

Melalui Cek Ranmor DKI ini, kalian bisa digunakan untuk melacak keabsahan plat nomor dari suatu kendaraan bermotor asal Jakarta. Caranya, cukup masukkan data plat nomor kendaraan saja, tanpa nomor KTP. Nantinya aplikasi juga menampilkan seluruh data kendaraan, mulai dari NJKB, pajak, denda, dan masa berlaku pajak maupun plat nomor. 

Kamu pun bisa mengetahui apabila pajak kendaraan tersebut sudah mati berapa tahun atau hidup tapi diblokir oleh pemilik sebelumnya. Nah blokir ini memang dilakukan supaya pemilik sebelumnya tak terkena dampak pajak progresif dari kendaraan yang sudah dijual. 

Aplikasi ini sangat bermanfaat menghadapi penjual mobil atau motor bekas yang nakal. Seringkali mereka tidak mengungkapkan secara gamblang kalau kendaraan yang mereka jual telah menunggak pajak selama beberapa tahun.

Cek Pajak Kendaraan Sendiri Makin Gampang Via Website dan Aplikasi

Cara Gampang Cek Pajak Mobil Bekas, Menghindari Terkena Tunggakan 04

Perlu kamu ketahui besaran pajak kendaraan setiap tahun bisa berubah, karena adanya depresiasi nilai jual atau mungkin perubahan kebijakan yang menaikkan persentase pajak.

Kalian pun bisa melakukan pengecekan pajak yang akan dibayar tahun ini melalui aplikasi Cek Ranmor DKI atau website SAMSAT PKB sebagaimana tercantum di atas. Caranya cukup memasukkan plat nomor kemudian nomor KTP sesuai data plat nomor di STNK. 

Data yang ditampilkan jauh lebih lengkap karena menampilkan nomor mesin, nomor rangka, alamat, nama pemilik, urutan kepemilikan kendaraan hingga nomor BPKB. Jadi, cukup mudah bukan untuk mengecek nilai pajak mobil setiap tahun? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil