window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah!

Yongki Sanjaya · 25 Mei, 2023 08:00

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah! 01

Tikus selalu menjadi momok menjengkelkan bagi para pemilik mobil. Bagaimana tidak, makhluk pengerat ini seringkali menyusup ke dalam mesin dan menggerogoti kabel serta busa yang ada didalamnya. Kita pun seringkali kesulitan untuk usir tikus dari mobil karena tak jarang masih kembali lagi walau sudah dibersihkan.

Kalian pasti pernah merasakan mobil kesayangan tiba-tiba diserang oleh hewan pengerat tersebut. Bukan hanya menimbulkan bau tidak sedap karena menyisakan bekas makanan, tikus yang bersarang seringkali juga dapat menimbulkan kerusakan pada berbagai komponen.

Tikus sangat menyukai tempat bersarang yang dekat dengan sumber makanan dan masuk dalam hewan nocturnal (beraktifitas di malam hari). Kehadiran tikus merusak mobil biasanya terjadi pada saat kita sedang tertidur. Artinya kita perlu cara khusus untuk mengusir tikus agar tidak lagi bersarang di dalam mobil kesayangan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Trik Usir Tikus Dari Mobil, Hindari Rusaknya Komponen Elektrikal

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah! 01

Tikus sebagai hewan pengerat yang hidup secara teritorial tidak menyukai aroma atau bau wangi yang menyengat.  Dari fakta tersebut, kita bisa melakukan hal yang membuat tikus menjauhi rumah atau mobil kesayangan.

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah membersihkan seluruh kompartemen mesin dan kolong mobil. Untuk bagian ruang mesin, bersihkan dengan cairan khusus supaya tidak menimbulkan korsleting listrik.

Mencuci mobil harus sampai seluruh sudut kolong mobil, dan perlu menggunakan air sabun dengan menyemprotkan beberapa kali hingga yakin tidak ada aroma maupun jejak tikus yang tertinggal. Cara ini bertujuan agar aroma jejak yang ditinggalkan tikus benar-benar hilang, sehingga tikus tidak kembali lagi ke area mesin dan bagian kolong mobil yang tersembunyi. 

Memberi Wewangian Kuat

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah! 02

L

Hal berikutnya setelah membersihkan mesin dan kolong mobil ialah memberikan pengharum dengan wewangian kuat untuk mengusir tikus. Kapur barus atau kamper dapat kalian gunakan dengan cara menumbuknya agar dapat ditabur ke seluruh bagian mesin. 

Bila memilih cara ini, Anda harus rajin melakukannya setiap beberapa hari sekali. Ini karena sifat kabur barus yang akan menguap setelah terkena udara.

Semprot Cairan Anti Tikus ke Bagian Mesin dan Kolong

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah! 03

Saat ini cukup banyak cairan pengusir hama tikus yang tersedia di toko online. Cairan ini memiliki fungsi untuk mengusir tikus agar tidak mendekati mobil melalui aromanya yang khas. 

Kalian bisa menyemprotkan pada bagian ruang mesin secara hati-hati, terutama pada kabel-kabel serta sekitar kolong mobil agar tikus tidak mendekat. Karena spray hanya bersifat sementara, Anda bisa menyemprotkan cairan anti tikus ke kompartemen mesin setiap beberapa hari sekali untuk memastikan tikus hengkang. 

Hindari memarkir Mobil di Dekat Saluran Air dan Tempat Sampah

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah! 04

Pada umumnya, habitat tikus saat ini berada saluran air dan tempat samlah. Upayakan mobil Anda terparkir jauh dari saluran pembuangan air dan sampah, agar mobil anda tidak didekati oleh tikus. 

Tikus memiliki kebiasaan akan membawa makanan sisa atau sampah ke tempat yang tidak ada gangguan seperti di balik kap mesin mobil. Jika sampah sebagai sumber makanan terlalu jauh dari mobil, membuat tikus akan memilih tempat lainnya untuk bersarang. Namun jika terpaksa parkir dekat saluran air, anda harus selalu memastikan tikus tidak bersarang di mobil dalam waktu lama.

Rutin Memanaskan Mobil Bisa Usir Tikus

Cara Usir Tikus Dari Mobil, Kerap Merusak Elektrikal dan Nyampah! 05

Memanaskan mesin mobil setiap hari walau jarang digunakan, bukan hanya memberikan dampak positif pada mesin hingga baterai mobil. 

Suhu yang panas di area mesin mobil serta sedikit aroma uap bensin juga dapat mengusir tikus. Paling dengan rajin memanaskan mobil, dapat mencegah tikus, bersarang di ruang mesin. 

Kesimpulan

Ada berbagai cara yang cukup untuk mengusir tikus, kalian pun bisa mencobanya satu persatu sesuai yang kalian kehendaki. Upaya ini harus segera dilakukan demi melindungi komponen elektrikal mesin. Jangan sampai, kita telat bertindak setelah beberapa komponen mobil telah rusak akibat tikus.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil