window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan

Yongki Sanjaya · 3 Feb, 2023 08:00

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 01

Para pembaca yang berusia cukup mapan di atas 40 tahun mungkin agak sulit mencari karakter mobil yang pas untuk aktivitas harian. Ada yang cocok dari segi penampilan, tapi harganya tidak ramah di celengan. Satu dari sedikit opsi sedan Jepang bertampang kalem dengan harga bekas terjangkau ialah Honda Civic FB.

Baca juga: 

Bukan Untuk Kaum Mendang-Mending, Segini Harga Honda Civic 2023

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jangan Langsung Tergoda, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic 2023

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Ferio, Motuba Kesukaan Anak Muda

Mobil ini meluncur di Indonesia pada pertengahan 2012 sampai 2015, dan secara silsilah merupakan suksesor Civic FD yang jadi idola anak muda. Hal yang agak disayangkan yaitu bahasa desain di Civic FB bertolak belakang dengan generasi sebelumnya yakni Civic FD. Civic FB diposisikan sebagai pengisi celah antara Honda City GM6 dan Accord CR2.

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 01

Desainnya memiliki tampilan yang lebih menonjolkan elegan, tidak dipenuhi dengan garis-garis tajam sporty. Civic FB lebih menonjolkan kesan elegan dan premium khas sedan. Melihat harga bekasnya, Civic FB lansiran 2012 sampai 2016 ini bisa dipinang mulai Rp 150 juta sampai Rp 200 juta tergantung kondisi unit. 

Desainnya yang kalem bisa jadi alternatif bagi kalian yang mencari sedan seharga LCGC seperti Daihatsu Ayla. Terlebih, Civic bukanlah rilisan brand Eropa yang sering ditakutkan banyak orang soal perawatannya.

Desain Honda Civic FB Bekas, Kalem dan Cocok Jadi Mobilnya Bapak-Bapak

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 02

Sebagai sebuah sedan, Civic FB justru memiliki tampilan yang lebih kalem dan tidak dipenuhi dengan garis-garis tajam seperti pada Civic FD. Nah, desainnya ini cukup menyembunyikan sisi agresif khas Civic. Jadi, buat kalian yang suka sedan bertampang kalem, dengan performa agresif, Honda Civic FB bekas patut dilirik.

Pada bagian eksteriornya, Honda Civic FB2 memiliki konsep elegan dan masih mempertahankan sedikit gaya sporty dan tetap stylish. Pada bagian depannya, Civic FB tampil modis karena memiliki desain headlamp yang menyipit dan fog lamp di bumper. Melihat parasnya, ukuran body Civic FB sedikit ramping dibandingkan Civic FD.

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 03

Desainnya kalem, dengan siluet streamline khas Civic, siluet garis body landai memanjang hingga ke belakang membentuk seperti anak panah. Beralih ke sisi buritan, bentuk segitiga dari lampu belakang lebih menyerupai desain pada Mercedes C-Class W204. 

Pada bagian kiri dan kanan dudukan plat nomor dihiasi dengan reflektor bar horisontal. Desain sisi belakang ini juga cukup mendapat kritikan karena kesan sporty Civic FD sebelumnya seketika ikut hilang di sini. 

Dari sisi performa menyimpan potensi yang cukup menggoda. Bila ingin sedikit terkesan sporty menyesuaikan karakter mesin, cukup ganti velg dengan ukuran yang lebih besar dan pasang body kit.

Interior, Bagian Paling Dicibir

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 04

Downgrade juga terjadi pada eksterior Honda Civic FB2, dimana memberikan nilai minus dimana dimensinya terkesan kurang luas. Civic FB juga dianggap sebagai generasi Civic paling gagal karena adanya beberapa downgrade kualitas di beberapa titik dalam interior. Oleh karena itu, Honda memperbaiki kekurangan tersebut pada varian facelift yang diluncurkan pada IIMS 2014 dan kemudian dijual pada awal 2015.

Sebagai sebuah sedan medium, kenyamanan penumpang terbilang cukup baik dengan ketersediaan headroom dan legroom yang cukup lapang. Mobil ini juga masih cukup nyaman diduduki oleh 3 orang dewasa tanpa berdesakan. Lanjut ke bagian dashboard, kini didesain ulang mengarah ke bagian supir sehingga terkesan sangat “driver oriented”.

karakter sporty khas Civic masih begitu kuat pada kesan berkendaranya. Civic FB punya karakter mengemudi yang Fun to Drive, alias asyik dikemudikan. Setir Civic FB cukup tajam, presisi, dan memberikan feedback yang baik ke pengemudi.

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 05


Di Honda Civic FD juga ada Mode Sport, jok kulit dengan penyetelan elektris, lampu HID, serta instrument digital yang bisa berubah tampilan warnanya sesuai mode berkendara. Keren kan?

Pada varian facelift, tipe 1.8 mendapatkan fitur baru yakni dua buah tweeter pada masing-masing pilar A, panel multiplex meter berwarna hitam, tambahan cruise control, serta headunit baru berukuran 8 inci dengan touchscreen yang dilengkapi port HDMI. Kemudian tipe 2.0 mendapat penambahan lain berupa navigasi GPS, kamera mundur lengkap dengan teknologi multi angle, dan hands free telephone switch. 

Performa Honda Civic FB, Seberapa Sangar?

Cari Sedan Jepang Seharga Daihatsu Ayla Tipe R? Honda Civic FB Bekas Pantas Dipilih Usia Mapan 06

Ada dua varian yang dikenalkan yakni varian bermesin 1.800 cc dengan kode FB2 dan juga varian 2.000 cc dengan kode FB3. Keduanya memiliki desain yang sama, hanya saja tenaga FB3 pastinya sedikit lebih besar dan memiliki fitur lebih lengkap.

Untuk mesin pertama bertipe 1.8 liter R18A yang memiliki tenaga maksimal mencapai 140 Hp/6.300 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 177 Nm/4.200 rpm. Untuk mesin ke dua yaitu tipe 2.0 liter K20Z yang memiliki tenaga maksimal mencapai 155 Hp/6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 192 Nm/4.200 rpm. Cukup mengesankan untuk lari-lari kecil di jalan tol.

Kesimpulan

Bagi kalangan muda, desain Civic FB bekas mungkin kurang greget karena cenderung gembul dan sudut-sudutnya kurang agresif. Namun dari sisi performa, sedan medium ini masih bisa menggoda untuk bermain adrenalin. 

Melihat desainnya, Civic FB menurut kami akan ideal bagi kalangan puber kedua. Penampilannya kalem dan tenang tapi secara performa tidak bisa dianggap enteng. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil