window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Catat! Ini Adalah Posisi Duduk Paling Aman Saat Terjadi Kecelakaan

Dhoni · 12 Feb, 2021 15:00

Keselamatan menjadi bagian terpenting bagi siapapun, terlebih lagi pada kendaraan keluarga. Namun apakah anda mengetahui bangku atau jok mobil yang paling aman? Jika ada posisi duduk yang paling aman, berarti ada posisi yang tidak aman dibanding lainnya.

Catat! Ini Adalah Posisi Duduk Paling Aman Saat Terjadi Kecelakaan 01

Kursi yang paling aman di dalam mobil

Dalam mengetahui posisi jok mobil yang paling aman, departemen lalu lintas di Amerika Serikat telah melakukan penelitian. Berbagai penyelidikan hingga mempelajari dari kecelakaan yang terjadi selama 10 tahun, akhir mereka mendapatkan kesimpulan bahwa penumpang baris kedua bagian tengah merupakan yang paling aman.

Jika dalam indikator tingkatan resiko pada sebuah kecelakaan, level tertinggi 100 untuk jok pengemudi sedangkan bangku di samping pengemudi berada diatasnya. Untuk jok penumpang dibelakang pengemudi berada di level 73, 4 dan bangku penumpang lainnya (sebelah kiri) di level 74,2. Dan yang dinilai lebih aman berada di jok tengan baris kedua. Pengujian ini menggunakan mobil model sedan.

Jika diperhatikan dengan seksama, hal tersebut sangat masuk akal. Beberapa kasus korban kecelakaan, yang memiliki beresiko lebih besar terjadi pada mereka yang duduk di depan. Bila diurutkan maka resiko yang paling besar terjadi pada kursi penumpang depan> kursi pengemudi> kursi belakang penumpang depan> kursi belakang mengemudi> kursi tengah belakang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Resiko tertinggi pada jok penumpang samping pengemudi

Mungkin anda merasa, jok penumpang disamping pengemudi lebih aman karena tersedia airbag. Namun secara naluri pengemudi saat terjadi kecelakaan, biasanya akan melakukan manuver agar dirinya terhindar. Hal ini tentu berdampak pada penumpang di sisinya. Nyaris seperti pada sepeda motor, pembonceng memiliki resiko lebih tinggi dibanding pengendara.

Catat! Ini Adalah Posisi Duduk Paling Aman Saat Terjadi Kecelakaan 01

Dan itu lah kenapa para petinggi yang menggunakan bantuan supir pribadi lebih memilih duduk di bangku baris kedua di belakang supir. Bukan karena bos besar, tetapi unsur keamanan menjadi acuan para ajudan dalam melakukan pengawalan.

Lalu kenapa bagian pengemudi lebih aman dibanding penumpang disebelahnya, penyebabnya ada berbagai fitur keselamatan yang diletakan di sekitar pengemudi. Mobil dapat bergerak karena kinerja pengemudi dan jika tidak terlindungi maka keselamatan penumpang lainna akan lebih berbahaya.

Mengapa kursi belakang tengah paling aman?

Pasti banyak yang mempertanyakan, kenapa bangku tengah di baris kedua lebih aman? Jawabannya sangat sederhana, yakni area penyangga di jok tersebut lebih luas. Dengan kebanyakan kecelakaan terjadi pada bagian depan mobil, maka bangku belakang bagian tengah yang memiliki jarak penyangga lebih besar, sehingga faktor keselamatan jok belakang lebih tinggi dibandingkan dengan barisan depan.

Selain itu, jika terjadi tabrakan dari samping maka posisi tengah baris belakang menerima benturan dari kedua sisi kendaraan jauh lebih kecil dibandingkan dua posisi jok belakang lainnya.

Catat! Ini Adalah Posisi Duduk Paling Aman Saat Terjadi Kecelakaan 02

Posisi di tengah paling aman untuk penumpang dan child seat

Pada kejadian mobil tergelincir atau terguling, pusat putaran berada di jok tengah barisan belakang, sehingga pusat baris belakang menerima gaya sentrifugal paling kecil dan kerusakan paling kecil.

Ibaratnya pada payung, ketika payung diputar maka air di ujung payung akan terlempar, sementara air di bagian tengah hanya akan bergerak sedikit atau tidak seperti air yang di ujung payung. Hal ini membuat penumpang yang duduk di bangku belakang bagian tengah akan lebih aman dibandingkan posisi lainnya.

Tidak hanya petinggi atau bos besar yang duduk di tengah, pengaman (ISOFIX) untuk child seat berada di bangku baris kedua bagian tengah.

Kesimpulan

Catat! Ini Adalah Posisi Duduk Paling Aman Saat Terjadi Kecelakaan 03

Posisi bangku belakang bagian tengah dianggap lebih aman dibanding lainnya, namun bagaimana dengan mobil dengan captain seat? Tentunya tetap bagian baris kedua yang lebih aman. Hal ini mengingat model capten seat selalu dibekali perlindungan air bag sebagai ciri khas mobil premium.

Dan ingat sabuk pengaman wajib digunakan saat berkendara dalam posisi duduk di mana pun. Jadi Anda wajib mengingatkan anggota keluarga lainya untuk menggunakan sabuk pengaman dengan baik dan benar.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil