Cek Fakta Kecelakaan Maut Toyota Camry di Pasar Senen, Tabrak Separator Busway Kenapa Bisa Langsung Terbakar?

Ilham · 10 Feb, 2022 17:37

Cek Fakta Kecelakaan Maut Toyota Camry di Pasar Senen, Tabrak Separator Busway Kenapa Bisa Langsung Terbakar? 01

  • Kecelakaan fatal terjadi di Pasar Senen, Jakarta Pusat yang menyebabkan sebuah mobil hangus terbakar.
  • Insiden ini terjadi karena pengemudi kurang waspada.
  • Mobil Toyota Camry tersebut belum dilengkapi APAR.

Kecelakaan maut terjadi pada awal pekan ini. Kali ini melibatkan sebuah sedan, Toyota Camry yang menghajar pembatas jalan. Bukan soal insidennya saja yang jadi perhatian karena ternyata korbannya juga bukan sembarangan.

Akibat kejadian kecelakaan maut di Pasar Senen tersebut merenggut nyawa dua penumpangnya. Diantaranya Kasat Polairud Polres Berau, AKP Novandi Arya Kharisma. Pria tersebut merupakan putra Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang.

Korban lainnya adalah Fatimah Az Zahra yang merupakan kader partai politik, PSI asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Keduanya meninggal dunia setelah sedan tersebut kecelakaan dan terbakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Satu demi satu fakta pun dikuak oleh pihak kepolisian. Meski pun mulai Kamis (10/2/2022) penyidikan kasus ini ditutup dengan tersangka adalah pengemudi mobil, Fatimah Az Zahra yang juga korban meninggal dunia. Banyak pelajaran dari sisi safety driving yang bisa didapat.

Baca Juga: Beragam Penyebab Truk Kecelakaan, Mulai Dari Rem Blong Sampai Aksi Oleng

Penyebab Kecelakaan Karena Kurang Waspada

 

Cek Fakta Kecelakaan Maut Toyota Camry di Pasar Senen, Tabrak Separator Busway Kenapa Bisa Langsung Terbakar? 01

Lokasi kejadian tabrakan

Dalam keterangan kepolisian, insiden dari sedan Toyota Camry bernomor polisi B 1102 NDY tersebut terjadi pada Senin (7/2/2022) dini hari. Kecelakaan berawal dari mobil sedan itu melaju dari arah utara ke selatan di Jalan Raya Pasar Senen. Tetapi mobil tersebut malah menabrak separator Transjakarta.

Diduga saat itu, mobil yang dikemudikan Fatimah Az Zahra melaju kencang dan langsung menghantam beton pemisah atau separator Transjakarta. Pengemudi dinilai kurang berkonsentrasi dalam mengontrol laju kendaraannya

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan jika pengemudi kurang hati-hati saat berkendara. Sehingga mobil menabrak separator dan mengakibatkan timbul percikan api.

Cek Fakta Kecelakaan Maut Toyota Camry di Pasar Senen, Tabrak Separator Busway Kenapa Bisa Langsung Terbakar? 02

Kecelakaan yang memicu mobil terbakar (foto: ilustrasi)

"Diduga karena kurang hati-hati, sehingga menabrak separator dan akibatnya timbul percikan api, dan yang menyebabkan timbulnya kebakaran tersebut," katanya menanggapi kronologi kecelakaan tunggal tersebut.

Dari tinjauan safety driving sendiri, berkendara di malam hari membutuhkan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan siang. Karena kondisi yang lebih gelap, sehingga tingkat visibilitas akan kondisi sekitar pun berkurang.

Idealnya, Anda perlu mengurangi kecepatan mobil saat berkendara di malam hari. Sehingga waktu reaksi untuk menghindari halangan di depan bisa lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ngantuk Saat Nyetir Itu Taruhannya Nyawa!

Mobil Menghantam Hingga Terbakar

Cek Fakta Kecelakaan Maut Toyota Camry di Pasar Senen, Tabrak Separator Busway Kenapa Bisa Langsung Terbakar? 03

Mobil yang dipakai merupakan Toyota Camry generasi ke-2 (foto: ilustrasi)

Selepas kecelakaan, dari keterangan kepolisian para saksi mata sebenarnya coba membantu mengevakuasi korban. Namun ada percikan api yang membuat warga takut untuk mendekati mobil. Kejadian ironis ini membuat korban tak bisa diselamatkan dari kobaran api.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo menambahkan jika terbakarnya mobil tersebut kemungkinan dikarenakan percikan api dari gesekan antara separator dan bodi Toyota Camry. Kemudian api membesar dan melalap seluruh bodi mobil. Bahkan kedua korban meninggal ditemukan dengan luka bakar 100 persen.

Kejadian mobil terbakar memang bukan hal pertama yang terjadi di Indonesia. Untuk itu sejak tahun 2020, seluruh mobil baru yang dijual di Tanah Air telah dilengkapi peranti pemadam api ringan (APAR) sebagai standar.

Cek Fakta Kecelakaan Maut Toyota Camry di Pasar Senen, Tabrak Separator Busway Kenapa Bisa Langsung Terbakar? 04

Peranti APAR belum ada di mobil korban

Pasalnya penyebab kebakaran di mobil cukup beragam, mulai dari percikan api akibat gesekan saat tabrakan. Adanya korsleting peranti kelistrikan, gangguan di sistem bahan bakar dan masih banyak potensi kebakaran lainnya.

Sehingga tak ada salahnya juga mobil lawas, seperti mobil korban yang merupakan Toyota Camry generasi ke-2 juga dibekali peralatan keselamatan tersebut.

Baca juga : Segini Konsumsi BBM Toyota Camry 3.5 Q, Layakkah Sedan Mewah Ini Buat Harian?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Mobil Terbaru