window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja?

Samuel Tito · 15 Agu, 2020 09:00

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja? 01

Mobil Suzuki Ignis pertama kali diperkenalkan pada konsumen otomotif nasional di ajang Indonesia International Motor Show 2017. Suzuki Ignis diluncurkan untuk menggantikan Suzuki Splash. Dengan tubuh kecil, mobil Suzuki Ignis Indonesia ditampilkan sebagai crossover mini, meskipun beberapa orang menganggapnya sebagai hatchback / city car.

Bentuknya yang unik adalah daya tarik utama. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan ground clearance tinggi yang merupakan salah satu kelebihannya. Sebagai mesin crossover mini kecil, tidak banyak pesaing memiliki mobil ini, salah satunya adalah Renault Kwid.

Tapi jika dikelompokkan sebagai city car / hatcback di kelas 1.2L, Suzuki Ignis akan bertarung melawanDaihatsu Sirion, Honda Brio, Toyota Agya 1.2, Daihatsu Ayla 1.2, KIA Picanto, dan Hyundai Grand i10.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perjalanan Suzuki Ignis di Indonesia

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja? 01

Kelahiran Suzuki Ignis pertama kali pada tahun 2000 hingga 2008 untuk menggantikan Suzuki Cultus menjadi persilangan kecil pada tahun 2016 di dunia dan akan menyelam di Indonesia pada tahun 2017.Cultus adalah nama global awal untuk Suzuki Swift tetapi di Jepang ia menggunakan nama tersebut. Swift dan di Australia dan Eropa menggunakan nama Ignis yang diambil dari bahasa Latin yang berarti "API".

Sebagai proyek bersama antara General Motor (GM) dan Suzuki, mobil Suzuki Ignis lahir berdasarkan Chevrolet Cruze. Di Negara Eropa masih mengadopsi versi lama Chevrolet Cruz sebagai Suzuki Ignis. Tapi di berbagai negara lain Suzuki Ignis facelift sudah memakai nama Ignis.

Mobil Suzuki Ignis baru dikenal di Indonesia awal tahun ini. PT Suzuki Indomobil Sales menjual Ignis pada April 2017, sebelum dipamerkan di Indonesian International Motor Show. Dan Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia adalah generasi kedua.

Desain Suzuki Ignis

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja? 02

Mobil Suzuki Ignis menganut desain dengan lekuk yang tegas dan tajam, serta terkesan kotak. Desain out of the box ini terlihat unik, menonjolkan kesan crossover berukuran sangat kecil, dengan panjang keseluruhan 3,7 meter dan dilengkapi dengan ground clearance 180 mm. Sayangnya, beberapa orang berpikir bahwa desainnya aneh, terutama di bagian belakang. Untungnya bagian depannya masih terlihat imut.

Crossover mini ini menggunakan velg 4-inci berukuran 15 inci dengan ban 175/65 R15. Terlihat kurang lebar untuk ukuran crossover. Bagusnya, lampu depan (headlamp) untuk varian tertinggi sudah menggunakan proyektor LED dan sudah dilengkapi dengan DRL LED. Sepasang lampu kabut (foglamp) juga tersedia di bagian bawah untuk menembus kabut.

Spesifikasi Suzuki Ignis
Tinggi x Panjang x Lebar (mm) 1595 x 3700 x 1690
Jarak sumbu roda (mm) 2435
Isi silinder (cc) 1197
Konfigurasi mesin 1.2L K12M DOHC, 4 in-line cylinder, 16 valve
Konfigurasi Transmisi 5-Speed MT / 5-Speed AGS
Tenaga 83 Ps @6000 rpm
Torsi 113 Nm @4200 rpm
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Velg 175/65 R15
Suspensi depan McPherson strut dengan coil spring dan stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring
Harga Suzuki Ignis 2020 Jakarta Rp171 juta – Rp200 juta

Perbedaan Eksterior Suzuki Ignis Baru dan Lama

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja? 03

Berbicara tentang perubahan, facelift mobil Ignis hadir dengan bumper depan baru dan desain diffuser, sementara model grille, fog lamp, bazel dan bumper belakang dibuat lebih dinamis dengan reflektor belakang dan diffuser.

Masuk ke interior, secara keseluruhan desainnya tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Namun untuk memberikan penyegaran, maka diberi lapisan jok baru, lengkap dengan bentuk kunci yang juga dibuat lebih modern.

Fitur Suzuki Ignis Baru dan Lama

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja? 04

Maka perangkat baru di mobil Suzuki Ignis facelift 2020 adalah pemasangan sistem infotainment layar sentuh SmartPlay Studio terbaru berukuran 7 inci. Di dalamnya sudah ada fitur navigasi, mendukung konektivitas Apple CarPlay, dan Android Auto.

Sebelumnya pada mobil Suzuki Ignis bekas atau lama, Suzuki setengah hati melengkapi perangkat hiburan pada Ignis dengan menjadikan unit layar sentuh sebagai fitur opsional yang harus dibeli secara terpisah. Bahkan, di India semua jenis Ignis sudah menggunakan layar sentuh LCD. Untuk konsumen Ignis yang ingin melengkapi fasilitas hiburan mereka dengan LCD layar sentuh, mereka harus membayar lebih

Interior Suzuki Ignis

Interior Suzuki Ignis terbaru dibalut dalam skema warna hitam-putih dual-tone. Kualitas interior telah meningkat dari generasi sebelumnya dan sekarang terlihat lebih baik. Head unit juga unik, tidak tertanam di dashboar, melainkan terlihat seolah-olah terpisah dari panel dashboard.

Untuk varian tertinggi, head unit sudah menggunakan layar sentuh 7 inci dengan 6 speaker. Sakelar kontrol audio setir juga tertanam untuk memudahkan kontrol audio. Kemudian, fitur standar seperti MID di tengah instrumen speedometer, keyless entry, dan airbag dual SRS juga tersedia.

Berbicara tentang ruang kabin, Anda mungkin terkesan dengan ruang bebas dari crossover mungil ini. Dimensi kecil tidak lantas membuat ruang kabin sempit. Ruang kepala dan ruang kaki terasa luas dari barisan depan hingga barisan belakang mobil Suzuki Ignis. Kursi baris kedua juga memiliki fitur geser maju dan mundur.

Selain itu, kapasitas bagasi juga cukup memadai, yaitu sekitar 270 liter. Jika pemilik atau pengendara mobil Ignis masih merasa kurang, kursi baris kedua masih bisa dilipat ke depan 50:50. Itu sebagai langkah untuk mengoptimalkan kapasitas bagasi Anda.

Performa Mesin Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis Indonesia dilengkapi dengan mesin DOHC K12M tunggal dengan kapasitas 1.200 cc. Mesin kecil ini mampu memompa daya maksimum 83 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 kecepatan dan AGS 5 kecepatan.

Transmisi AGS (Auto Gear Shift) ini adalah transmisi buatan Suzuki yang memungkinkan Anda mengemudi dalam mode otomatis atau manual. Konsumsi bahan bakar dari mobil ini sangat irit, bahkan mampu menempuh jarak lebih dari 20 km untuk satu liter bahan bakar.

Suspensi mobil Suzuki Ignis terasa agak keras, sehingga kenyamanannya sedikit berkurang. Namun, ini menyebabkan kontrol menjadi lebih baik dan lebih gesit, meskipun ground clearance tinggi. Mobil Ignis ini sangat cocok untuk bermanuver di kota-kota dengan lalu lintas padat berkat tubuh mungil dan kelincahannya.

Cek Perbedaan Antara Suzuki Ignis Baru dan Lama, Ubahan Dimana Saja? 05

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa desain adalah titik penjualan utama yang ditawarkan oleh Suzuki Ignis. Mengusung konsep SUV, Ignis memberikan diferensiasi yang cukup besar di antara para pesaing. Selain memiliki ground clearance 180 mm, bagian paling unik adalah sentuhan klasik dengan tiga goresan di sisi belakang yang digunakan pada Suzuki Fronte pada 1970-an.

Terkait dengan harga. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020.

Tidak hanya itu, karakter SUV juga ditampilkan pada desain kotak di buritan belakang yang membuatnya berbeda dari kebanyakan city car lainnya.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil