Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian?

Nussa · 7 Jan, 2022 08:04

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 01

Seberapa hemat konsumsi BBM Toyota New Yaris?
  • Konsumsi BBM Toyota New Yaris diklaim paling hemat
  • Konsumsi BBM Toyota New Yaris di dalam kota 14,9 km/liter
  • Konsumsi BBM di jalur tol 20,2 km/liter

Toyota menghadirkan Yaris pertama kali pada 1999. Mobil ini diproduksi dengan maksud untuk menggantikan Toyota Starlet. Generasi pertama Yaris tidak langsung dipasarkan di Indonesia. Selain Jepang, negara lain yang menjadi tujuan pemasaran adalah Australia, Selandia Baru, Kanada, dan beberapa negara Asia lainnya.

Di Indonesia, Toyota pertama kali menghadirkan Yaris secara resmi pada tahun 2006 lalu. Compact hatchback ini langsung mendapat respons yang positif dari masyarakat, khususnya para generasi muda atau keluarga kecil. Mobil ini juga dinilai cocok untuk digunakan berkendara menemani aktivitas sehari-hari atau bahkan untuk dimodifikasi.

Yaris generasi pertama yang diluncurkan di Indonesia sebenarnya adalah generasi kedua di dunia. Generasi pertama ini hadir dengan dua pilihan, E dan S. Tipe E hadir dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni manual dan otomatis. Sedangkan tipe S, hanya tersedia transmisi otomatis. Generasi pertama Yaris di Indonesia juga dijuluki sebagai Yaris Bakpao karena desain bodinya yang membulat.

Toyota Yaris Generasi Kedua Dijuluki Yaris Lele

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 02

Toyota New Yaris dibekali dengan mesin 2NR-Fe berkapasitas 1.500 cc

Generasi kedua Yaris di Indonesia meluncur pada tahun 2016. Kali ini, hadir pula varian baru yang dinamakan Yaris Heykers. Tapi, sedikit berbeda dengan varian sebelumnya. Yaris Heykers masuk ke dalam kategori crossover.

Selain itu, mobil ini juga dibekali mesin 1.500 cc dengan kode 2NR-FE Dual VVT-i. Generasi kedua Yaris di Indonesia mendapat julukan Yaris Lele, karena desain trapezoid pada area depan dengan panel hitam di kanan dan kiri terlihat seperti kumis pada ikan lele.

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 03

Model ini dijuluki Yari Joker

Pada 2018, Toyota melakukan facelift pada Yaris. Desain eksteriornya sedikit berubah. Tapi, mesin yang digunakan masih sama. Kali ini, julukannya berubah lagi menjadi Yaris Joker, karena desain lampu, grille, dan bumper depan, terlihat seperti senyum menyeringai Joker, musuh Batman.

Lalu, pada 2020 lalu, Toyota menghadirkan New Yaris yang menjadi generasi ketiga mobil tersebut di Indonesia. Banyak ubahan yang diberikan pada New Yaris, mulai dari eksterior, interior, hingga fitur-fitur yang disematkan.

Baca juga : Jarang Dilirik Padahal Suzuki Swift Punya Kelebihan Dibanding Toyota Yaris Lele

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 04

Desain Toyota New Yaris makin sporty dan aerodinamis

Tampilan luarnya terlihat lebih sporty dan aerodinamis dengan lampu depan yang menjadi lebih sipit dan sudah menggunakan teknologi LED. Bagian grille menggunakan model trapesium dengan ornamen honeycomb berwarna hitam pada sisi tengahnya. Bumper depan New Yaris juga menggunakan aksen hitam di area rumah lampu kabut yang juga sudah mengadopsi teknologi LED.

Di bagian samping, Toyota menambahkan side skirt dan pelek berukuran 16 inci dengan gaya Two Tone Machining. Di bagian buritan, desain lampu belakangnya dibuat berlapis dan tipis. Hadir juga Rear Roof Spoiler dan Diffuser dengan desain benuansa racing. Selain komponen tersebut, bagian grille, bumper, dan lampu kabut juga mengalami perubahan.

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 05

Interior Toyota New Yaris

Lalu, pada bagian interior juga semakin modern dan elegan. Kabin Toyota New Yaris lebih lapang dibandingkan generasi sebelumnya. Sehingga ruang gerak bagi pengemudi dan penumpang jadi tidak terlalu terbatasi. Salah satu bagian yang paling menarik adalah dasbornya.

Toyota New Yaris mengusung konsep Complete Features pada dasbor yang lebih lapang. Interiornya dihiasi dengan ornamen silver, sehingga suasanya jadi lebih modern, seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, pengatur AC, dan bagian lainnya.

Untuk fiturnya, Toyota sudah menyematkan sistem pengereman dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Sehingga, pengereman yang dihasilkan lebih optimal dan meningkatkan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara di segala kondisi jalan. Terdapat juga Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) untuk memudahkan pengendalian mobil.

Spesifikasi Mesin Toyota New Yaris

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 06

Mesin 2NR-FE 1.5L, 4 silinder DOHC Dual VVT-i

Di bagian dapur pacu, Toyota New Yaris masih mengandalkan mesin 2NR-FE dengan kapasitas mesin 1.500 cc, 4 silinder segaris, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 105 tk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 145 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis CVVT 7 percepatan. Terdapat tiga mode berkendara, yakni Normal, Eco, dan Sport.

Baca juga : Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia

Bagaimana Konsumsi BBM Toyota New Yaris?

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 07

Konsumsi BBM Toyota New Yaris diklaim tembus 19,6 km/liter

Soal konsumsi BBM, Toyota New Yaris diklaim memiliki efisiensi hingga 13,8 km/liter saat digunakan berkendara di daerah perkotaan. Sedangkan untuk melaju di jalan tol, konsumsi BBM mobil ini dapat mencapai 17,4 km/liter.

Untuk mode Eco, konsumsi BBM New Yaris sanggup tembus hingga 13,4 km/liter. Sementara di jalan tol, konsumsi BBM New Yaris mencapai 19,6 km/liter.

Sedangkan menurut hasil pengetesan beberapa media Nasional, konsumsi BBM New Yaris di perkotaan bisa mencapai 14,9 km/liter pada layar MID. Hasil tersebut didapat dengan rute perkotaan  yang relatif sering bertemu kemacetan dan kondisi stop and go. Selain itu, kecepatan rata-ratanya mencapai 23 km/jam.

Sedangkan hasil uji konsumsi BBM di jalan tol, mobil ini bisa melaju sejauh 20,2 km dalam setiap satu liter bahan bakarnya. Pengetesan ini dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Perlu diingat, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM suatu kendaraan, mulai dari bobot yang dibawa, gaya berkendara, tekanan udara pada ban, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, dan lainnya. Perbedaan sedikit pun dapat memberikan hasil akhir yang berbeda juga.

Cek Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota New Yaris, Masih Layak Dibeli Buat Harian? 08

Toyota New Yaris saat ini ditawarkan dalam dua tipe

Toyota New Yaris saat ini hadir dengan dua tipe. Untuk tipe GR Sport, dibanderol mulai dari Rp 301,6 juta. Sementara untuk tipe G, dibanderol mulai dari Rp 290,1 juta. Untuk pilihan warna, Toyota menyediakan 7 warna, yakni Citrus Mica Metallic, Orange Metallic, Gray Metallic, Red Mica Metallic, Silver Metallic, Super White, dan Attitude Black Mica.

Baca juga : Toyota GR Yaris 2021 Udah Ada yang Jual Lagi, Harga Tembus Rp1 M!

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Yaris G Grade M/T 3AB

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru