window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli

Samuel Tito · 3 Agu, 2020 13:00

Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli 01

Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.

Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin naik kelas.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3  varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

Ada sejumlah perubahan. Mulai dari jumlah varian yang berkurang. Kini hanya ada varian RS, sebelumnya Honda Civic Hatchback ada varian S dan E. Desain berubah sangat sedikit, ini hanya versi facelift atau penyegaran saja. Jadi masih pakai basis Honda Civic generasi ke 10.

Lalu apa saja yang patut dipertimbangkan sebelum membeli Honda Civic Hatchback ini? Berikut Otohome merangkumnya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback 2020.

Kelebihan Honda Civic Hatchback

Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli 01

Eksterior Agresif dan Sporti

Ubahanya tergolong sangat sedikit sekali. Paling keliatan di bagian bumper depannya. Kalau sebelumnya bagian depan bawah kiri dan kanan dibuat seperti lis sarang lebah (honey comb), kini panel fog lamp dibuat lebih solid dan ada tambahan sirip yang menekuk ke atas. Jadi tidak terlihat seperti lobang air intake yang palsu.

Sisanya masih sama dengan New Honda Civic Hatchback sebelumnya. Masih terlihat agresif ala solid wing face Honda yang kekinian, sedangkan detail lampunya full LED. Dari lampu besar hingga lampu kabut sudah pakai LED.

Bagian pelek hanya berubah two tone dari hitam dan silver jadi hitam dan abu-abu gelap. Yang berubah lagi adalah lis kaca yang tadinya krom sekarang jadi black gloss. Dan pilar B nya yang tadinya doff biasa, sekarang black gloss.

Bagian belakang hampir sama dengan bagian depan. Dimana lobang model sarang lebah hanya ditambah sirip di tengahnya. Dan ubahan yang paling bagus adalah jika dulu knalpot tersebunyi di versi terbaru knalpot lebih keliatan. Jadi kasih kesan yang lebih sporti.

Lebih Bertenaga

Mesin kecil dengan tambahan turbo, sehingga outputnya besar. Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, turbo, DOHC, VTEC. Tenaga ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 170 hp dengan torsi maksimal mencapai 220 Nm. Output mesin Honda Civic Hatchback lebih besar dari Toyota Corolla Altis dan Mazda3.

Alhasil performa akselerasi yang luar biasa. Untuk mencapai kecepatan 100km/jam, Honda Civic turbo Hatchback hanya butuh 7,5 detik. Dengan dimensi dan ukuran mesin yang kompak, ditambah turbo wajar saja jika Civic Hatchback lebih bertenaga.

Irit Bahan Bakar

Kendati memiliki tenaga dan akselerasi yang menakjubkan, ada satu kelebihan yang unik dari New Honda Civic Hatchback. Kelebihan unik itu adalah kemampuan mobil ini untuk bisa tetap irit saat dikendarai. Memang merek Honda sudah terkenal dengan teknologi dalam menghematan bahan bakar yang luar biasa.

Berdasarkan hasil pengujian keiritan bensin Honda Civic 2020, di atas pesaingnya. Dengan mesin turbo 1,5 L dan CVT, pemilik Honda Civic baru Hatchback bisa memperoleh jarak 13.5 Km untuk 1 liter BBM. Tingkat efsiensi itu diraih dalam posisi berkendara di dalam kota. Sementara di jalan bebas hambatan (tol), Honda Civic Hatchback bisa capai 20.1 Km/liter.

Kekurangan Honda Civic Hatchback

Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli 02

Tergolong Miskin Fitur

Fitur keamanan Honda sensing tidak dimasukan di Civic Hatchback. Masih kalah banyak dengan fitur keamanan Mazda3 . Tidak ada sensor parkir dimana fitur ini jadi standar di mobil dengan harga Rp500 jutaan.

Perihal sistem hiburan di New Honda Civic Hatchback. Kendati mobil dirakit di Thailand, Head unit ternyata bukan bawaan dari Honda di luar Indonesia. Layar 7 inci dan tidak ada tombol physical. Fitur juga masih sangat standar untuk mobil di rentang harga sekitar Rp500 jutaan.

Interior Terlalu Kaku

Dashboard Honda Civic Hatchback masih mirip dengan model lainnya dari Honda, sebut saja Honda Brio Satya, dan Mobilio sehingga mengurangi nilai eksklusivitasnya. Fitur interior juga tidak banyak berubah. Yang baru ada spion di tengah dengan Auto Dimming Rear View Mirror, jadi kalau kena silau dari belakang akan gelap sendiri.

Kemudian karena memang menyasar pengendara yang ingin bergaya sporti, desain interior New Honda Civic Hatchback,khususnya pada bagian jok hanya tampil sederhana. Pilihan kulit warna hitam untuk jok ditambah akses jahitan berwarna merah di sekitarnya, dirasakan cukup kaku.

Tidak Tersedia Transmisi Manual

Bagi para pencinta kecepatan, sepertinya Honda Civic Hatchback ini masih dirasa mengganjal. Bagaimana tidak, dengan tambahan turbo jika ditambahkan transmisi manual maka sensasi berkendara akan semakin terasa.

Memang transmisi CVT Civic Hatchback ada mode manual 7 speed yang dioperasikan di paddle shift, tapi tetap beda rasanya dengan transmisi manual. Jika tersedia mungkin Honda Civic Hatchback bisa jadi Hot Hatch yang menggoda pencari adrenalin.

Kesimpulan Mengenai Honda Civic Hatchback

Dibandingkan dengan kompetitornya yakni Mazda3, memang Honda Civic Hatchback menyasar segmen penyuka mobil bergaya sporti. Kendati demikian, dengan selisih harga yang tidak terpaut jauh dengan Mazda3, sayangnya fitur yang disajikan Honda Civic turbo Hatchback masih dirasa sangat kurang.

Memang sejatinya tidak semua fitur yang terbenam dalam suatu mobil selalu terpakai, tapi paling tidak nilai lebih suatu hatchback bisa ditawarkan kepada konsumen. Namun, nama besar dan loyalis mobil Honda mungkin tidak terlalu peduli, mengingat reputasi positif Honda Civic yang terbentuk sejak puluhan tahun silam.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil