Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih

Evan · 19 Okt, 2021 09:03

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 01

Satu lagi pesaing Honda CR-V dari China meluncur, namanya Changan Auchan X7 Plus. Pabrikan yang berasal dari Chongqing ini sendiri sempat dikaitakan dengan mobnas Esemka. Karena ada satu model pick up yang mirip Esemka Bima.

Masuk ke kelas SUV kompak, Auchan X7 Plus mengadopsi gaya desain eksterior terbaru di keluarga SUV Changan, dipadu dengan mesin generasi terbaru Blue Whale 1.5L turbo.

Ada 9 model baru yang ditawarkan, mulai dari Comfort manual hingga Blue Whale Edition Geeker Pilot bertransmisi otomatis. Mulai dibanderol dengan harga Rp175,3 juta untuk trim termurah, Auchan X7 Plus sudah pasti bikin CR-V ketar-ketir. Belum lagi soal fiturnya yang lengkap di rentang harga Toyota Avanza.

Selain model, ada juga enam pilihan warna yang tersedia, mulai dari star red, star white, interstellar grey, azure blue, danqing blue, dan star blue.

Baca juga: Changan Shenqi T30 Dirilis, Calon Esemka Bima Terbaru yang Lebih Mewah dari Carry Pickup

Eksterior Futuristis, Lampu Depan Mirip Wuling Alamz

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 01

Wajah barunya jadi lebih tampan

Dari segi penampilan, Changan Auchan X7 Plus memiliki bentuk yang identik dengan saudaranya Auchan X7, hanya saja fascia depan dibuat lebih modern dan futuristis.

Pemakaian gril depan dengan kisi-kisi yang berukuran lebih besar disandingkan dengan motif krom. Emblem Changan diletakkan agak sedikit keatas, dikelilingi oleh dua garis strip krom.

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 02

Bagian samping tetap identik Auchan X7

Ada juga garis desain merah di sekeliling bodi, menaikkan kesan sporty. Lampu utama sekarang berpindah tempat ke bawah dekat area foglamp, sedangkan diatas menjadi lampu DRL, dipadu dengan ekstensi gril yang berwarna hitam.

Tak lupa sensor radar ditempelkan dibawah plat nomor agar rapi dan tidak menggangu desain secara keseluruhan. 

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 03

Buritan jadi makin modern

Dari samping kesan SUV Auchan X7 Plus terlihat jelas, mulai dari tarikan desain yang tegas di bagian bodi hingga pemakaian body cladding disekujur bodi.

Uniknya bagian pilar d diberikan gaya floating roof,sebuah tren yang sekarang sering digunakan pada SUV. Velgnya mengadopsi multispoke dengan ukuran 19 inci, cocok dengan dimensi mobil yang besar.

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 04

Warna baru danqing blue

Daerah buritan justru lebih sedikit penyegaran ketimbang bagian depan. Penambahan lampu kombinasi LED Light Bar jadi pembeda terbesar.

Sedangkan sisanya masih sama persis dengan Auchan X7 standar, termasuk pada bagian lampu mundurnya yang terintegrasi bemper dan mata kucing.

Baca juga: Changan Benben E-Star Populer di China, Bisa Saja Jadi Esemka Listrik Pertama

Bagian Interior Lebih Banyak Permainan Warna Jahitan

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 05

Interior dirombak sebagian

Perbedaan di bagian kabin mencakup model layar ganda layaknya sebuah Mercedes-Benz. Di sebelah kiri merupakan panel instrument yang besaran bisa dipilih, mulai dari 3,5 inci, 5 inci, dan paling besar 10,25 inci.

Sedangkan dibagian kanan bertugas sebagai layar multimedia yang berukuran 7 inci, 10,25 inci, dan terbesar 12,3 inci. Pengaturan hiburan disupport oleh teknologi Onstyle 3.0 milik Changan

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 06

Meter cluster LCD 10,25 inci

Hawa penyegaran juga bisa dilihat dari konsol tengah yang sekarang jadi lebih minimalis berkat adanya pengaturan ulang tombol dan juga tuas transmisi mode baru.

Pemakaian warna oranye juga jadi perhatian di Auchan X7 Plus, lewat jahitan-jahitan di sekeliling mulai dari dashboard, doortrim pintu, armrest tengah, dan jok kulitnya. Jahitan tadi dipadukan dengan warna hitam dan black gloss agar lebih sporty.

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 07

Layar hiburan 12,3 inci

Soal fitur-fitur mobil kekinian tentunya hadir di Auchan X7 Plus, sebut saja Electric Parking Brake with Auto Hold, Panoramic Sunroof, Automatic Climate Control AC, Keyless Entry Start Stop, Electric Seat, dan Intelligent Power Tailgate.

Begitu pula dengan sistem keselamatan aktif (ADAS) yang juga dimiliki X7 Plus, meliputi Automatic Parking, kamera 360 derajat, dan teknologi Adaptive Cruise Control (ACC).

Baca juga: Changan CS75 Plus Resmi Diperkenalkan, Kalau Masuk Indonesia Ganti Nama Jadi Esemka, Berminat?

Mesin Makin Bertenaga Pakai Turbo

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 08

Mesin baru berteknologi Blue Whale

Changan rupanya memfokuskan perubahan terbesar Auchan X7 Plus pada dapurpacunya. Masih tetap menggunakan kapasitas yang sama yakni 1.5-liter, Changan berhasil memeras tenaga dan torsi lebih tinggi dari mesin sebelumnya.

Jika mesin lama hanya menghasilkan 180 PS, di mesin baru yang berteknologi Blue Whale ini, X7 Plus mampu menyemburkan tenaga 190 PS dan torsi raksasa 300 Nm. 

Changan Auchan X7 Plus Meluncur di China, Harga dan Fiturnya Bisa Bikin Pemilik Honda CR-V Sedih 09

Transmisi Dual Clutch

Tenaga yang besar ini diteruskan ke dua pilihan transmisi yaitu manual 6 percepatan atau otomatis Dual Clutch Transmission (DCT) 7 percepatan tipe wet clutch. Keduanya menghantarkan tenaga ke dua roda depan.

Klaim dari Changan, X7 Plus mampu berlari dari 0-100 km/h dalam waktu 8,23 detik saja. Angka yang sangat cepat bagi sebuah SUV berdimensi diatas CRV ini.

Gimana, sudah layak belum jadi penantang utama Honda CR-V?

Baca juga: Apa Kabar Esemka? Sudah Terjual 300 Unit, Masih Model Pikap Bima 1.2 dan 1.3?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru