Changan Shenqi T30 Dirilis, Calon Esemka Bima Terbaru yang Lebih Mewah dari Carry Pickup

Prasetyo · 7 Sep, 2021 08:34

Changan Shenqi T30 2022

Changan Shenqi T30 adalah pickup baru dari Changan. Mobil ini diposisikan sebagai kendaraan komersial mikro truck untuk transportasi logistik jarak pendek. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan pabrikan Cina ini, satu diantaranya garansi hingga 6 tahun atau 200.000 kilometer (km).

Kalau kita sedikit mundur ke tahun 2019, saat itu nama Changan begitu banyak dibahas di Indonesia. Changan Automobile, sebuah perusahaan otomotif yang berpusat di Chongging, Cina ini disebut-sebut punya model pickup yang sangat mirip dengan Esemka Bima. Namanya Changan Star Truck yang sosoknya identik dengan Esemka Bima 1.2L.

Changan Star Truck

Pickup Changan yang mirip Esemka Bima

Namun saat itu ada pembelaan dari pihak Kementerian Perindustrian, yang kala itu dijabat oleh Airlangga Hartarto. Menurut dia, sebuah produk otomotif terjadi kemiripan adalah hal yang wajar. Apalagi ada kerjasama antara Changan dengan Esemka walau tidak dijabarkan secara rinci apa bentuk kerjasamanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Lalu apakah Changan Shenqi T30 ini juga akan ditiru oleh Esemka untuk kehadiran pickup terbarunya? Tentu ini belum bisa dipastikan. Tapi tak ada salahnya bukan kalau kita sediki tmengulas apa kehebatan mobil pengangkut barang dari Changan tersebut.

Baca juga : Apa Kabar Esemka? Sudah Terjual 300 Unit, Masih Model Pikap Bima 1.2 dan 1.3?

Desainnya Banyak Alami Perubahan

Changan Shenqi T30 2021 -1

Penerus model Shenqi T20

Sebagai produk baru, meskipun masuk ke jalur komersial yang lebih mementingkan fungsionalitas, tetap Changan menghadirkan banyak hal baru dari sisi kosmetik. Dibading model pickup Changan sebelumnya, Shanqi T30 mengadopsi desain cembung di bagian depan yang lebih panjang. Grilnya juga kini pakai bilah-bilah lurus heksagonal.

Desain bemper pun dibuat lebih agresif, sementara lampu utama terlihat ukurannya cukup besar dan sudah pakai projector. Dibagian samping mobil ini tetap terlihat ramping namun punya bak belakang dengan kapasitas angkut sangat banyak.

Kuat Buat Angkut Banyak Barang

Changan Shenqi T30 2021 -2

Panjang bak belakang sampai 3,6 m

Baca juga : DFSK Super Cab vs Esemka Bima, Pilih Mobil Pick Up Murah dari Cina atau yang Lokal?

Changan Shenqi T30 2021 menawarkan juga kemampuan daya angkut maksimal. Pasalnya mobil pickup ini punya kompartemen kargo belakang dengan ukuran panjang 3,6 meter (m) dan lebar 1,7 m. Kabinnya sendiri hanya cukup diisi 2 orang penumpang dewasa.

Sedangkan mesinnya menggunakan mesin bensin Dongan DAM16KR berkapasitas 1.6L. Gearbox pakai model manual 5 percepatan yang terhubung dengan penggerak roda belakang. Oh ya pick up ini juga berjenis kendaraan 6 roda dengan konfigurasi 2 di depan dan 4 ban untuk roda belakang.

Mesin yang digunakan juga diklaim mampu menghasilkan tenaga 123 PS dengan torsi 158 Nm. Mesin ini pun punya karakter torsi tinggi di putaran rendah sehingga mobil punya tenaga cukup kuat saat akselerasi dengan beban penuh atau ketika menanjak.

Interiornya Lebih Mewah dari Suzuki Carry Pickup

Changan Shenqi T30 2021 -3

Kabinnya dibuat bikin pengemudi lebih nyaman

Walaupun diposisikan sebagai kendaraan komersial, namun Changan tetap ingin kabin Shanqi T30 menawarkan kepraktisan dan kenyamanan.  Joknya pakai pelapis material fabric dengan busa yang cukup tebal.

Lingkar kemudinya juga pakai material plastik keras tapi ditambahkan busa pada beberapa bagiannya jadi lebih nyaman digenggam.

Changa Shenqi T30 2021 -4

Sudah pakai AC dan monitor 7 inci

Sementara dasbor dan trim pintu pakai plastik keras tetapi ada aksen silver. Menariknya, pada bagian tengah dasbor ada headunit layar sentuh 7 inci yang mampu mengoperasikan radio dan pemutar audio-video, serta dapat terkoneksi dengan ponsel mealui Bluetooth. Pickup ini juga sudah pakai AC.

Baca juga : Sewa Esemka Bima Hanya Rp100 Ribu Per Hari, Bisa Jadi Hak Milik! Ini Nyata

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru