window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Chery Jadikan Indonesia Basis Produksi Mobil Setir Kanan Buat Dunia, Pertama Ekspor Buat ASEAN

Adit · 6 Apr, 2022 09:04

Chery Jadikan Indonesia Basis Produksi Mobil Setir Kanan Buat Dunia, Pertama Ekspor Buat ASEAN 01

  • Chery kembali berjualan di Indonesia, fokus pasarkan mobil listrik dan SUV
  • Selain itu juga akan jadikan Indonesia basis produksi mobil Chery setir kanan secara global.
  • Chery akan bangun pabrik dan mengekspor mobil dari Indonesia ke Asia Tenggara.

Rencana jangka panjang Chery kembali berkiprah di Indonesia patut diapresiasi. Bahkan pabrikan mobil China ini menilai Tanah Air sebagai pasar potensial yang terus bertumbuh dan ingin menjadikannya sebagai salah satu basis produksi di luar Tiongkok. 

"Bukan hanya menjadi basis produksi, tetapi kami juga akan menjadikannya pusat riset dan development produk Chery," terang President Director PT Chery Motor Indonesia, Tao Yong saat ditemui di IIMS 2022

Chery Jadikan Indonesia Basis Produksi Mobil Setir Kanan Buat Dunia, Pertama Ekspor Buat ASEAN 02

Chery Indonesia menampilkan berbagai macam SUV di IIMS 2022

Baca Juga: Bukan Cuma Jualan, Chery Juga Jadikan Indonesia Basis Produksi Global!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kenapa kami kembali? Kami tahu pasar Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara, dan pasar yang baik untuk pasar setir kanan. Indonesia masuk dalam negara penting dan masuk ke dalam strategi global kami," tambahnya. 

Strategi itu akan direalisasi dalam tiga fase. Berdasarkan penjelasan Marketing Director Chery Motor Indonesia, Major Qin, Indonesia akan menjadi negara kunci bagi pemasaran mobil Chery di dunia. Pertama memfokuskan pada penjualan dalam negeri. 

"Kedua kami akan ekspor ke pasar Asia Tenggara, kemudian fase ketiga akan melakukan ekspor ke pasar global dari Indonesia. Chery akan fokus pada segmen SUV dan meluncurkan sekitar 6 model dalam waktu dua hingga tiga tahun," katanya kepada AutoFun Indonesia. 

Chery Jadikan Indonesia Basis Produksi Mobil Setir Kanan Buat Dunia, Pertama Ekspor Buat ASEAN 01

Mobil listrik mungil EQ1 juga akan dijual Chery di Indonesia

Baca Juga: Chery Ikut Jejak Wuling, Bakal Bangun Pusat RnD di Indonesia

Masih Cari Lokasi Pabrik yang Ideal

Untuk memuluskan jalan itu, Chery diketahui masih mengkaji lokasi fasilitas produksi yang ideal. Sebab kemungkinan membutuhkan lahan yang luas karena sebagai lokasi RnD, seperti yang telah dibangun Daihatsu maupun Hyundai. 

"Kami masih mencari dan terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Indonesia, di mana kira-kira lokasi yang bagus untuk mendirikan pabrik. Selain itu kami juga ingin mengetahui peraturan daerah masing-masing," pungkas Yong.

Chery Jadikan Indonesia Basis Produksi Mobil Setir Kanan Buat Dunia, Pertama Ekspor Buat ASEAN 02

Pasrtisipasi Chery Indonesia di pameran otomotif IIMS 2022

Kendati begitu, dirinya masih menutup keran informasi mengenai besaran investasinya nanti. Yang jelas pada tahun pertamanya ini, Chery bakal disibukkan dengan perluasan jaringan penjualan di seluruh Indonesia. 

"Maaf kami tidak bisa katakan berapa dananya, tetapi untuk memasuki pasar baru pasti harus tahu berapa besar dana yang dipersiapkan. Kami akan bangun jaringan baru sesuai dengan strategi perusahaan kami," jelasnya. 

Sebagai langkah awal, Chery Motor Indonesia ikut serta di pameran otomotif IIMS 2022 untuk menunjukkan keseriusannya. Selain itu juga memajang berbagai model SUV yang nantinya bakal dijual termasuk Chery Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, Skytour, OMODA 5 hingga mobil listrik EQ1.

Baca Juga: Chery Akan Jual 5 Model di Indonesia Termasuk Mobil Listrik Mungil, Harganya Murah?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil