window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

Nussa · 13 Apr, 2022 14:05

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 01

  • Toyota Rush masuk kategori mobil SUV 7 penumpang.
  • Banyak kelebihan dan kekurangan Toyota Rush sehingga digemari di Indonesia.
  • Mobil ini juga cocok untuk melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

Jelang Lebaran, biasanya tren yang terjadi adalah banyak orang yang melakukan pembelian mobil. Entah itu mobil baru maupun mobil bekas. Alasannya pun bermacam-macam, mungkin karena ingin pulang kampung atau mudik lebih nyaman dengan mobil pribadi, atau hanya sekadar ingin tampil keren di depan keluarga besar.

Satu dari banyak jenis mobil yang dicari mendekati Hari Raya Idul Firi adalah mobil jenis sport utility vehicle (SUV). Sebab, mobil jenis ini dirasa lebih tangguh untuk perjalanan jarak jauh, bagian dalamnya nyaman karena cukup luas, dan tampilannya gagah. SUV yang banyak jadi incaran diantaranya adalah Toyota Rush.

Namun, sebelum membeli mobil ini, penting juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Toyota Rush.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Rush Generasi Pertama (2006-2016)

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 01

Toyota Rush generasi pertama

Toyota Rush saat ini masuk generasi kedua. Generasi pertama Toyota Rush dimulai pada tahun 2006 hingga tahun 2016. Pertama kali muncul, mobil ini dihadirkan dengan tiga varian, yakni G MT 5 percepatan, S MT 5 percepatan, dan S AT 4 percepatan. Mesinnya memiliki kode 3SZ-VE dengan teknologi VVT-i, DOHC, 4 silinder, dan berkapasitas 1.500 cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 109 PS dan torsi 145 Nm.

Pada bagian interior, desainnya masih cukup sederhana. Toyota Rush hanya dibekali audio single din dan untuk pengoperasian AC masih mengandalkan kenop putar. Kapasitas penumpangnya hanya 5 orang dan tempat duduknya masih dilapisi material fabric.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde

Tahun 2009, Toyota Rush sempat mengalami facelift. Ada beberapa ubahan di bagian depan, seperti grille, lubang udara, dan lampu kabut, serta lubang udara pada bumper depan.

Pada tahun 2010, Toyota Rush hadir varian G AT alias dengan transmisi otomatis. Terdapat juga penyegaran pada beberapa bagian eksteriornya, seperti sentuhan aksen krom di beberapa bagian. Pada bagian interior, Toyota menawarkan opsi dua jok tambahan di bagian belakang. Sehingga, kapasitasnya menjadi 7 penumpang.

Pada tahun 2013, Toyota Rush S TRD Sportivo diperkenalkan. Ubahan yang diberikan cukup signifikan. Bagian spoiler bumper depan, spoiler bumper belakang, dan diberi emblem TRD Sportivo pada pintu belakang, serta sticker TRD Sportivo di bagian samping. Fitur-fitur yang disematkan juga semakin lengkap, yakni dual SRS airbag, seat belt pretensioner, indikator pengingat seat belt, dan lainnya.

Pada tahun 2016, Toyota Rush hadir dengan varian 7 penumpang. Toyota juga mengganti nama TRD Sportivo menjadi TRD Sportivo Ultimo. Tampilannya lebih sporty dan modern, karena sudah mengadopsi lampu LED.Tak hanya tampilannya saja yang berubah, pada bagian kaki-kaki, Toyota Rush dibekali dengan New Shock Absorber dan Coil Spring Dual Rate yang diracik langsung oleh TRD.

Head unit sudah pakai layar sentuh dengan koneksi radio, USB, Miracast, Bluetooth, dan lainnya. Desain setirnya baru dan sudah dilengkapi audio steering switch Pada sektor mesin, Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo masih mengandalkan mesin lama.

Toyota Rush Generasi Kedua (2017-Sekarang)

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 02

Toyota Rush generasi kedua

Masuk tahun 2017, Toyota melahirkan All New Rush. Tampilannya jadi semakin modern dan kental dengan aura SUV perkotaan. Ban cadangan atau ban serep yang terletak di pintu belakang juga dipindahkan ke bawah. Selain itu, dimensinya juga lebih panjang dan lebih rendah.

Kapasitasnya sudah 7 penumpang dan tiap penumpang mendapatkan seat belt tiga titik, serta 7 head rest. Pilihannya ada dua varian, yakni G dan TRD Sportivo. Masing-masing varian Toyota Rush ini sudah dilengkapi dengan teknologi start stop engine. Sementara pada bagian interior, panel depannya sudah dilapisi dengan material soft touch yang membuatnya semakin elegan.

Baca juga : Toyota Rush Masih Jawara LSUV 7 Seater Terlaris di Indonesia, Honda BR-V 2022 Menempel Ketat

Fiturnya juga semakin banyak. Head unit sudah pakai layar sentuh berukuran 7 inci. Lalu, disematkan juga 8 unit speaker, smart entry, dan Auto AC. Untuk fitur keselamatan, terdapat 6 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), 7 seat belt indicator, ABS, Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS).

Pada sektor mesin, terdapat juga ubahan dengan mesin berkode yang baru, yakni 2NR-VE. Mesinnya sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i, tapi, performanya justru menurun. Tenaga yang dihasilkan hanya 104 PS dan torsinya 136 Nm. Meski demikian, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) ini diklaim lebih irit dari generasi sebelumnya.

Memasuki tahun 2021, Toyota Rush GR Sport hadir menggantikan varian TRD Sportivo. Dari segi desain eksterior, tidak banyak yang berubah. Tapi, yang jadi pembeda signifikan adalah kehadiran fitur Idling Stop System (IDS), dimana mesin mobil akan mati otomatis ketika berhenti sejenak dan ketika pedal gas diinjak sedikit, mesin akan menyala kembali.

Kelebihan Toyota Rush

Dari kedua generasi tersebut, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh generasi kedua dibandingkan dengan generasi pertama. Berikut ini kelebihan Toyota Rush generasi kedua:

1. Desain Eksterior Lebih Modern

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 03

Tampilan Toyota Rush generasi kedua lebih agresif

Desain eksterior yang dimiliki Toyota Rush generasi kedua jauh lebih modern, sporty, dan agresif, dibandingkan generasi pertama. Bagian eksterior yang lebih melengkung dengan tarikan garis yang tegas membuatnya terlihat sporty, serta terkesan memiliki dimensi yang lebih luas. Terdapat enam pilihan warna yang ditawarkan, yakni White, Silver Mica Metallic, Bronze Mica Metallic, Black Mica, Dark Red Mica Metallic, dan Deep Maroon Mica.

2. Interior Lebih Lapang

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 04

Kabin Toyota All New Rush lebih lapang dengan kapasitas 7 penumpang

Bagian interior Toyota Rush generasi kedua lebih lapang jika dibandingkan generasi sebelumnya. Toyota All New Rush memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang. Mobil ini masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Dimensi interiornya lebih panjang 150 mm dibandingkan Toyota Rush lama.

3. Fitur Hiburan Lebih Atraktif

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 05

Toyota Rush baru dibekali kamera mundur dan fitur hiburan yang atraktif

Pada Toyota Rush generasi kedua, fitur hiburannya lebih atraktif. Sebab, dasbornya sudah dilengkapi dengan DVD AVX 7 dengan internet. Sehingga, head unit tersebut mampu mengakses DVD atau musik dengan sambungan USB, Bluetooth, iPod atau iPhone, Miracast, Weblink, Support Multitasking, Smart Phone Remote App.

Fitur lain pada Toyota Rush generasi kedua dibekali 3 ACC Connectior untuk tipe tertinggi, yang ada di bagian depan, baris kedua, dan baris ketiga. Untuk tipe G, ACC Connector hanya ada di baris depan.

4. Fitur Keselamatan Lebih Lengkap

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 06

Sistem pengereman ABS terbukti lebih optimal

Berbeda dengan Toyota Rush lama, pada Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan motor. Adanya fitur ini juga untuk mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 07

Fitur Vehicle Stability Control sudah ada di Toyota Rush generasi kedua

Selain itu, semua tipe Toyota Rush generasi kedua juga sudah dibekali Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Dengan adanya EBD, pengereman akan terbagi rata ke masing-masing roda mobil. Tekanannya akan disesuaikan dengan daya yang bervariasi, tergantung dengan kondisi beban di setiap roda.

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 08

Hill Start Assist (HSA) sudah disematkan pada Toyota All New Rush

Hill Start Assist (HSA) juga dapat ditemukan pada Toyota Rush generasi kedua. Fitur ini mampu menahan mobil secara otomatis saat mobil berhenti di tanjakan yang curam. Sehingga, pengemudi punya cukup waktu untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas, tanpa harus khawatir mobil akan merosot turun. Fitur lainnya yang hanya ada di Toyota All New Rush adalah smart entry, 6 airbag di seluruh penjuru kabin, dan seat belt indicator warning.

Baca juga : Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah?

Kekurangan Toyota Rush

Meski Toyota Rush generasi kedua punya banyak kelebihan, tapi bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan Toyota Rush generasi kedua:

1. Desain Eksterior

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 09

Desain Toyota All New Rush disebut kurang berkarakter

Meskipun tampilannya terlihat lebih modern dibandingkan yang lama, tapi penampilan Toyota All New Rush sendiri jadi mirip dengan mobil lainnya. Banyak yang mengatakan desainnya jadi tidak memiliki karakter atau kehilangan ciri khasnya.

2. Mesin 2NR-VE Kurang Agresif

Mesin 2NR-VE yang digunakan pada Toyota Rush generasi kedua memiliki karakter dengan torsi yang lebih merata di setiap putaran. Namun, hal ini membuat pengemudi jadi membutuhkan tenaga lebih untuk membuat mobil mengeluarkan seluruh tenaganya.

Apalagi Toyota All New Rush memiliki tenaga yang lebih sedikit dibandingkan Toyota Rush lama. Mesin 2NR-VE hanya memiliki tenaga 102 HP, sedangkan mesin 3SZ-VE tenaganya mencapai 108 HP.

Itu semua kelebihan dan kekurangan Toyota Rush generasi kedua alias Toyota All New Rush. Jadi, sebelum beli mobil untuk lebaran ke kampung halaman, ada baiknya mempertimbangkan poin-poin tersebut.

Baca juga : Banyak Dibilang Boros, Cek Dulu Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Rush Lama dan Baru

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil