window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris?

Nussa · 2 Jul, 2022 08:08

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris? 01

  • Konsumsi BBM Toyota Yaris diklaim irit.
  • Tapi bagaimana kalau mobil ini dipakai di perkotaan untuk aktifitas harian?
  • Fitur-fitur yang ada membuat Toyota Yaris layak jadi pilihan mobil harian.

Toyota Yaris pertama kali meluncur pada tahun 1999. Toyota memproduksi mobil ini dengan tujuan sebagai penerus Starlet. Tapi, Yaris baru masuk ke Indonesia ketika generasi kedua. Generasi pertama Yaris hanya ada di Jepang, dan negara lain yang menjadi tujuan ekspor, seperti Australia, Selandia Baru, Kanada, dan beberapa negara Asia lainnya.

Toyota Yaris baru masuk ke Indonesia secara resmi pada tahun 2006 lalu. Jadi, Yaris pertama yang dipasarkan di Indonesia sebenarnya adalah Yaris generasi kedua di dunia. Hatchback dengan dimensi yang kompak ini dinilai cocok untuk digunakan berkendara sehari-hari. Selain itu, desain eksteriornya yang atraktif juga menarik.

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris? 02

Interior Toyota Yaris juga terlihat sporty

Toyota Yaris pertama hadir dengan dua pilihan, yakni tipe E dan S. Untuk tipe E, ada dua pilihan sistem transmisi, yakni tranmisi manual dan transmisi otomatis. Sementara untuk tipe S, hanya tersedia dalam transmisi otomatis saja. Toyota Yaris generasi pertama yang dipasarkan di Indonesia mendapat julukan Yaris Bakpao, karena desain bodinya yang membulat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sementara untuk generasi kedua, Toyota Yaris mendapat julukan Yaris Lele. Nama tersebut terinspirasi dari desain trapezoid pada area depan dengan panel hitam di sisi kanan dan kiri sehingga terlihat seperti kumis pada ikan lele.

Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 lalu. Toyota mulai menghadirkan varian baru yang dinamakan Yaris Heykers. Namun, sedikit berbeda dengan varian yang sebelumnya, untuk Yaris Heykers masuk ke dalam kategori crossover.

Baca juga : Toyota Starlet Lahir Kembali, Sama Nama Beda Rupa Harga Lebih Murah dari Yaris

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris? 01

Toyota Yaris yang dipasarkan sekarang sudah masuk generasi ketiga di Indonesia

Lalu, pada tahun 2018, Toyota Yaris mengalami facelift dan desain eksteriornya pun mengalami sedikit perubahan. Tapi, mesin yang digunakan masih sama seperti model sebelumnya. Ubahan tersebut membuat Yaris mendapat julukan baru, yakni Yaris Joker, karena desain lampu, grill, dan bumper depan, terlihat seperti senyum yang menyeringai, mirip Joker, musuh Batman.

Toyota Yaris 2022 Dapat Julukan Yaris Joker

Tahun 2020 lalu, Toyota meluncurkan New Yaris. Mobil ini menjadi generasi ketiga Yaris di Indonesia. Cukup banyak ubahan yang terjadi New Yaris, baik dari sisi eksterior, interior, hingga fitur-fitur yang disematkan.

Dilihat dari luar, tampilannya lebih sporty dan aerodinamis. Lalu, lampu depannya juga berubah jadi lebih sipit dan sudah mengadopsi teknologi LED. Pada bagian grille, New Yaris mengandalkan model trapesium dengan aksen honeycomb berwarna hitam pada bagian tengah. New Yaris memiliki bumper depan dengan aksen hitam pada area rumah lampu kabut. Lampu kabut pun juga sudah menggunakan teknologi LED.

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris? 02

Fitur-fitur yang disematkan pada Toyota Yaris juga tak kalah dari kompetitor sekelasnya

Pada bagian samping, Toyota memberikan side skirt dan velg dengan ukuran 16 inci bergaya Two Tone Machining yang membuatnya lebih sporty. Untuk bagian belakang, desain lampu dibuat berlapis dengan bentuk yang tipis. Toyota juga memberikan Rear Roof Spoiler dan Diffuser, sehingga menguatkan kesan racing. Selain itu, pada bagian grille, bumper, dan lampu kabut juga mengalami perubahan.

Masuk ke kabin, interiornya dibuat lebih modern dan terlihat elegan. Bagian dalam Toyota New Yaris kini lebih lapang dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan begitu, ruang gerak untuk pengemudi dan penumpang pun jadi lebih leluasa.

Salah satu bagian yang paling menarik dari New Yaris adalah dasbornya. Mobil ini mengusung konsep Complete Features pada dasbor yang lebih lapang. Interiornya juga diberikan ornamen silver pada beberapa bagian, sehingga suasananya juga terkesan modern, seperti konsol depan, speaker, register knob, pengatur AC, dan lainnya.

Terkait dengan fiturnya, Toyota juga sudah membekali New Yaris dengan sistem pengereman terkini, yakni Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Pengereman yang dihasilkan juga jadi lebih optimal, sehingga kenyamanan dan keamanan saat berkendara di berbagai kondisi jalan. Selain itu, sudah disematkan juga Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) untuk membantu pengemudi dalam mengendalikan mobil.

Baca juga : Mulai dari Kijang Buaya Sampai Yaris Joker, Ini Julukan Unik Buat Mobil di Indonesia

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris? 03

Mesin Toyota Yaris dinilai sudah cukup bertenaga

Spesifikasi Mesin Toyota Yaris 2022

Urusan dapur pacu, Toyota menyerahkannya pada mesin 2NR-FE yang memiliki kapasitas 1.500 cc, 4 silinder segaris, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 105 tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 145 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis CVT 7 percepatan. Terdapat juga mode berkendara dengan tiga pilihan, yakni Normal, Eco, dan Sport.

Cocok Untuk Harian, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris? 04

Yaris GR Sport gantikan tipe TRD Sportivo

Konsumsi BBM Toyota Yaris

Dengan mesin 2NR-FE, Toyota New Yaris diklaim memiliki konsumsi BBM hingga 13,9 km/liter untuk penggunaan di daerah perkotaan. Sementara untuk penggunaan ke luar kota atau di jalan tol, konsumsi BBM New Yaris dapat mencapai 17,4 km/liter.

Untuk mode Eco, New Yaris memiliki konsumsi BBM 13,4 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan untuk ke luar kota, konsumsi BBM yang dihasilkan adalah 19,6 km/liter.

Menurut hasil pengetesan yang dilakukan oleh beberapa media nasional, konsumsi BBM Toyota New Yaris bisa mencapai 14,9 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Rute yang dilalui lebih didominasi oleh kemacetan dengan kondisi stop and go. Kecepatan rata-ratanya juga hanya 23 km/jam. Sementara untuk di jalan tol, konsumsi BBM yang dihasilkan mencapai 20,2 km/liter dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Namun, perlu diketahui bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM, mulai dari gaya berkendara, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, tekanan udara pada ban, bobot yang dibawa, dan lainnya.

Baca juga : Rp170 Jutaan, Toyota Yaris Bekas Lebih Baik Ketimbang Agya Baru?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil