window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018?

Yongki Sanjaya · 24 Jun, 2021 15:00

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 01

Segmen crossover di kisaran harga Rp200 jutaan pilihannya cukup beragam, dan kadang membuat kita bingung menentukan mana opsi paling menarik. Dari sekian banyak model, kami melihat sosok Daihatsu Rocky 1.2 X bisa mewakili opsi mobil baru dan Nissan Juke lansiran 2018 ini menjadi mobil bekas yang perlu dilirik.

Kenapa harus Juke? Karena mobil ini punya desain eksentrik dalam satu dekade terakhir. Bentuknya sering disebut mirip kodok karena lampu bulat dan buritan yang membulat. Harga bekasnya pun cukup terjangkau, apalagi untuk tahun tua 2011 sudah di kisaran Rp100 jutaan.

Bicara soal kelengkapan fitur, baik Rocky 1.2 X atau Nissan Juke sama-sama punya beragam kelengkapan yang mendukung kenyamanan berkendara. Nah, tinggal kamu yang menentukan ingin memiliki crossover yang modis atau yang cukup lega kabinnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

10 Indikator Fitur di Meter Cluster Daihatsu Rocky yang Wajib Diketahui, Kalau Nyala Berarti Ada Masalah

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Berapa Sih Harga Kredit Daihatsu Rocky? Berikut Skema Cicilan Untuk Semua Variannya

Sebab, di balik desain radikal milik Nissan Juke terdapat kabin yang cukup sempit. Sebaliknya, Rocky dengan desain yang tak seradikal Juke malah punya kabin lebih proper.

Jadi, bagaimana dengan keunggulan masing-masing? Mari kita simak ulasannya.

Nissan Juke, Crossover Modis Bergaya Radikal

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 01

Nissan Juke hadir pertama kali sejak 2011 dan menyajikan gaya tersendiri bagi para pecinta crossover. Bagaimana tidak, Juke menawarkan kegagahan yang dimiliki SUV dan kelincahan layaknya sedan.

Juke menawarkan keunikan dari sisi desain. Siapapun yang melihat mobil ini untuk pertama kali akan terheran-heran dengan bentuknya. Desainnya love to hate, jadi kalau yang suka bakal suka banget. Tapi kalau sudah benci ya nggak akan tertarik sama sekali. 

Juke ini menggabungkan tiga unsur desain sekaligus yaitu kemewahan, futuristik serta sporty. kesan gagah dan futuristik ini cukup mencolok pads perpaduan bumper besar dengan headlamp bulat dan fog lamp kecil di sisi bumper. 

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 02

Lekukan aerodinamis yang terdapat di Nissan Juke ini membuat tampilan Nissan Juke menjadi tak biasa. Posisi lampu LED DRL ini cukup unik karena ada di sisi atas dengan. housing menonjol. Jadi mirip seperti alis di kodok yang mencuat begitu. 

Juke kembali memancarkan sisi sporty dan eksentrik dengan kehadiran lampu dengan desain L shape yang mengadopsi pada mobil sport Nissan 370Z. Agar terkesan maskulin, maka desain buritannya dibuat dengan garis tegas yang berotot. 

Interior Stylish dan Futuristik di Nissan Juke, Beautiful is Pain

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 03

Tak salah dengan istilah beautiful is pain bila kita merujuk interior di Nissan Juke. Desainnya keren, modis, dan stylish, tapi soal kenyamanannya kurang lega terutama di baris kedua. 

Ruang kaki baris kedua cukup sempit dan desain kursi penumpang kurang ergonomis. Lebih buruknya lagi, ruang kepala cukup terbatas karena desain Juke yang ala coupe sehingga landai di belakang. 

Walaupun begitu, kursi baris kedua bisa dilipat untuk memberikan ruang ekstra terhadap barang bawaan yang hendak dibawa selama bepergian. Secara keseluruhan, space bagasi yang bisa dimaksimalkan pada Nisan Juke 2018 berjumlah 354 liter. 

Sebaliknya untuk kursi baris pertama, memang cukup nyaman dan kita disuguhi pemandangan dashboard yang keren pada masanya. Kursi depan memakai bentuk semi bucket yang nyaman dan ergonomis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau. Jadi, Nissan Juke ini sebenarnya adalah mobil yang driver oriented. 

Dashboard Juke memiliki berbagai fitur lengkap, mulai dari head unit touchscreen berukuran 7 inci yang menyajikan audio berkualitas terbaik, dengan dukungan Voice Command, WiFi, navigasi, USB, AUX, Bluetooth, voice command, radio, DLNA & EZ. Fitur lainnya yaitu Auto AC yang ditempatkan sempurna dalam desain berbentuk segilima. 

Fitur Pendukung yang Lengkap

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 04

Terdapat tombol switch control untuk mengatur audio dan telepon yang tersemat pada setir Nissan Juke. Adanya tombol-tombol ini juga akan membuat pengemudi meminimalisir pergerakan tangannya lepas dari kemudi. Crossover ini juga dilengkapi dengan Rear Parking Sensor dan Rear View Camera untuk memudahkan proses parkir kendaraan. 

Nissan Juke juga dilengkapi dengan hadirnya Immobilizer, Keyless Remote serta Alarm with Shock Sensor. Adanya dual SRS Airbag System berfungsi untuk melindungi pengemudi dari benturan akibat kecelakaan. Sementara pengereman, Nissan Juke juga telah dikemas dengan kombinasi teknologi ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan BA (Brake Assist). 

Mesin Nissan Juke Serupa Grand Livina, Perawatan Mudah

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 05

Bicara soal powertrain, Juke dibekali mesin 1.500 cc berkode HR15DE yang juga digunakan oleh Nissan Grand Livina. Soal tenaga yang dihasilkan, mesin Juke memproduksi hingga 114 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 150 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara, transmisi CVT (Continuosly Variable Transmision) yang tidak ada hentakan dan melaju mulus dengan nyaman. 
Satu hal yang membuat Juke berbeda dari mobil lainnya adalah memiliki mode berkendara dari Eco, Normal, dan Sport. 

Untuk pilihan Eco Mode, tenaga mesin akan dibatasi untuk menghemat bahan bakar yang cocok untuk jalanan macet. Jika berkendara dengan Sport Mode maka ECU memprogram tenaga mesin yang maksimal dengan penggunaan akselerasi terbaik. Sistem akan memaksimalkan pembukaan katup gas sehingga akselerasi pun berjalan cepat namun tetap halus.

Urusan perawatan mesin pun tak sulit karena mesin ini juga digunakan oleh Grand Livina. Banyak bengkel spesialis Nissan yang sudah familiar dan bisa menangani. 

Daihatsu Rocky 1.2 X, Crossover dengan Fitur Komplit

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 06

Daihatsu Rocky 1.2 X. Foto: William Surjana

Bila kamu menjatuhkan pilihan beli mobil baru, maka Rocky 1.2 X ini jadi opsi menarik yang perlu masuk daftar incaran. Sebab, Daihatsu menjualnya di harga PPnBM 0% yaitu Rp191,3 juta (MT) dan Rp 207 juta (CVT). 

Tipe tengah di varian mesin 1.200 cc ini cukup komplit fiturnya dan penampilannya sudah dipercantik dengan berbagai garnish di eksterior maupun interiornya. Kelemahannya mungkin hanyalah di sektor mesin yang tenaganya tidak luar biasa. 

Namun perlu kamu ketahui kalau mesin 3-silinder di Rocky 1.2 liter ini tenaganya 88,4 ps dan torsinya 113 Nm, alias lebih besar 0,4 ps dan torsi 5 Nm daripada Sigra. Jadi, Rocky bukan sekedar city car berbaju crossover saja dong. Lantas apa istimewanya Rocky 1.2 X ini? 

Fitur Kekinian di Daihatsu Rocky 1.2 X, Bukan Crossover Murahan

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 07

Daihatsu Rocky 1.2 X. Foto: William Surjana

Rocky 1.2 X memiliki fitur multimedia yang oke, dengan mengandalkan head unit  7 inci Display Audio Support Apple Carplay & Android Auto. Mulai 1.2 X ke atas, Daihatsu Rocky memakai kunci keyless dan panel instrumen digital memakai layar LCD TFT. Jadi, kita bisa mengubah tampilan instrumen sesuai dengan empat opsi yang tersedia. 

Fitur lainnya di Rocky 1.2 X yaitu Electric Power Steering, Tilt Steering, Power Mode (khusus transmisi CVT), Speed Sensing Front Wiper, Power Window, Speed Sensing Auto Door Lock, Immobilizer, 2 Front Speakers. 

Fitur keselamatan di Rocky 1.2 liter juga cukup lengkap karena mendapatkan Dual Front Airbag, Side Impact Beam, Front Disc Brake, Rear Drum Brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, Child Safety lock, VSC (khusus CVT) dan HSA (khusus CVT). 

Interior Proporsional Daihatsu Rocky 1.2 X

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 08

Daihatsu Rocky 1.2 X. Foto: William Surjana

Tidak seperti tipe 1.2 M yang polosan, interior di Rocky 1.2 X ini sudah cukup menarik dengan aksen silver untuk garnish di louver AC, setir, dan door handle, lalu jok ada aksen merah. AC Rocky 1.2 X juga sudah memakai panel digital, seperti halnya di tipe M. 

Interior Daihatsu Rocky lebih proporsional untuk pengemudi dan penumpang di baris kedua. Artinya, kenyamanan penumpang belakang turut diperhatikan, dengan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lega. Dengan begini, pergerakan cukup leluasa tanpa kesan claustrophobic seperti pada Nissan Juke. 

Kesimpulan 

Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018? 09

Daihatsu Rocky 1.2 X. Foto: William Surjana

Dengan kisaran harga yang mirip, Rocky 1.2 X hanya kalah performa mesin daripada Nissan Juke. Soal fitur kenyamanan dan keselamatan berkendara, jagoan baru Daihatsu ini cukup lengkap dan modern sehingga tak kalah dengan Juke. 

Kamu yang memang butuh mobil untuk menunjang aktivitas harian maka bisa memilih Rocky yang kabinnya proporsional. Sementara bagi kalian yang cari mobil untuk gaya, maka Nissan Juke memberikan style eksentrik dengan opsi berkendara yang lengkap. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Juke 1.5 CVT Black Interior

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil