window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat

Yongki Sanjaya · 2 Okt, 2020 18:00

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat 01

Bagi Anda yang ada niat untuk membeli New Honda Jazz keluaran terbaru, akan disuguhi dua varian saja. yakni Standar dan RS. Masing-masing varian ada opsi transmisi manual maupun otomatis, jadi total ada 4 opsi Jazz yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  • New Jazz MT       : Rp 250,2 juta
  • New Jazz CVT     : Rp 260,5 juta
  • New Jazz RS MT : Rp 282,3 juta
  • New Jazz RS CVT: Rp 292,5 juta

Bila dilihat selisih harganya dari tiap varian mencapai Rp 32 jutaan. Cukup besar bedanya, dan membuat tipe RS dirasa kemahalan.

Nah, kalian yang ingin tampil gaya tapi tidak mau menggelontorkan uang nyaris Rp 300 juta, maka Jazz tipe standar jadi pilihan menarik. Memang secara kelengkapan masih kalah dari Jazz RS, tapi fitur esensial yang penting dari sebuah mobil tetap tersedia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Duit Rp 32 jutaan pun bisa digunakan untuk hal yang lebih berfaedah, misalnya saja memodifikasi mobil atau memasangi fitur yang tidak ada di versi standar dengan produk aftermarket yang lebih terjangkau.

Seperti apa sih kerennya Jazz tipe standar itu?

Kemampuan Bagasi Rata Lantai

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat 01

New Honda Jazz punya kelebihan pada sisi fleksibilitas. Utamanya pada pelipatan bangku belakang yang bisa sampai rata menjadi lantai. 

Kemampuan yang dinamai Honda sebagai Ultra Seat ini diketahui sebagai satu-satunya yang ada di kelasnya. Tidak usah beli yang termahal, karena fitur ini juga ada pada Jazz tipe standar.

Aksesoris Eksterior Tidak Rame dan Heboh

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat 02

Kamu yang sudah berusia lebih matang pasti ingin punya mobil dengan style agresif tapi tidak rame aksesoris. Nah, Jazz tipe standar adalah pilihan tepat karena aksorisnya lebih sedikit dan tidak seramai Jazz RS.

Eksterior Honda Jazz memang lebih sedikit aksesoris dan terkesan polos. Tampilannya pun sederhana, cocok bagi Anda yang menginginkan desain luar yang mulus atau akan dimodifikasi lagi nantinya.

Lampu depan sipit untuk menegaskan tampilan sporty Jazz bersama grille dengan konsep Intake Trapezodial-Shaped yang tak terlalu lebar. Headlamp Honda Jazz standar tetap menggunakan teknologi halogen dan sayangnya belum mendapatkan DRL.

Tampilannya depannya cukup polos tanpa ada aksen chrome seperti yang ditemukan pada grille Jazz RS. Namun untuk membantu ketika berkendara di malam hari atau cuaca buruk, semua varian sudah mendapatkan foglamp.

Spesifikasi Mesin dan Transmisi Sama Persis dengan Jazz RS

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat 03

Mesin Honda Jazz menggunakan 1.5L 4-silinder segaris 16 katup dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menghadirkan 118 daya kuda pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Mesin Jazz bisa dibilang bertenaga, terlebih karena menggunakan penggerak roda depan sehingga tidak ada tenaga yang hilang. Anda bisa memilih transmisi 5-percepatan manual dan CVT otomatis.

Transmisi manual memang lebih murah, tetapi teknologi CVT menjadi salah satu daya tarik Honda Jazz. Menggunakan teknologi Earth Dream Technology dan Honda Drive by Wire memberikan efisiensi bahan bakar, menurunkan emisi, dan meningkatkan tenaga mesin.

Karakter berkendara, terlebih pada transmisi CVT terbilang responsif. Jazz juga tidak limbung karena dimensi yang rendah. Walaupun bantingan suspensi terasa agak keras, apalagi berkendara di jalanan berlubang. Perhatikan ketika melindas lubang atau polisi tidur karena ground clearance yang rendah.

Kelemahan Tipe Standar, Fitur di Interior Tidak Lengkap

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat 04

Konsekuensi membeli tipe standar pada Honda Jazz tak lain pada kelengkapan fiturnya yang tidak sebanyak versi RS. Semuanya masih serba manual dan sederhana.

Pada varian entry level, setirnya juga masih polos tanpa tombol audio dan paddle shift. Kemudian, hanya mendapatkan tombol pengaturan AC konvensional. Perpindahan gigi ala mobil sport tidak bisa dirasakan karena tidak terdapat paddle shift. 

Sistem audio video juga tetap sama, berupa head unit layar sentuh 6.2 inci. Head unitnya sudah kompatibel dengan berbagai format, seperti radio AM/FM, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI Port, serta AUX/USB dan koneksi langsung ke smartphone.

Fitur Keselamatan Sama-sama Pelit

Cuma Ada 2 Tipe, Honda Jazz Tipe Standar Suguhi Harga Bersahabat 05

Nah, Honda Jazz 2020 termasuk pelit fitur keselamatan, baik tipe standar atau RS fiturnya nyaris sama saja. Bangku depan sudah mendapatkan dual front SRS Airbag dan seat belt pretensioner with load limiter seat.
Honda melengkapi Jazz dengan pedestrian protection dan brake override system lengkap dengan sistem pengereman ABS + EBD. 

Untuk fitur keamanan, semua varian sudah dilengkapi kunci dengan teknologi Wave Key, sistem alarm, Auto Door Lock, Immobilizer dan Smart Key untuk menjaga mobil Anda ketika sedang diparkir. Sayangnya fitur cruise control dan Brake Assist hanya bisa Anda temukan pada tipe tertinggi RS.

Kesimpulan

Ada beberapa fitur yang tak dipasang pada varian entry level Honda Jazz. Tapi tenang saja, Honda masih memberikan fitur keselamatan yang cukup lengkap untuk varian entry levelnya. Penghematan sebesar Rp 32 jutaan dirasa cukup pantas apabila melihat perbedaan fiturnya tidak signifikan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil