Cuma di India, Suzuki Bikin Mobil Pikap Konsep Terilhami dari Jimny

Nussa · 24 Des, 2021 18:00

Suzuki Gypsy

Jika melihat mobil konsep ini, lalu membayangkan Suzuki Jimny, maka jadilah Maruti Gypsy, mobil yang pernah dipasarkan oleh Suzuki di India. Mobil pikap tersebut sangat cocok untuk pasar India, karena memenuhi banyak kriteria, seperti mesin yang mumpuni, kemampuan off-road, dan dimensinya yang kompak.

Suzuki Gypsy

Namun, Gypsy sendiri sudah lama tidak dijual. Sebab, Maruti Suzuki sudah lama didiskontinu. Tapi, tidak ada yang tahu jika Maruti akan kembali lagi. Apalagi, setelah mobil konsep yang didesain oleh Mightyseed Designs ini beredar.

Konsep desain ini adalah bentuk modern dari salah satu kendaraan yang bisa dibilang yang paling ikonik yang pernah dijual di India. Desainnya memang sungguh menggoda. Mightyseed tetap membuat konsep desain Gypsy sebagai kendaraan dengan bak terbuka alias pikap.

Mobil ini memiliki bak yang besar dengan penutup yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan ekstra. Pada bagian gagang pintunya, desainnya cukup nyeleneh, karena pintunya terbuka ke samping. Tidak seperti pikap pada umumnya di mana pintunya terbuka ke bawah.

Suzuki Gypsy

Pada bagian belakang juga terlihat adanya ban serep yang digantung di pintu belakang. Selain itu, Gypsy ini juga memiliki rear skid plate dengan warna silver untuk menegaskan keberadaannya. Lampu belakangnya juga terlihat minimalis.

Jika diperhatikan lebih detail lagi, mobil ini jauh lebih halus dibandingkan Maruti Gypsy yang asli. Namun, Mightyseed tetap mempertahankan desain bodinya yang mengotak. Khususnya, pada bagian tepinya yang juga dibuat tajam.

Suzuki Gypsy

Sayangnya, Mightyseed hanya membuat konsep desain eksteriornya saja. Tidak ada penampakan pada bagian kabin atau interiornya. Tapi, bukan hal yang sulit sepertinya bagi rumah desain tersebut untuk membuat interior Gypsy jadi lebih modern, tapi tetap khas.

Selain itu, tidak disebutkan juga mesin apa yang ada di balik kapnya. Sedangkan untuk Maruti Gypsy yang asli, dibekali dengan mesin bertipe G13BB MPFI 16-valve, 4-silinder, dan berkapasitas 1.298 cc.

Mesin berbahan bakar bensin itu dapat menghasilkan tenaga hingga 81 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 103 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan.

Suzuki Gypsy

Oleh pihak Mightyseed, konsep ini adalah persembahan kepada Gypsy klasik. Konsep virtual ini juga jadi rayuan kepada pihak Suzuki agar model tersebut dihidupkan kembali secara resmi.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru