window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh!

Adit · 1 Nov, 2021 10:05

Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh! 01

Sedan murah Toyota Vios disulap jadi traktor pembajak sawah. (dok. youtube.com/bapakmustofakepalajenggot)

Toyota Vios merupakan salah satu sedan murah di Indonesia. Untuk mendongkrak penjualan, selain dijual untuk konsumen individu, mobil ini juga dijajakan pembeli fleet atau borongan untuk dijadikan taksi dalam bentuk Toyota Limo. Mengapa demikian? Karena sedan ini terkenal akan kenyamanannya dan irit bensin. 

Ditambah ketersediaan spare part yang melimpah, membuat banyak perusahaan taksi yang memilih mobil tersebut, karena skala ekonominya tercapai. Bahkan sedan eks taksi dari model Vios banyak yang mencarinya karena mesinnya juga bandel walaupun jarak tempuhnya sudah jauh.

Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh! 02

Inilah Toyota Vios yang diubah menjadi kendaraan pembajak sawah. (dok. youtube.com/bapakmustofakepalajenggot)

Baca Juga: Perbandingan Harga Honda City Sedan 2022 vs Toyota Vios 2021, Mobil Impor Lawan Lokal

Tapi apa jadinya bila sedan Toyota Vios yang harusnya mengaspal di jalan, malah disulap menjadi kendaraan traktor untuk membajak tanah di sawah. Pasti terbayang ground clearance yang rendah, sehingga bakal mudah gasruk nantinya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk menjawab itu, belakangan kembali viral pemilik akun Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot berkolaborasi dengan salah satu petani di Desa Prigi, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah membuatnya bersama. Ide awalnya tercetus ketika mendapati traktor warga rusak karena hujan. 

"Saya ingin melakukan eksperimen pada sedan, untuk melihat apakah itu (mengubah sedan jadi traktor) bisa dilakukan. Selain itu saya melihat menggunakan sedan ini (Toyota Vios) lebih murah daripada membeli traktor baru," katanya. 

Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh! 01

Roda Toyota Vios diubah menyesuaikan medan jalan yang dilalui. (dok. youtube.com/bapakmustofakepalajenggot)

Idenya juga mulia, supaya bisa menarik perhatian dan minat anak muda supaya mau berkecimpung di dunia pertanian. Apalagi pakai traktor yang beratap tertutup seperti mobil, jadinya tak perlu takut kepanasan atau kehujanan, pekerjaan membajak sawah masih bisa dilakukan. 

Modifikasi Toyota Vios Menjadi Kendaraan Bajak

Modifikasi yang dilakukan berfokus pada kaki-kaki. Pada tayangan video di Youtube-nya memperlihatkan rodanya disesuaikan untuk bisa melibas medan tanah basah. Kemudian bumper depan maupun belakang bawaan Toyota Vios dicopot supaya memperbesar sudut departure maupun approach angle. 

Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh! 02

Bumper Toyota Vios 'traktor' dicopot supaya tidak mudah gasruk. (dok. youtube.com/bapakmustofakepalajenggot)

Baca Juga: Toyota Vios Makin Tak Diminati, Penjualannya Kalah Telak dari Yaris

Untuk roda, tak lagi pakai ban berkaret. Semuanya digantikan bilah besi supaya bisa menapak di permukaan tanah atau rumput. Khusus bagian belakang, gardannya diperpanjang lagi pakai sambungan besi. Jadi roda belakangnya lebih keluar. Biar bisa membajak tanah, bagian belakangnya ditambah penggaruk. 

Namun begitu dirinya menuturkan modifikasi Toyota Vios itu masih tahap awal. Sehingga perlu penyempurnaan lagi sampai benar-benar bisa diandalkan untuk membajak sawah. Buktinya pada beberapa kesempatan, mobil bajak tersebut mudah tersangkut di rerumputan. 

Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh! 03

Masih tahap pengembangan karena masih sering nyangkut. (dok. youtube.com/bapakmustofakepalajenggot)

Tertarik untuk membuatnya? Di pasaran sedan tersebut sudah dibanderol murah. Mengacu beberapa platform jual beli mobil bekas, harganya terjangkau sekitar Rp 30 hingga 50 jutaan lansiran 2003-2006. Namun tergantung kondisi, bila untuk dijadikan traktor tentunya pilih yang mesinnya masih bandel dan kaki-kaki kuat.

Sebelum proyek Toyota Vios dijadikan traktor, Bapak Mustofa Kepala Jenggot kerap memodifikasi kendaraan yang unik dan nyeleneh. Sebelumnya ada perkawinan Yamaha Nmax dengan Honda BeAT, Toyota Limo Xpander, dan terbaru ada pikap buntung. 

Baca Juga: Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil