window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama

Yongki Sanjaya · 11 Jan, 2022 15:00

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama 01

Harga mobil baru setiap tahun terus naik, namun kebutuhan akan kendaraan roda empat juga terus meningkat. Salah satu solusinya ialah dengan membeli mobil bekas yang sudah agak berumur. Contohnya saja Daihatsu Ceria yang dijual dengan kisaran harga setara Honda PCX baru.

Rata-rata, harga bekas Daihatsu Ceria berkisar di harga Rp25-40 juta. Artinya, dengan budget di bawah Rp40 juta kita bisa memiliki mobil mungil tersebut. Meskipun kurang terkenal di Indonesia, namun Daihatsu Ceria ternyata laris manis di Malaysia.

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Ceria terlebih dulu dijual di Malaysia dengan nama Perodua Kancil. Mobil tersebut pertama kali dijual di Negeri Jiran pada 1994, dan terus dijual hingga 2009. PT Astra Daihatsu Motor pun mulai memasarkan mobil tersebut di Indonesia pada 2001. Sayangnya, masa kejayaan Daihatsu Ceria di Indonesia tidaklah lama, karena pada 2006, mobil ini resmi tidak diproduksi lagi. 

Lantas apa menariknya sih mobil mungil seharga motor metik tersebut? Apakah masih oke untuk tahun 2022 ini? Yuk kita ulas lebih mendalam. 

Harga Daihatsu Ceria Bekas Sudah Murah dan Perawatan Mudah

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama 01

Meskipun populasinya tak begitu banyak tapi Ceria ini bukan berarti produk yang rumit dari sisi perawatan. Kapasitas mesin yang dimilikinya memang kecil hanya 850 cc dan masih menggunakan karburator. Daihatsu Ceria menggunakan mesin dan basis sasis yang serupa dengan Daihatsu Charade. 

Apakah bisa saling substitusi komponen dengan model lain sesama Daihatsu atau merek lain? Tentu saja bisa karena ada kesamaan part. Berikut ini persamaan spare-part untuk Daihatsu Ceria:

  • Shockbreaker belakang sama dengan milik Suzuki Carry
  • Shock depan sama dengan milik Suzuki Forsa.
  • Regulator power window sama dengan punya Toyota Corolla.
  • Karet boot As roda sama dengan milik Corolla.
  • Dinamo Fan radiator sama dengan milik Xenia/Suzuki Karimun.
  • Drive shaft/as roda sama dengan punya Daihatsu Charade. 

Mesin Imut Tapi Punya Potensi Performa yang Luar Biasa

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama 02

Mesin Daihatsu Ceria tergolong jadul dibanding mobil lain yang sejenis. Mobil ini masih memakai mesin berkapasitas 850 cc dengan 3 silinder segaris, ED-10, 6 katup, dan SOHC. Mesin itu bisa bikin Daihatsu Ceria menghasilkan tenaga maksimum sebesar 35 Hp/5.500 rpm, serta torsi maksimum sebesar 63 Nm/3.200 rpm. 

Walau kapasitasnya cuma 850 cc dengan 3 silinder tapi potensi performa yang dihasilkan lumayan oke karena memiliki power to weight ratio yang bagus. Wajar saja, mobilnya mungil sehingga bobotnya lumayan enteng. Walaupun terkesan kecil tenaga segitu bisa membawa mobil Ceria ini berlari hingga 140 km/jam. 

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama 03

Ini karena Daihatsu Ceria punya bobot yang ringan, yaitu 1.040 kg.  Bagi kebanyakan orang ukuran mungil ini justru menjadi daya tarik utama mobil city car yang keluar pada awal tahun 2000 lalu ini. Memiliki panjang hanya 3,36 meter dan lebar 1,4 meter mungkin membuatnya sebagai mobil terkecil yang pernah resmi dijual umum di Indonesia.

Untuk mobil seberat itu, biasanya saat dipacu hingga kecepatan 135-140 km/jam bisa bikin mobilnya melayang saat dikendarai. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Daihatsu Ceria. Sebab, Daihatsu Ceria tergolong kuat, sehingga tidak akan melayang walaupun dikendarai dengan kecepatan segitu kencang. 

Dengan kecepatan yang begitu tinggi tersebut, tidak salah jika Daihatsu membekali perangkat rem depan dengan rem cakram sedangkan rem belakang masih menggunakan tipe tromol. 

Fitur Cukup Lengkap Untuk Ukuran Motuba 

Cuma Seharga Honda PCX Baru, Daihatsu Ceria Bekas Cocok Sebagai Mobil Pertama 04

Dengan usia yang sudah hampir 20 tahun, Daihatsu Ceria ini punya fitur yang cukup lengkap dan modern saat itu. Daihatsu ceria sudah dilengkapi dengan AC, power window pada kaca pintu depan, wiper belakang, central lock, tuas pembuka penututup bensin dari sisi supir, radio tape dan lampu high mounted stop lamp. Fitur tadi sudah sangat cukup untuk penggunaan mobil sehari-hari.

Karena bentuknya yang mungil, kapasitas interior mobil ini pun jadi terbatas. Hanya lima penumpang saja yang bisa memasuki mobil ini. Walau mini, ruangan mobil ini cukup nyaman, sehingga siapa pun bakal betah berkendara berlama-lama.

Kesimpulan

Dimensi body yang mungil bisa jadi kelebihan sekaligus kekurangan utamanya. Namun bagi anda yang sedang mencari mobil pertama, menurut kami Daihatsu Ceria sangat pas untuk dijadikan pilihan. Mobil ini sudah memenuhi syarat dasar fungsionalitas dan kehematan bahan bakar untuk digunakan harian,

Kalau tidak mengejar gengsi, Daihatsu Ceria ini bisa memberi keceriaan dalam mobilitas. Mobilnya bisa kita manfaatkan untuk kendaraan antar anak sekolah sekalian pergi ke kantor atau belanja ke supermarket. Lumayan kan, nggak kepanasan dan kehujanan?! 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil