Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza

Yongki Sanjaya · 22 Jul, 2021 17:00

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 01

Angka penjualan wholesales bulan Juni 2021 telah dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Penjualan mobil secara wholesales khusus pada Juni 2021 lalu mencapai 72.720 unit. Dari data yang ada, terkuak fakta kalau Toyota Avanza berhasil jadi model terlaris sepanjang semester I 2021. 

Sebagaimana diketahui, realisasi penjualan mobil selama Januari-Juni 2021 tumbuh 50,79 persen dibandingkan pencapaian di periode sama tahun lalu, atau dari 260.932 unit menjadi 393.469 unit. 

Meningkatnya permintaan mobil baru ini tak lepas dari adanya diskon PPnBM hingga 100%. Demi mempercepat proses pemulihan ekonomi, pemerintah pun memperpanjang kebijakan diskon PPnBM 0 persen ini hingga akhir tahun. Kebijakan ini juga berlaku bagi kendaraan 2.500 cc 4x2. 

Dari data yang ada, Toyota Avanza berhasil memuncaki daftar low MPV terlaris selama enam bulan pertama tahun ini. Posisi berikutnya diikuti oleh Mitsubishi Xpander yang berhasil melampaui Ertiga atau Xenia. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar low MPV terlaris di Indonesia sepanjang semester I 2021:

Toyota Avanza

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 02

Sosok andalan Toyota ini berhasil menduduki posisi teratas dengan penjualan keseluruhan sebesar 26.590 unit. Walaupun fiturnya tak selengkap Xpander, ada satu hal yang membuat Avanza senantiasa diminati yaitu penggerak RWD. 

Masyarakat Indonesia begitu mengandalkan RWD karena sudah terbukti tangguh di medan gravel atau jalan tanah di kota-kota kecil. Avanza masih diandalkan sebagai kendaraan di luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, atau Sulawesi. 

Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. 

Penggerak belakang lebih mampu melewati jalan tanah, dan ini tak lagi dimiliki kebanyakan low MPV. Hanya Avanza dan Daihatsu Xenia yang masih mengandalkannya. 

Mitsubishi Xpander

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 03

Tak butuh waktu lama bagi Mitsubishi Xpander untuk menjadi mobil favorit di negara ini. Meluncur pada 2017 lalu, Mitsubishi Xpander tahun ini berhasil duduk di posisi kedua dengan penjualan sebesar 22.170 unit.

Salah satu kunci kesukesan Mitsubishi Xpander adalah menyajikan desain yang modern serta opsi fitur yang lebih menarik dibanding rival terdekatnya, Toyota Avanza. Hadir memakai FWD, Mitsubishi coba menghadirkan Xpander sebagai MPV rasa SUV dengan postur yang tinggi dan gagah. 

Keluhan dari pengguna mobil RWD seringkali berupa kabin yang kurang lega. Sebab, pada lantainya tedapat gundukan untuk memasang as kopel yang menggerakkan roda belakang. 

Ini menjadikan Xpander ruang baris  ketiganya lebih baik daripada Toyota Avanza. Sebab, dek atau lantainya jadi agak rendah tidak terganjal gardan belakang.

Suzuki Ertiga

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 04

Pads posisi ketiga low MPV terlaris diduduki oleh Suzuki Ertiga. Tak disangka kalau produk besutan Suzuki ini berhasil melampaui Daihatsu Xenia yang pakai RWD. Ertiga selama enam bulan berhasil terdistribusi sebanyak 6.468 unit. 

Suzuki Ertiga memiliki kelebihan dari sisi kenyamanan dan kemewahan interiornya. Kabin Ertiga benar-benar terasa cukup kedap, sehingga suara bising dari luar hanya sedikit yang masuk ke dalam.

Interior Ertiga juga sangat nyaman berkat penggunaan jok berbahan fabric dan juga ac double blower yang mampu menghembuskan angin ke baris kedua dan ketiga. 

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 05

Tidak cuma nyaman, Ertiga berusaha tampil mewah dengan wood panel atau panel kayu biasanya hanya tersedia di mobil mahal saja. Panel kayu tersebar di beberapa bagian mulai dari dashboard, dan trim pintu. Setir juga dibalut dengan aksen kayu untuk model tertinggi. 

Dashboard mewah ini menjadi rumah dari head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang hadir dengan remote, di bawahnya terdapat pengontrol AC digital dengan fitur Auto-Climate dan heater untuk varian GX.

Daihatsu Xenia

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 06

Hadir sebagai kembaran Toyota Avanza, tak membuat Xenia menjadi 3 besar mobil terlaris. Posisinya tergusur oleh Ertiga karena penjualan Xenia sepanjang semester I 2021 hanya 5.143 unit. Namun demikian, Xenia ini tidak bisa dianggap enteng karena jadi opsi terjangkau dari Avanza. 

Bila melihat ragam pilihan tipe dan opsi fitur yang tersedia maka Xenia ini tak kalah menarik dan pastinya lebih murah. Sebagai contoh, Xenia 1.5 R Deluxe dilengkapi opsi transmisi otomatis 4-percepatan yang tidak dipunyai Avanza 1.5. 

Soal fitur keselamatan, Xenia tipe 1.5 R Deluxe sudah dilengkapi anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD) dan juga dilengkapi sensor parkir depan dan belakang. 

Wuling Confero S

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 07

Kuda hitam asal negeri Tiongkok ini berhasil masuk posisi kelima daftar Low MPV terlaris semester 1 2021 dengan angka 4.603 unit. Harga murah, fitur lengkap di kelas low MPV jadi senjata Wuling Confero melawan dominasi merek Jepang. 

MPV ini mendapatkan rear parking camera, head unit 8” touchscreen, audio control & answering call button, electric adjustable foldable mirror, dan driver seat height adjuster.

New Confero S juga dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan yang terdiri dari Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), dual SRS airbag, front and rear parking sensor, sistem pengereman ABS & EBD, seatbelt indicator, immobilizer, ISOFIX, hingga anti-theft alarm.

Honda Mobilio

Daftar Low MPV 7-Seater Terlaris Semester I 2021, Mitsubishi Xpander Sulit Kalahkan Toyota Avanza 08

MPV andalan Honda ini harus puas posisinya di belakang Wuling Confero dengan penjualan sebesar 3.352 unit selama enam bulan ini. Harga yang cukup mahal dengan fitur tak selengkap low MPV lain membuat Honda Mobilio kalah pamor. Selain itu, Mobilio juga belum mendapat major facelift sehingga membuatnya terlihat sedikit tua. 

Mobilio mendapatkan facelift pada 21 Februari 2019 silam. Padahal kalau dilihat dari sisi penampilan dan fiturnya, Mobilio ini cukup oke lho. HPM sangat fokus melakukan update besar-besaran pada Mobilio tipe E ke bawah yang menjadi konsumen utamanya. 

Sekarang Honda Mobilio tipe E sudah memiliki lampu proyektor halogen. Tidak ketinggalan desain pelek baru, dan head unit 6,2 inci yang lebih kaya fitur. Pada Honda Mobilio terdapat fitur Hill Start Assist.

Urusan performa juga Mobilio ini paling unggul, karena mesin 1.500 yang digunakannya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 118 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Bahkan Mobilio tercatat sebagai satu-satunya LMPV yang menggunakan CVT. 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru