window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan!

Adit · 7 Okt, 2021 09:00

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 01

Ilustrasi mobil baru yang meluncur pada akhir tahun 2021.

Tahun 2021 belum usai. Begitu pun dengan peluncuran ragam mobil baru. Tak sedikit pabrikan otomotif yang memiliki rencana untuk merilis berbagai kendaraan anyar hingga penghujung tahun ini. 

Beberapa sudah bisa ditebak. Sebab perwakilan perusahaan dalam berbagai kesempatan telah mengatakan akan meluncurkan mobil baru paling lambat pada akhir 2021. Sejumlah selentingan kabar juga kian merebak di jagat maya. 

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 02

Pameran GIIAS.

Baca Juga: Isuzu MU-X Facelift 2022 Tetap Meluncur Akhir Tahun di Indonesia, Fiturnya Bikin Fortuner Minder

Besar kemungkinan mobil baru tersebut akan dibuka selubungnya pertama kali pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) musim 2021 yang diselenggarakan pada 11-21 November 2021 mendatang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kemudian pabrikan juga menantikan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) berbasis emisi resmi diterapkan pada 16 Oktober 2021. Sehingga pada awal Oktober ini tak ada mobil baru yang diluncurkan. 

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 01

Suasana pameran otomotif GIIAS 2015.

Bila benar terealisasi, ajang GIIAS 2021 bakal menyuguhkan berbagai inovasi terkini dunia otomotif. Ini juga jadi kabar yang baik bagi masyarakat, khususnya yang tengah merencanakan pembelian mobil baru. Jadi bisa menentukan pilihan mana yang sesuai kebutuhan dan preferensi. Berikut ini terkaan model baru yang dimaksud. 

1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 

Kabar yang beredar di media sosial menyebutkan Toyota Avanza akan meluncur pada akhir 2021 dan menjadi model 2022. Strategi ini bisa jadi seperti yang dilancarkan Toyota dalam merilis Rush generasi kedua pada akhir 2017 lalu. Pengenalan dulu, pengumuman harga resminya dilakukan awal 2018. 

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 02

Gambar terkaan Toyota Avanza 2022.

Bukan cuma Toyota Avanza 2022 saja yang sebenarnya patut ditunggu. Saudara kembarnya, Daihatsu Xenia 2022 juga patut dinantikan karena baik Avanza dan Xenia merupakan produk yang sama-sama dibuat oleh pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM). 

Bocoran yang beredar mengatakan keduanya bakal berubah total dari segi tampilan, mesin, rancang bangun, serta kelengkapan fitur. Dari mesin akan pakai dapur pacu baru, transmisi matic berupa CVT, sistem penggerak roda depan (FWD), sampai disematkannya fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS). 

Baca Juga: Begini Render Tampilan Toyota Avanza 2022, Semakin Mirip SUV

2. Isuzu MU-X 2022

Model lain yang menarik ditunggu-tunggu adalah all new Isuzu MU-X 2022. General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril menjelaskan pabrikan mengupayakan meluncur pada tahun ini.

"Kami sedang menyiapkan harga yang tepat. Secara harga, kompetitor (Toyota Fortuner, red.) mendapat benefit diskon PPnBM, jadi perlu dihitung ulang harga dan sebagainya," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 03

All New Isuzu MU-X 2022.

Penerapan PPnBM berbasis emisi juga menjadi biangnya. Sebab harga SUV bisa jadi lebih rendah, karena pengenaan pajak tak lagi berdasarkan sistem penggerak, kubikasi mesin, serta golongan sedan atau non sedan. 

Mengenai bocoran Isuzu MU-X 2022, modelnya akan serupa seperti produk yang ada di Thailand dan Filipina. Kemudian lanjut fitur, akan menggunakan peranti kamera pintar dan radar, sehingga memungkinkan berbagai fitur keselamatan aktif bisa bekerja di mobil baru itu. Bahkan tampaknya, kehadiran generasi baru MU-X ini bisa bikin Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport minder. 

3. Mobil Baru Honda 2022

Terakhir adalah mobil baru Honda yang sampai saat ini masih menjadi teka-teki. Bila ingat, pada peluncuran Honda BR-V 2022 lalu, Honda Prospect Motor (HPM) sempat memperlihatkan wujud mobil baru Honda yang masih tertutup selubung merah. 

Potensi besarnya dalam wujud SUV kompak, karena memiliki roof rail khas crossover, serta dimensi yang tidak begitu panjang. Apakah Honda ZR-V sebagai penantang Toyota Raize dkk? Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, Yusak Billy belum mau buka suara. "Tunggu excitement kami selanjutnya."

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 04

Mobil baru Honda yang akan meluncur dalam waktu dekat.

Apabila boleh berspekulasi, Honda terlebih dulu merilisnya dalam bentuk konsep. Kemudian model produk massalnya menyusul di kesempatan lain. Ya, strategi yang sama seperti saat mengembangkan Honda BR-V dan Honda Brio generasi kedua, mobil purwarupanya dulu, baru model aslinya keluar. 

Media Jepang Best Car Web juga sempat melaporkan bahwa akan ada sosok SUV baru dari Honda yang akan diposisikan di bawah Honda HR-V. Jantung mekansinya menggunakan mesin 1.000 cc turbo bertenaga 129 PS, kemudian mesin 1.500 hybrid dengan 2 motor listrik. Honda ikut melahirkan SUV kompak ini, antara lain lantaran penjualan Raize di Jepang terbilang sukses.

Daftar Mobil Baru yang Akan Meluncur Akhir Tahun 2021, Siap-Siap Bongkar Tabungan! 05

Honda Civic 2022 tengah dipersiapkan masuk Indonesia.

Namun selain model tersebut, ada juga Honda Civic 2022. Terbaru HPM tengah membuat materi iklan mobil tersebut. Apakah ini pertanda mobil tersebut juga akan dirilis pada waktu yang bersamaan? Upaya merilis sedan Civic terbaru bagi Honda boleh dibilang sebagai atensi atas kebijakan PPnBM berbasis emisi. 

Jadi mana yang paling layak dinantikan kehadirannya? Kemungkinan lagi di luar Toyota-Daihatsu, Isuzu, dan Honda ada mobil baru lain yang meluncur. Misalnya Mitsubishi yang sudah terendus bakal merilis Eclipse Cross facelift, Suzuki S-Presso, Honda HR-V RS, hingga Honda City Hatchback anyar.

Baca Juga: Honda Siapkan Mobil Baru 'Honda ZR-V', Siap Hadang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil