Daftar MPV 7 Penumpang Terlaris di Indonesia 2021, Enam Bulan Pertama Xpander Trus Kuntit Avanza

Prasetyo · 14 Jul, 2021 12:30

MPV 7 Penumpang Terlaris di Indonesia 2021

Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) 7 penumpang masih menjadi favorit bagi konsumen di Indonesia. Ini terbukti dari hampir semua jenis MPV laris manis dan tak pernah sepi peminat. Mulai dari di kelas LCGC, sampai yang premium, konsumennya tetap ada.

Namun tentu saja diantara belasan model MPV keluarga itu, ada yang jadi MPV 7 penumpang terlaris di Indonesia. Tetapi tidak bisa dipungkiri, nama-nama besar seperti Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova adalah yang mendominasi.

Nah kalau penasaran apa saja sih MPV 7 penumpang terlaris di Indonesia periode Januari-Juni 2021, berikut ini akan kami jabarkan urutan 5 besarnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Penjualan MPV 7 Seater Tertinggi Januari-Juni 2021
Toyota Avanza 26.590 unit
Mitsubishi xpander 22.170 unit
Toyota Kijang Innova 21.687 unit
Daihatsu Sigra 17.455 unit
Toyota Calya 17.359 unit
Suzuki Ertiga 6.468 unit
Daihatsu Gran Max Minibus 6.083 unit
Daihatsu Xenia 5.143 unit
Wuling Confero 4.603 unit
Honda Mobilio 3.352 unit

Baca juga : Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Akan Dapatkan 6 Airbag dan AEB Untuk Sikat Mitsubishi Xpander!

1. Toyota Avanza

MPV 7 Penumpang Terlaris di Indonesia 2021 -1

Avanza masih belum tergoyahkan

Rasanya tidak bisa disanggah lagi kalau Avanza tetap memegang predikat sebagai mobil keluarga paling diminati di Indonesia. Sempat hadir dengan tagline "Cuma Avanza yang Bisa", rasanya memang hanya Toyota Avanza yang mampu mempertahankan posisinya sebagai MPV paling laris di Indonesia dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data GAIKINDO, pengiriman Toyota Avanza ke dealer (wholesales) pada Juni 2021 sebanyak 4.450 unit. Sementara total yang sudah didistribusikan dalam enam bulan pertama tahun ini adalah 26.590 unit. Angka ini terbanyak dibanding penjualan MPV 7 penumpang lainnya.

2. Mitsubishi Xpander

MPV 7 Penumpang Terlaris di Indonesia 2021 -2

Xpander langsung masuk ke jajaran 5 besar

Apa yang dilakukan Mitsubishi dengan mengeluarkan Xpander sejak 2017 memang terbukti mampu mengguncang pasar otomotif Nasional. Bagaimana tidak, tak butuh waktu lama bagi Mitsubishi Xpander untuk menjadi mobil favorit di negara ini.

Beberapa kali Xpander sukses menyalip Toyota Avanza sebagai MPV terlaris di Indonesia. Bahkan sempat pula melalui Xpander, Mitsubishi memegang tahta mobil paling laris di Indonesia selama periode satu bulan. Adapun total wholesales Xpander periode Januari-Juni tahun ini adalah 22.170 unit atau terpaut 4.420 unit dibanding Avanza.

3. Toyota Kijang Innova

MPV 7 Penumpang Terlaris di Indonesia 2021 -3

Walau harganya terus naik, Innova masih menarik

Nama besar Toyota Kijang pada Innova membuat mobil ini selalu menempati daftar lima besar MPV 7 penumpang terlaris di Indonesia. Bahkan hal tersebut terjadi hampir disetiap tahunnya. Harga yang terus terkerek juga terbukti tak membendung antusiasme konsumen untuk membeli mobil berkapasitas tujuh penumpang itu.

Dari data GAIKONDO, per Juni 2021, 4.117 unit Toyota Kijang Innova didistribusikan ke dealer yang siap untuk dipinang konsumennya. Sehingga total penjualan mobil ini dalam enam bulan pertama 2021 adalah 21.687 unit.

Baca juga : Alasan Tepat Kenapa Mesin Bensin Toyota Kijang Innova Reborn Layak Dipilih Dibandingkan Varian Diesel

4. Daihatsu Sigra

MPV 7 penumpang terlaris di Indonesia 2021 -4

MPV 7 penumpang paling murah di Indonesia

Dikategorikan sebagai MPV termurah di Indonesia, tak ayal membuat Daihatsu Sigra banyak jadi pilihan mereka yang mencari mobil keluarga berharga terjangkau. Bahkan dibanding kembarannya, Toyota Calya, Sigra sedikit lebih banyak dalam catatan penjualan.

Ini terlihat dari catatan penjualan Sigra bulan lalu, dimana Daihatsu mendistribusikan 2.332 unit. Sementara total penjualan Daihatsu Sigra di semester pertama tahun ini sudah mencapai 17.455 unit.

5. Toyota Calya

MPV 7 Penumpang Terlaris di Indonesia 2021 -5

Calya masih kalah laris dibanding Sigra

Membuntuti Daihatsu Sigra, daftar MPV terlaris di negara ini adalah kembarannya sendiri yaitu Toyota Calya. LCGC tujuh penumpang itu tetap dipilih oleh mereka yang butuh mobil keluarga dengan fitur cukup lengkap namun harganya masih terjangkau untuk hampir semua kalangan.

Dibanding Sigra, penjualan Calya memang sedikit lebih rendah. Misalnya di bulan Juni, hanya 2.082 unit Calya yang didistribusikan ke dealer. Sementara total penjualannya di semester pertama sebanyak 17.359 unit.

Itu tadi lima mobil MPV paling laris yang ada di Indonesia. Tentunya selain itu ada juga model lainnya yang juga cukup diminati. Seperti Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Honda Mobilio, dan Daihatsu Gran Max Minibus.

Baca juga : Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2021 : Brio Kembali Rebut Mahkota, Xpander Terlempar dari 10 Besar

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru