Daihatsu Ayla X 2023 Jadi Pilihan Menarik, Intip Spesifikasi dan Fiturnya Sebelum Membeli
Enda · 14 Mar, 2023 17:30
0
0
Generasi kedua Daihatsu Ayla secara resmi diluncurkan di Tanah Air melalui perhelatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Untuk harganya, Ayla terbaru dibandrol mulai dari Rp134 juta sampai dengan Rp189,9 juta OTR Jakarta. Sebagai varian tengah, tak sedikit calon konsumen memilih Daihatsu Ayla X 2023 sebagai mobil idaman.
Tidak seperti saudara kembarnya yang meningkatkan status kendaraan menjadi small hatchback untuk Agya GR Sport, semua varian Daihatsu Ayla 2023 masih menempati segmen LCGC. Jika kalian kepincut dengan Ayla X terbaru, ada baiknya simak spesifikasi dan fitur mobil ini melalui ulasan berikut.
Daihatsu Ayla X 2023 Gunakan Bohlamp Halogen
Varian X ADS Daihatsu Ayla 2023
Varian X Daihatsu Ayla 2023 ditawarkan dalam empat varian, yakni; X MT, X MT ADS, X CVT dan X CVT ADS. Sebagai pembeda, antara tipe X biasa dengan X ADS hanya di aksesoris.
Secara general, untuk tipe X masih menggunakan bohlamp halogen biasa pada sistem pencahayaan utama. Di bumper, untuk varian non ADS tidak dilengkapi DRL LED, sedangkan X ADS memperoleh tambahan lampu tersebut dengan housing yang dicat warna hitam. Selain itu, model ADS untuk bumper juga dibuat lebih add on dengan adanya tambahan aksen menyerupai body kit.
Tampilan belakang Daihatsu Ayla X ADS
Untuk bagian samping, versi ADS dilengkapi decal pada pintu. Sedangkan untuk lingkar roda keduanya sama-sama menggunakan velg alloy 14 inci yang dicat menggunakan warna gun metal. Bergeser ke belakang, Daihatsu Ayla X sudah mendapatkan rear wiper. Meski begitu mobil ini tidak dilengkapi spoiler. Oh iya, untuk varian ADS pada stoplampnya mendapat tambahan aksesoris berupa reflekftor di pintu bagasi.
Pengaturan AC Daihatsu Ayla X 2023 Gunakan Model Lawas
Tombol pengaturan AC Daihatsu Ayla X 2023
Sebagai tipe tengah, untuk pengaturan AC Daihatsu Ayla X masih menggunakan model lawas knob putar yang hanya dapat mengendalikan putaran blower serta suhu. Untuk sistem hiburan, mobil ini belum menggunakan layar sentuh. Meski begitu pada model ADS head unitnya sedikit lebih modern.
Di bagian pengemudi, untuk panel instrumentya dilengkapi tachomer dan layar MID dengan tampian negatif. Untuk setirnya, mobil ini terlihat polos tanpa adanya tombol pengaturan yang terhubung secara langsung dengan sistem hiburan maupun pusat informasi kendaraan.
Interior Varian X Daihatsu Ayla 2023
Guna memberikan kemudahan dalam akomodasi barang bawaan, tepat di depan tuas transmisi terdapat dua buah cup holder. Bukan cuma itu, di setiap pintu juga sudah dilengkapi kompartemen serupa untuk memudahkan penggunanya ketika hendak menaruh tempat minum maupun benda kecil lainnya.
Headrest Daihatsu Ayla X 2023 tidak dilengkapi fitur high adjuster
Oh iya, untuk pengaturan spion tipe ini sudah dilengkapi fitur berupa electric mirror meski belum retractable. Selain itu keempat jendelanya juga mendapatkan power window. Sebagai informasi, semua joknya tidak dilengkapi headrest dengan pengaturan fleksibel. Dengan begitu penumpang maupun pengemudi tidak bisa menyetel sandaran kepala menyesuaikan kebutuhan.
Transmisi D-CVT Mendapat Fitur Keselamatan Lengkap
Transmisi D-CVT Daihatsu Ayla X 2023
Daihatsu Ayla X dengan transmisi CVT mendapatkan fitur keselamatan lebih lengkap. Seperti yang bisa dilihat untuk sistem pengeremannya berhasil dipadukan dengan ABS dan EBD. Tak hanya itu, model ini juga turut disematkan HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu, serta VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama kendraan berjalan. Sebagai bentuk perlindungan dan keamanan berkendara, semua Ayla X mendapatkan dual SRS airbags dan kunci dengan alarm system.
Daihatsu Ayla X 2023 Gunakan Mesin 1.000 Cc dengan Teknologi Baru
Mesin 1KR-VE di tipe X
Semua tipe X dibekali mesin 998 cc 3-silinder segaris dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i. Mesin yang digunakan menggantikan model sebelumnya 1KR-DE yang belum menggendong teknologi VVT-i.
Di atas kertas, jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Untuk tranmisi manual, mobil ini memiliki 5 tingkat percepatan, sedangkan maticnya menggunakan teknologi D-CVT. Transmisi D-CVT yang diaplikasikan sanggup menghasilkan akselerasi berkendara secara lebih halus, dan memperoleh bahan bakar lebih efisien.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.