window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Banyak Daftarkan Desain Paten Mobil Baru di Indonesia, Mau Meluncur Tahun Ini?

Herdi · 18 Jan, 2023 18:09

Daihatsu Banyak Daftarkan Desain Paten Mobil Baru di Indonesia, Mau Meluncur Tahun Ini? 01

Pada akhir tahun 2022 mobil baru Daihatsu kepergok telah didaftarkan. Ada mobil kecil mirip Kei Car di Jepang, sampai model sedan yang desainnya telah disahkan oleh pihak Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Ya, meski hanya sketsa dengan garis hitam putih, banyak yang menyebutkan bahwa mobil mirip Kei Car tersebut adalah Daihatsu Move Canbus dan juga Daihatsu Tanto. Sedangkan untuk desain mobil sedan, digadang-gadang merupakan kembaran Toyota Vios.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung?

Mobil Daihatsu Move Canbus

Daihatsu Move Canbus

Hal inilah yang membuat kami juga penasaran, apakah mobil-mobil yang desainnya sudah dipatenkan di DJKI tersebut benar adanya akan segera dipasarkan di Indonesia?

Menanggapi hal tersebut Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani menyatakan, bahwa desain yang didaftarkan belum tentu akan diluncurkan apalagi dipasarkan. 

Mobil Daihatsu Tanto

Mobil Daihatsu Tanto 

"Kalau itu (rencana dibawa ke Indonesia?) saya nyatakan tidak. Daripada nanti saya katakan belum, itu tidak," ungkap Agung saat acara Daihatsu Media Gathering di Jakarta, Selasa (17/1/2022).

Kata Agung, pendaftaran untuk pencatatan desain paten sebuah mobil, merupakan hal biasa dan rutin dilakukan setiap tahun oleh semua prinsipal otomotif di setiap negara. "Begitu dia punya desain, disetiap negara mencatatkan untuk hak intelektual. Dari dulu memang begitu, cuma didaftarkan, belum bisa informasi sekarang," ucap Agung.

Baca juga: Kurang Populer di Dalam Negeri, SUV Daihatsu Laris Manis di Pasar Ekspor

Desain Mobil Baru Daihatsu yang Didaftarkan ke DJKI

Mobil sedan Daihatsu

Mobil sedan Daihatsu

Diketahui, pada November 2022, Daihatsu mendaftarkan sebuah desain mobil yang mirip dengan model Kei Car dan digadang-gadang mobil tersebut adalah Daihatsu Move Canbus. Mobil ini tercatat di Berita Resmi Desain Industri No.36/DI/2022 yang dirilis DJKI Kementerian Hukum dan HAM. 

Tak lama Daihatsu kembali menghadirkan desain mobil kei car, yang mirip Daihatsu Tanto di Berita Resmi Desain Industri No.43/DI/2022 yang dirilis DJKI Kementerian Hukum dan HAM.

Ilustrasi Daihatsu Move Canbus

Paten desain Daihatsu Move Canbus

Kabar tersebut diinformasikan dengan beredarnya desain paten dari Berita Resmi Desain Industri No.43/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Selanjutnya Daihatsu kembali mendaftarkan desain paten untuk mobil sedan, dan juga tercatat dalam Berita Resmi Desain Industri No.44/DI/2022 DJKI Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: 10 Merek Mobil Made in Indonesia yang Laris di Luar Negeri, Daihatsu Sumbang Paling Banyak 

Ilustrasi Daihatsu Tanto

Paten desain Daihatsu Tanto

Diketahui Move Canbus yang memiliki bentuk kompak sudah ada sejak tahun 2016. Mobil ini jadi salah satu jenis Kei Car Daihatsu yang cukup populer di Negeri Sakura. Sedangkan Daihatsu Tanto sendiri pernah dibawa ke Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Sedangkan untuk jenis sedan, disebut-sebut itu merupakan wujud sedan entry level, yang sekilas memiliki fascia mirip Toyota Vios terbaru dan sudah menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Ilustrasi desain sedan Daihatsu

Paten desain sedan Daihatsu 

Setidaknya, kedua desain peten mobil yang tercatat memperlihatkan lima gambar dari berbagai sudut berbeda. Kedua desain paten tersebut didaftarkan atas nama Daihatsu Motor Co.,LTD, yang beralamat di 1-1 Daihatsu-Cho, Ikeda-Shi, Osaka 563-8651.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Hi Max STD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil