window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung?

Herdi · 18 Jan, 2023 14:05

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung? 01

Daihatsu Indonesia belum berniat menghadirkan Daihatsu Ayla EV untuk jadi mobil produksi massal di tahun ini. Padahal jenis kendaraan elektrifikasi atau Electric Vehicle (EV) seperti mobil listrik dan hybrid di tahun 2023 dipastikan akan semakin bertambah.

Hal tersebut dipastikan langsung oleh Marketing Director and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani saat dicecar terkait rencana kendaraan elektrifikasi Daihatsu di 2023. 

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung? 02

Tampil dalam bentuk konsep di GIIAS 2022

"Belum ada. Tidak ada kendaraan elektrifikasi seperti mobil listrik," tegas Agung saat acara Daihatsu Media Gathering di Jakarta, Selasa (17/1/2022). 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Kurang Populer di Dalam Negeri, SUV Daihatsu Laris Manis di Pasar Ekspor

Alasan Daihatsu Ayla EV Belum Direncanakan Produksi

Agung mengatakan, bahwa untuk memasarkan mobil listrik dan hybrid saat ini Daihatsu masih terus dalam tahap studi. Selain itu, perusahaan asal Jepang tersebut masih melihat apakah kendaraan elektifikasi saat ini sudah jadi basic demand atau trendsetter demand. 

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung? 01

Berbasis Daihatsu Ayla

"Saat ini karena pure market (kendaraan elektrifikasi) itu terjadi di Q4 2022, itu tidak ada first buyer disana, kita belum analisa lebih panjang, jadi masih dalam studi. Karena Q4 itu naik, datangnya dari second buyer," ujar Agung.

Singkat kata, Daihatsu belum mau memasarkan kendaraan elektrifikasi seperti yang banyak dipasarkan sejumlah brand lain, yaitu baik jenis mobil listrik maupun hybrid. Karena permintaannya datang dari konsumen yang ingin menambah mobil kedua, ketiga atau keempat. Lain halnya dengan tujuan Daihatsu, dimana setiap mobil yang dipasarkan sengaja diperuntukan bagi konsumen yang ingin punya mobil pertama.

"Jadi kita mengatakan ini belum basic demand, kalau basic demand, orang ingin pakai mobil ini pada saat itu. Tapi untuk mobil penggantinya itu second buyer. Kita masih mengkaji itu," tutur Agung.

Baca juga: 10 Merek Mobil Made in Indonesia yang Laris di Luar Negeri, Daihatsu Sumbang Paling Banyak 

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung? 02

Tampilan interiornya

Sementara itu, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, meski pernah memajang Daihatsu Ayla EV, namun ketika dilakukan survei, mereka hanya sekadar ingin, namun belum mau membeli.

"Jadi kalau dibilang demand meningkat sekarang iya, karena artinya keinginan orang untuk memiliki EV ataupun hybrid itu meningkat. Tetapi kendalanya adalah harga jual yang sangat tinggi karena baterainya masih mahal," ucap Hendrayadi.

Kendaraan Elektrifikasi Masih Dipersiapkan Daihatsu

Seperti diketahui, bicara soal mobil listrik Daihatsu pernah memanjang mobil konsep Ayla EV tepat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung? 03

Dianggap permintaannya belum tinggi

Hanya saja, kata Agung, kehadiran Ayla EV tahun lalu bukan berarti mobil tersebut akan langsung diproduksi di Research and Development (RnD) atau  Pusat Penelitian dan Pengembangan  Daihatsu Indonesia, di Karawang, Jawa Barat. 

"RnD itu disiapkan untuk salah satu bagiannya adalah engineering. Di Engineering ini yang sebenarnya kita siapkan untuk EV. Jadi kedepannya EV ini sudah menjadi market volume, kita ada manufacture yang sudah ready," ujar Agung.

Baca juga: Kilas Balik Perjalanan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, LCGC yang Harganya Sempat Rp80 Jutaan

Daihatsu Belum Mau Jualan Mobil Listrik atau Hybrid di Indonesia, Nasib Ayla EV Digantung? 04

Tampilan belakang lebih futuristik

Maka dari itu, Agung kembali menegaskan bahwa Daihatsu Ayla EV saat ini belum akan dipasarkan tahun ini. Karena, kata dia, kapabilitas EV dibangun dari berbagai aspek. 

"Bukan hanya perakitan, tapi dia harus Quality (kualitas), long term (jangka panjang), renewal (pembaruan). Kebetulan kami Daihatsu menganut sampai limbahnya, akhirnya requirement-nya ikut requirement global," terang Agung.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia