Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan

Enda · 10 Sep, 2021 14:35

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 01

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) dikabarkan segera mendatangkan Tata Intra 2022 sebagai line up terbarunya. Intra akan bermain di segmen pick up muatan ringan calon pesaing Daihatsu Gran Max PU.

"Saat ini stok unit baru pick up Tata bermuatan ringan seperti Ace EX2 dan Super Ace HT di Jakarta kosong. Untuk pick up baru nantinya digantikan Tata Intra," ujar satu sumber kami dari pihak Tata Motors Indonesia yang tidak ingin disebutkan namanya.

Tata Intra 2022 -1

Tata Intra akan mengisi segmen Super Ace

Diketahui sebelumnya produsen kendaraan niaga terbesar di India, Tata Motors, terus berupaya memperkuat posisinya di segmen Small Commercial Vehicles (SCV) Karena itulah diluncurkan Tata Intra pertama kali pada Mei 2019.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Setelah banyak melakukan riset pasar dan umpan balik pelanggan yang dikonseptualisasikan, Tata Intra tidak hanya menjanjikan performa yang unggul, fitur terdepan, kapasitas muatan besar, dan efisiensi bahan bakar, namun juga tingkat durabilitas yang tinggi.

Baca juga:  Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 Vs 1.5, Mana yang Cocok Untuk Bisnis?

Eksterior Tata Intra 2022 Terkesan Begitu Mewah

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 01

Tampilan depan Tata Intra 2022 

Tata secara khusus merancang Intra tidak hanya kuat dan dapat diandalkan, namun juga memperlihatkan kesan yang prestisius. Seperti yang bisa dilihat, pada fascia mobil niaga ini begelimang aksen krom pada garnish depan serta reflektor lampunya.

Agar lebih berkesan, grill serta air-dam dibuat berkarakter dengan garis horizontal tegas yang dilabur warna gray finishing doff. Sebagai tambahan, di kedua ujung bumpernya terdapat lubang yang bisa digunakan untuk menambah fog lamp agar visibilitas pengendara semakin baik.

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 02

Tampilan samping Tata Intra 2022 

Melihat bagian sampingnya, bagi kami Tata Intra 2022 terkesan begitu kekar. Hal ini dibuktikan berkat tarikan garis meruncing yang disambungkan dari ujung lampu utamanya. Bukan cuma itu, lekukan vender di atas roda juga terlihat begitu macho yang membuatnya semakin kokoh. Disisi lain, agar pengendara lain bisa lebih waspada, maka di atas mud guard roda depannya diletakan sinyal lampu berbelok.

Mengenai lingkar rodanya, Tata Intra 2022 diaplikasikan dengan velg kaleng R14 yang dibungkus dengan wheel dop dengan gaya desain yang berkarakter sehingga membuat mobil bermuatan ringan ini berbeda dengan pick up lainnya.

Pada tampilan bak, menurut kami Tata Intra 2022 seperti pick up muatan ringan lainnya yang tidak menganut model 3-way. Untuk dimensi secara keseluruhan, mobil niaga jenama Negeri Bollywood itu memiliki panjang keseluruhan 4.460 dengan wheelbase 2.450 mm. Sedangkan baknya sendiri mempunyai panjang 2.690 mm, lebar 1.607 mm dan tinggi 463 mm.

 

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 03

Ruang kargo Tata Intra 2022

Untuk payload atau beban muatannya, kabin ini mampu mengangkat beban 1.300 kg sekaligus, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat kotor kendaraan 2.565 kg.

Interior Tata Intra 2022 Juga Sangat Modern

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 04

Interior Tata Intra 2022 terkesan begitu modern

Menilik sisi ruang kabin daripada Tata Intra 2022, tampilannya terlihat sangat modern seperti tidak kebanyakan mobil niaga pada umumnya. Dashboardnya sendiri menganut desain membulat yang sekaligus membuatnya terlihat unik dengan dua console box terbuka dan tertutup di bagian penumpangnya.

Pada center clusternya juga telah disematkan head unit singe din, tombol pengaturan AC dan kotak penyimpanan kecil di bagian atasnya. Tuas perindahan giginya juga diletakkan di center cluster yang menurut pandangan kami terasa pas tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Baca juga: 3 Mobil Pick Up Terlaris di Indonesia : Daihatsu Gran Max Belum Bisa Salip Suzuki Carry

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 05

Instrument cluster berpenampilan digital

Selain itu, pengemudi juga akan disuguhkan tampilan eyes-catching pada speedometernya. Dimana beragam informasi kendaraan ini seluruhnya ditampilkan melalui instrument TFT digital dengan GSA (Gear shift advisor) yang membantu pengemudi dalam berpindah gigi serta tambahan moder ECO dan Normal.

Pengemudi dapat beralih ke mode ECO melalui tombol pada dashboard untuk mendapatkan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Mode Normal dapat digunakan untuk tanjakan curam, serta kondisi muatan beban berat.

Dengan penggunaan ECO mode, tentunya akan membantu pengguna mendapatkan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Fitur Unggulan Tata Intra 2022

Tata Intra 2022

Fiturnya lebih lengkap dari pick up lain

Mengenai fitur unggulan yang disematkan Tata Intra 2022, seperti yang kami sampaikan sebelumnya mobil ini telah memperoleh mode berkendara ECO dan Normal. Disisi lain, tombol pengaturan tinggi dan rendah lampu, HVAC (Heating Ventilation, Air-Conditioning) dan sistem infotaiment yang hanya mendukung format radio juga telah diaplikasikan pada mobil ini.

Selain itu, mobil niaga terbaru Tata yang diperkirakan akan melantai di Tanah Air pada Oktober mendatang ini juga disematkan port charging, Electric power-assisted steering, serta suspensi Semi-elliptical leaf springs with Anti roll Bar (5 lapis di depan dan 8 lapis di belakang).

Bicara sistem pengereman yang digunakan, mobil ini mengandalkan mekanisme pengereman hidrolis sirkuit ganda dengan diagonal split with boos. Rem depan tipe cakram dan rem belakang drum brakes plus rem parkir yang dioperasikan secara mekanikal dengan kabel yang tersambung ke roda belakang.

Disematkan Jantung Pacu Diesel dengan Turbo Intercooler

Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan 07

Pakai mesin diesel 1.5L dengan kemampuan menanjak terbaik

Mengetahui jantung pacu yang digunakan, Tata Intra 2022 ditanami mesin diesel dengan turbo intercooler 4-silinder segaris, 1.496 cc DI engine yang dapat menghasilkan tenaga 72 PS @4.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm @1.800-3.000 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, putaran mesin yang dihasilkan dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan with a single plate dry friction type clutch.

Performa yang didapatkan mesin dieselnya tersebut disinyalir menghasilkan kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM 1:14.

Kesimpulan

Tata Intra 2022 yang dikabarkan akan meramaikan kancah otomotif Tanah Air untuk segmen Small Commercial Vehicles (SCV) pada Oktober 2021 ini, menurut pandangan kami adalah generasi penerus dari Tata Super ACE HT.

Secara tampilan, calon pesaing Daihatsu Gran Max PU ini terkesan sangat modern baik pada sisi eksterior, interior, maupun fiturnya. Mengenai kapasitas muat barangnya juga cukup besar sehingga diyakini bisa bersaing dengan para kompetitor terdekatnya.

Untuk jantung pacunya, mesin diesel yang digunakan diklaim memiliki kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM 1:14.

Jika benar masuk Indonesia pada Oktober mendatang, apa Anda  tertarik meminang Tata Intra 2022 untuk menemani kegiatan bisnis sehari-hari?

Baca juga: Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Tata Super Ace MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru