Daihatsu Luxio 12 Tahun Tanpa Ganti Generasi Tetap Laku, Bagaimana Bisa?
Evan · 24 Sep, 2021 09:34
0
0
Dua belas tahun sudah sejak Daihatsu Luxio diluncurkan pertama kali pada 2009. Dan hingga kini belum ada tanda-tanda mobil tersebut akan berganti model.
Bahkan penjualan Luxio tetap laris setiap bulannya di angka sekitar 100 unit. Ini terlihat dari data wholesale Januari hingga Agustus 2021 yang dirilis GAIKINDO. Terbesar di angka 380 unit pada April lalu dan paling sedikit di Juli dengan 56 unit.
Lantas mengapa mobil ini bisa tetap banyak peminatnya padahal tidak memiliki kelengkapan fitur seperti MPV kekinian. Belum lagi soal keberadaan mesin di bawah kursi yang sepertinya sduah tidak lagi diterapkan para pabrikan mobil dunia.
Dilihat dari sisi harga pun tidak bisa dibilang murah. Harga Daihatsu Luxio 2021 mulai dari Rp192,3 juta untuk tipe D M/T hingga paling mahal tipe X A/T yang tembus hingga Rp219,8 juta. Angka ini justru lebih mahal dari Xenia tipe R MT yang merupakan tipe tertinggi dan punya banyak kelebihan.
Alasan pertama yang kami prediksi mengapa Daihatsu Luxio masih dicari sampai saat ini adalah tidak ada kompetitor yang bermain di segmennya. Bahkan dari pabrikan sesama Jepang lainnya seperti Toyota, sudah tak lagi menyediakan MPV boxy berpintu geser manual.
Jika dulu ada Nissan Evalia, lantas Honda Freed, maka kedua pesaingnya itu tak lagi dipasarkan di Indonesia. Sementara lawan lainnya datang untuk kelas kendaraan komersial.
Belum ada lawan yang pas saat ini
Pastinya tetap ada konsumen diluar sana yang mencari kendaraan jenis MPV atau minibus tetapi juga sekaligus menggunakannya sebagai mobil kerja.
Karena tidak ada pilihan lain dan hanya ada Daihatsu Luxio inilah yang menjadikan kendaraan tersebut tetap laris tiap bulannya.
Mesin dan Transmisi Tangguh Sudah Teruji
Manual 5 percepatan dan otomatis 4 speed
Luxio terkenal karena bentuknya yang lebih kearah mobil pekerja. karenanya Daihatsu merancang mobil ini memiliki mesin dan transmisi yang tangguh. Terbukti hingga 12 tahun berlalu, belum ada rencana dari Daihatsu untuk memensiunkan mesin yang saat ini digunakan.
Berbicara soal mesin, Luxio hadir dengan dapurpacu berkode 3SZ-VE empat silinder 1.500cc VVT-i yang juga digunakan Daihatsu Gran Max 1.5 dan Terios generasi awal.
Pakai mesin legend
Mesin itu mampu mengeluarkan tenaga hingga 97 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimum 134 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga kemudian disalurkan melalui dua opsi transmisi yaitu manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.
Hal ini menjadi sangat penting bagi pemilik Luxio, karena mereka mengandalkan mobil ini untuk dapat awet dan tidak mudah rewel. Langsung menyala ketika di-starter setiap hari.
Daihatsu Luxio tidak hanya bisa dijadikan angkutan penumpang, dapat pula dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial.
Ini karena bentuk boxy-nya yang mampu menyuguhkan kabin yang lapang apabila melipat kursi baris ketiga.
Kabin lapang, sering jadi mobil antar jemput
Sama seperti adiknya Gran Max, Luxio juga menjadi kendaran niaga bagi perusahaan yang tidak terlalu berfokus pada model fleet atau mobil barang yang banyak.
Sebaliknya mereka menggunakan mobil ini sebagai antar jemput karyawan dan sesekali untuk kegiatan niaga.