window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Rocky 1.2 M MT Lebih Murah Hampir Rp12 Juta dari Honda Brio RS MT, Mana yang Layak untuk Dipilih? (part 2)

Enda · 29 Sep, 2022 17:30

Honda Brio RS MT

Daihatsu Rocky 1.2 M MT menang gagah dari Honda Brio RS MT dari segi eksterior. Namun untuk fitur Brio lebih lengkap berkat adanya headlamp full LED yang dipadukan foglamp di bumpernya. Pada bagian samping, untuk velgnya juga sudah menggunakan bahan alloy dengan bentuk kipas dual-tone.

Guna memudahkan pengguna, spionnya telah dilengkapi dengan electric mirror with retractable serta lampu sein pada covernya. Pada bagian belakang sendiri selain adanya high mount stoplamp yang menempel di spoiler ada juga rear wiper dan sensor parkir. 

Lalu bagaimana dengan perbandingan lanjutannya? Supaya tidak penasaran simak ulasan berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Brio, HR-V dan BR-V Masih Jadi Mobil Honda Terlaris, City Hatchback Makin Tenggelam?

Interior

Honda Brio RS MT

Honda Brio RS MT dilengkapi head unit layar sentuh 6,2 inci

Di bagian dalam, Honda Brio RS MT mendapat serangkaian fitur yang terbilang lebih lengkap dibandingkan Daihatsu Rocky 1.2 M MT. Seperti yang bisa dijumpai didalamnya untuk head unit sudah menggunakan layar sentuh berukuran 6,2 inci dengan mendukung konektivitas USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Setirnya telang dilengkapi audio control steering switch, tilt steering, serta AC digital.

Bicara fitur keselamatan, sendiri sudah dilengkapi dengan dual front i-SRS airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, pretensioner with load limiter seatbelt, sensor parkir, ISOFIX & Tether serta APAR. Pada fitur keamanan berhasil disematkan alarm system, auto door lock by speed, immobilizer dan keyless entry.

Baca juga: Satu Dekade Honda Brio, City Car Paling Laris Yang Bakal Dapat Teknologi EV?

Daihatsu Rocky 1.2 M MT

Daihatsu Rocky 1.2 M MT tersematkan head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity

 

Lantas bagaimana dengan Daihatsu Rocky 1.2 M MT? Didalamnya mobil ini telah diaplikasikan layar MID berukuran 4 inci pada panel instrumentya guna mengetahui lebih detail mengenai informasi kendaraan.

Dari segi fitur hiburannya Daihatsu Rocky 1.2 M MT berhasil tersematkan head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity. Sama seperti Brio RS MT, tipe terendah Rocky untuk pengaturan AC nya sudah menggunakan tampilan digital yang terlihat modern sekaligus ergonomis ketika digunakan.

Berbeda dengan Brio, untuk pengaturan sistem hiburan maupun informasi kendaraan Daihatsu Rocky tipe ini belum bisa dikendalikan melalui lingkar kemudinya karena belum dilengkapi dengan switch control steering.

Bicara fitur keselamatan, Daihatsu Rocky 1.2 M MT menggunakan rem cakram pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang yang dilengkapi dengan ABS + EBD. Selain itu juga terdapat 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, serta APAR. Tak hanya itu, pabrikan melengkapinya dengan dua buah airbag di penumpang depan dan pengemudi yang berfungsi untuk memberikan perlindungan serta mengurangi cedera disaat mengalami benturan.

Sebagai bentuk keamanan, mobil ini sudah tersematkan immobilizer pada anak kunci yang dilengkapi remote alarm.

Mesin Honda Brio Lebih Bertenaga

Honda Brio RS MT

Sama-sama 1.200 cc, performa Honda Brio lebih buas ketimbang Daihatsu Rocky 1.2 M MT

Mengenai jantung pacunya, Honda Brio RS MT dibenamkan mesin 1.199 cc bertipe L12 SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI yang dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 rpm.

Kemudian pada Daihatsu Rocky 1.2 M MT mengandalkan mesin WA-VE 3 silinder dengan 12 katup berteknologi DOHC, Dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc yang mampu memeras tenaga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm @4.500 rpm.

Untuk tingkat percepatan keduanya sama-sama dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian diarahkan ke penggerak roda depan.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp11,9 juta, menurut kami jika kalian lebih mengincar tampilan yang tangguh, ground clearance tinggi serta kabin luas, Daihatsu Rocky 1.2 M MT lebih cocok untuk dipilih selain harganya yang terjangkau. Berbeda apabila kalian membutuhkan mobil perkotaan dengan fitur lebih lengkap, serta memiliki tenaga lebih buas, Honda Brio RS MT jadi pilihan yang sangat tepat.

Baca juga: Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli?

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Rocky ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil