Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini!

Enda · 24 Apr, 2021 08:00

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 01

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dipastikan akan meluncur di Indonesia pada akhir April 2021

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize bisa dipastikan akan tiba di Tanah Air pada akhir bulan ini. Pemberitaan ini semakin kuat dengan masuknya undangan resmi ke email redaksi Autofun Indonesia mengenai peluncuran virtual Daihatsu Rocky yang dilaksanakan pada pukul 09.45 – 10.45 WIB serta undangan digital launching Toyota Raize melalui channel Youtube Toyota Indonesia pukul 14.00 – 14.30 WIB.

Diketahui kedua model Small SUV ini pertama kali yang berhasil disematkan fitur pintar berupa ADAS (Advance Driver Assistant System) tingkat tinggi yang mana dilengkapi fitur penggerak semi-otonom. Mengenai fitur ADAS, pada Daihatsu Rocky memiliki sebutan A.S.A. (Advanced Safety Assist). Sedangkan fitur serupa pada Toyota Raize dinamai Toyota Safety Sense (TSS).

Ingin mengetahui lebih dekat dari kedua fitur canggih yang disematkan pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021

A.S.A. (Advanced Safety Assist) Daihatsu Rocky Mencakup Beberapa Fitur Keselamatan Pintar

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 02

Tampilan depan Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Beberapa bocoran spesifikasi Daihatsu Rocky berhasil kami terima. Mobil ini berhasil disematkan fitur canggih terbaru A.S.A. Teknologi ini bekerja menggunakan sensor dari stereo camera yang mendeteksi suatu objek di sekitar mobil.

Fitur ini juga dapat menjaga dan memberikan perintah kepada pengemudi apabila sedang berada dalam kondisi yang berbahaya. Tujuan utama fitur ini tentunya untuk mengurangi dampak kecelakaan.

Bicara mengenai A.S.A pada Daihatsu Rocky, teknologi ini sudah mencakup Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Front Departure Alert.

1. Autonomous Emergency Braking

Ketika mendekati tabrakan, jika pengemudi tidak merespon, sistem secara otomatis akan melakukan pengereman otomatis untuk mengurangi kecepatan kendaraan dan menghindari atau mengurangi resiko tabrakan dengan objek yang ada didepannya.

2. Lane Departure Warning

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 03

Tampilan dashboard Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Sistem ini membuat pengemudi dapat lebih terjaga dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah jalur secara tidak sengaja. Perlu diperhatikan bahwa teknologi keselamatan yang tergabung dalam A.S.A. ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis.

Dengan demikian, pengemudi tetap memegang penuh kendali terhadap kendaraan dan harus senantiasa berkendara dengan aman, walaupun kendaraan sudah dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni.

Akhirnya, Si Kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Resmi Meluncur Pada 30 April!

3. Lane Departure Prevention

Fitur ini membantu menjaga kendaraan agar tidak menyimpang dari jalur secara tidak sengaja. LDP menggunakan kamera untuk memantau jarak antara kendaraan dan marka jalur.

Jika kendaraan tanpa disadari melewati atau menginjak marka jalan, sistem akan membunyikan peringatan terlebih dahulu, diikuti dengan aplikasi rem secara selektif untuk membantu kendaraan kembali ke jalurnya.

4. Pedal Misoperation Control

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 04

Pedal misoperation control

Pedal misoperation control merupakan fitur keselamatan yang menjawab terjadinya kecelakaan karena pengemudi salah menginjak pedal gas. Cara kerja fitur dengan mendeteksi objek yang ada di depan dengan kamera driver assist.

Sistem pedal misoperation aktif ketika sebuah objek yang terdeteksi tersebut terdapat dalam jarak 4 meter di depan mobil. Ketika pedal gas tidak sengaja terinjak, sistem pedal misoperation akan memperingatkan pengemudi dengan menyalakan buzzer peringatan.

Selain itu, fitur secara otomatis melakukan deselerasi dengan cara mengurangi putaran mesin serta mengaktifkan rem hingga pengemudi dapat menginjak pedal rem. Sebagai catatan, fitur keselamatan ini hanya aktif ketika mobil melaju di kecepatan kurang dari 10 kilometer per jam.

5. Front Departure Alert

Seperti namanya, Front Departure Alert memberi tahu ketika mobil di depan mulai berjalan dalam kemacetan. Sebagian besar pengemudi di Indonesia seringkali bermain ponsel ketika terjebak kemacetan.

Jadi, fitur FDA ini mengingatkan pengemudi yang mungkin sedang teralihkan perhatiannya untuk kembali melakukan perjalanan setelah pengemudi kehilangan jarak 3 meter dari mobil didepannya.

Fitur ADAS di Toyota Raize Hadir Lebih Lengkap

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 05

Tampilan depan Toyota Raize (Foto: webcg.net)

Sama seperti A.S.A yang ada di Daihatsu Rocky, Toyota Raize mendapatkan tambahan fitur TSS lebih lengkap. Dimana Small SUV terbaru Toyota yang sebentar lagi akan meluncur di Tanah Air mendapat tambahan berupa Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

1. Adaptive Cruise Control

Fitur ini Membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan di depan terdeteksi berhenti.

2. Lane Keep Control

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 06

Dashboard Toyota Raize (Foto: webcg.net)

Lane Keep Control memiliki fungsi mendukung pengoperasian kemudi yang diperlukan untuk menjaga mobil agar tetap berada dijalurnya. LKC bekerja sama dengan Adaptive Cruise Control (ACC) dan tidak berfungsi saat ACC tidak aktif.

Dengan LKC, sistem akan mendeteksi penyimpangan dengan mengenali garis putih atau kuning di kedua sisi jalan. Meski begitu, demi keamanan berkendara pengemudi diharapkan selalu memegang lingkar kemudi setiap waktu.

3. Blind Spot Monitoring

Fungsi utama dari Blind Spot Monitoring mengatasi suatu benda yang tidak terlihat dengan mendeteksi kendaraan yang keluar dari sudut pandang, menggunakan indikator di kaca spion samping. Sinyal belok ke samping kendaraan terdeteksi, dan indikator akan berkedip serta peringatan suara akan berbunyi apabila posisi mobil dengan objek di luar semakin dekat.

4. Rear Cross Traffic Alert

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini! 07

Toyota Safety Sense (TSS) Toyota Raize

Ini adalah sistem pendukung yang mendeteksi kendaraan yang masuk atau mendekat dari belakang. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dapat membantu memperingatkan kalian, yang kemudian memungkinkan untuk mundur dengan aman dari tempat parkir.

Sensor RCTA ini tidak hanya mendeteksi kendaraan dari satu bagian saja. Kedua sisi bagian belakang akan terdeteksi dengan radar ini.

Kesimpulan

Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize yang sebentar lagi akan tiba di Tanah Air, berhasil diaplikasikan fitur canggih berupa ADAS. Meski sama-sama menawarkan fitur ADAS, pada kenyataanya Toyota Raize mendapatkan fitur keselamatan lebih lengkap dengan ditambahkannya Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

Walaupun dipastikan lebih aman dan nyaman berkat adanya fitur ini, kalian diwajibkan untuk selalu berkonsentrasi dalam berkendara.

Baca juga: Toyota Raize meluncur Akhir Bulan, Segini Banderol Harganya

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru