window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Tanto Terdaftar di Kemenkumham, Bakal Masuk Pasar Indonesia?

Herdi · 30 Des, 2022 14:30

Daihatsu Tanto Terdaftar di Kemenkumham, Bakal Masuk Pasar Indonesia? 01

Setelah kabar mengenai mobil Move Canbus bakal hadir di Indonesia, kini Daihatsu kembali diisukan mengenai persiapan kehadiran mobil kei car Daihatsu Tanto yang juga akan diboyong ke Tanah Air.

Kabar tersebut diinformasikan dengan beredarnya desain paten dari Berita Resmi Desain Industri No.43/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga: Paten Daihatsu Move Canbus Sudah Didaftarkan ke Kemenkum HAM, Mau Dijual di Indonesia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Tanto Terdaftar di Kemenkumham, Bakal Masuk Pasar Indonesia? 01

Dari catatan informasi yang didapat, kedua mobil tersebut memiliki nama Daihatsu Motor Co.,Ltd, yang beralamat di 1-1, Daihatsu-Cho, Ikeda-Shi, Osaka, Jepang.Sedangkan kedua mobil dengan bentuk boxy ini didesain oleh dua orang yang berbeda yaitu Kouchi Itou dan Gianluca Alba, serta Junya Hachisu. 

Nah, dari dua desain mobil yang dibocorkan DJKI dan HAM, mobil ini lebih mirip sebuah Daihatsu Tanto dan Tanto Fun Cross. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuk lampu dan bemper depan. 

Baca juga: Wah Ada yang Punya Mobil Klasik Daihatsu Compagno, Cuma Satu-satunya di Indonesia?

Daihatsu Tanto Terdaftar di Kemenkumham, Bakal Masuk Pasar Indonesia? 02

Untuk Daihatsu Tanto Fun Cross, sebenarnya masih satu jenis. Hanya saja, tampilan dibuat lebih macho dengan beberapa bagian bodi menggunakan aksen hitam yang diketahui merupakan over fender, sehingga bisa melindungi bodi dari goresan batu atau kerikil.

Daihatsu Tanto Pernah Dibawa Ke Indonesia

Bicara soal Daihatsu Tanto, sejatinya mobil ini pernah dibawa PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ke Tanah Air pada saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Baca juga: 5 Modifikasi Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2023, Kei Car Juga Bisa Buat Camping

Daihatsu Tanto Terdaftar di Kemenkumham, Bakal Masuk Pasar Indonesia? 03

Namun kala itu, Daihatsu Tanto yang masuk kategori Kei Car di pasar otomotif Jepang, tidak untuk dijual. Sebaliknya mobil yang sudah menggunakan desain platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) tersebut baru sekedar dipamerkan. 

Adapun meski bentuknya sangat mungil, Daihatsu Tanto ini sudah dilengkapi dengan teknologi, salah satunya adalah Smart Assist yang memiliki beragam sistem keamanan dan keselamatan lengkap, seperti adaptive cruise control, line keep assist, rear cross traffic alert, hingga automatic city braking.

Bahkan, salah satu fitur ini bisa membuat mobil dapat mendeteksi dan mencegah atau meminimalisir resiko benturan pada kendaraan dan pejalan kaki. Mobil ini juga didukung dengan sistem pengereman darurat secara otomatis.

Daihatsu Tanto Terdaftar di Kemenkumham, Bakal Masuk Pasar Indonesia? 04

Sedangkan untuk jantung pacu, Daihatsu Tanto ini sudah dibenamkan mesin berkapasitas 660 cc, 3 silinder plus Turbocharger, 12 katup, yang mampu menyemburkan daya 64 Ps pada 6.400 rom dan torsi 100 Nm pada 3.600 rpm.

Di atas kertas, mobil ini juga dilengkapi teknologi transmisi Continuously Variable Transmission (CVT), yang diklaim mampu memberikan tenaga besar, namun tetap irit BBM, nyaman dan cocok digunakan untuk manuver.

Kira-kira kapan ya Daihatsu bawa mobil baru ini ke Indonesia?


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil