window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik

Yongki Sanjaya · 11 Apr, 2022 12:00

Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik 01

Bulan Ramadhan telah memasuki pekan kedua, dan banyak orang mulai mempersiapkan diri untuk mudik Lebaran. Salah satu hal yang dipersiapkan untuk mudik ialah berburu mobil bekas yang terjangkau. Dari sekian banyak model, Daihatsu Taruna Oxxy mungkin bisa kamu jadikan alternatif dari Terios tahun tua.

Mengapa demikian? Ini karena Daihatsu Taruna Oxxy sebagai edisi terakhir harganya lebih murah Rp15 juta daripada Daihatsu Terios, walau sama-sama keluaran 2006. Meskipun usianya sudah lebih dari 15 tahun, tapi Daihatsu Taruna masih cukup tangguh untuk perjalanan jauh antar kota.

Sebagai informasi, Daihatsu Taruna Oxxy yang tersedia di pasaran yaitu tipe FGX, dijual pada kisaran harga Rp62 juta hingga Rp69 juta. Sementara itu, Daihatsu Terios 2006 dihargai antara Rp82 juta hingga Rp99 jutaan. Keduanya sama-sama 7-seater sehingga ada cukup banyak kemiripan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kali ini, kami akan membahas sosok Daihatsu Taruna yang dirasa punya value for money yang baik. Dengan budget under Rp70 jutaan, kita bisa membeli sebuah SUV untuk mobil keluarga.

Desain Daihatsu Taruna Oxxy, Timeless dan Mirip Xenia

Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik 01

Bicara soal desain, Taruna ini cukup modern dan maskulin. Pada bumper terdapat guard alias tanduk depan dengan grill horizontal berlapis chrome. Kalau melihat sekilas rupa depan Taruna ini mirip dengan Xenia generasi pertama pada bagian headlamp dan lekuk kap mesin. 

Sebagai tipe tertinggi, Taruna FGX mendapat beberapa aksen chrome di bagian grill, bumper guard, handle pintu, spion, hingga garnish di ban serep yang tergantung di pintu belakang. 

Interior Daihatsu Taruna Oxxy, FGX, Cozy Untuk Perjalanan Jauh

Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik 02

Masuk ke dalam kabin Taruna Oxxy, kita disuguhi interior ala mobil keluaran dekade 2000-an awal. Terdapat aksen chrome di tuas pintu yang juga ada di tombol central lock. Fitur hiburannya juga masih sederhana, head unit dengan kaset untuk memutar musik. Suara dikeluarkan oleh empat buah speaker yang tertanam di keempat pintunya. 

Joknya masih memakai beludru, yang halus dan memberi kehangatan dari hembusan AC. Posisi kemudi dan jok pengemudi cukup tinggi dan memberikan visibilitas yang lapang ke bagian depan. Hanya saja, desain posisi kursi pengemudi dengan setirnya ini dinilai kurang ergonomis. 

Sebagai sebuah motuba, Taruna tertinggi ini hanya menyediakan sabuk keselamatan untuk penumpang di depan saja. Jadi, kursi baris kedua dan ketiga tidak memiliki seatbelt. Lebih lanjut, headrest tersedia bagi ke-6 penumpang di dalamnya. Hanya satu tempat yang tidak mendapat sandaran kepala, yakni kursi penumpang baris kedua yang duduk di tengah. 

Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik 03

Salah satu kelebihan Daihatsu Taruna varian F-Series ialah lebih panjang 250 mm dibandingkan C-Series. Jadi, ruang kaki pun cukup lega di baris kedua dan manusiawi untuk orang dewasa yang duduk di baris ketiga. 

Kenyamanan berkendara ditunjang dengan ketersediaan AC dual blower di kabin, yang menjadikan kesejukan kabin semakin baik.

Performa Daihatsu Taruna Oxxy, Bersahaja Tanpa Opsi Matic

Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik 04

Soal tenaga, jelas Taruna tak bisa disamakan dengan Terios walau sama-sama bermesin 1.500 cc. Ini karena Taruna masih memakai teknologi lawas yaitu HE-E EFI, 4 Silinder. Jantung pacu berteknologikan Electronic Fuel Injection ini diketahui dapat menghasilkan tenaga 100 PS @5.800 rpm di angka torsi 127 Nm @4.700 rpm.

Pilihan transmisinya pun hanya ada manual 5-percepatan, dan tidak memiliki opsi transmisi otomatis. Sebagai sebuah SUV jadul, tentu Daihatsu Taruna masih memakai penggerak roda belakang yang cukup tangguh bila menghadapi jalan menanjak khas Indonesia. 

Dengan teknologi injeksi, diketahui dapat mencatatkan angka konsumsi BBM 9-10 km/liter untuk penggunaan dalam kota-nya. Berpergian ke luar kota dalam kecepatan konstan, angka konsumsi BBM yang diraih Taruna akan terasa lebih irit, yakni 12-14 km/liter.

Kelebihan yang dimiliki oleh Taruna Oxxy ini terdapat pada bagian suspensi yang nyaman. Secara spesifikasi, pada bagian depannya memakai Double wishbone independen. Sedangkan pada roda belakang, Daihatsu mempercayakan suspensi jenis Rigid axle pada mobil ini.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih murah, Daihatsu Taruna memiliki konfigurasi kursi 7-seater yang cukup proporsional untuk perjalanan jauh ketimbang Terios. Desain belum terlalu usang, jadi nggak malu-maluin kalau untuk dipakai mudik Lebaran. 

Mesinnya pun tergolong irit, tapi agak lemot. Ini karena tenaga puncak diraih pada putaran mesin yang cukup tinggi, dan outputnya pun biasa saja. Jadi, mobil ini bukan diciptakan untuk mengejar performa seperti SUV modern. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil