window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Terios Harga Ekonomis Berlimpah Fitur

Alex · 1 Mei, 2020 17:00

Daihatsu Terios Harga Ekonomis Berlimpah Fitur 01

Daihatsu Terios adalah sebuah model Low SUV yang bisa Anda pilih. Model yang saat ini dijual Daihatsu Indonesia merupakan Terios generasi kedua. 

Wujudnya yang sangat dinamis dan modern membuat Terios agak tersamar kesan sebagai SUV ekonomisnya. Bahkan jika dibanding generasi pertamanya, lompatan teknologi yang dimiliki Terios saat ini cukup jauh.

Terios sendiri merupakan produk kembar, saudaranya yakni Toyota Rush sekilas sangat mirip dari luar dengan produk Daihatsu ini. Namun secara market positioning, Daihatsu Indonesia membuat Terios di bawah Rush.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan demikian, Terios punya keunggulan pada range harganya yang cukup dinamis. Walau bukan yang termurah di kelasnya, namun dengan nama besar Daihatsu maka Terios pun cukup sukses di pasaran.

Jika dilihat sekilas, Terios mengedepankan unsur macho namun dikemas dalam bahasa desain yang modern. Sebagai SUV sejati, ground clearancenya yang 220 mm dan ban berukuran 17 inci tentu membuat Low SUV tarikan belakang ini siap dibawa ke jalan tak rata maupun genangan. 

Semakin menarik, Terios juga merupakan mobil dengan 3 baris bangku. Jadi bepergian jauh dengan membawa sampai 7 penumpang harusnya bukan jadi masalah. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita kupas lebih dalam.

Daihatsu Terios Harga Ekonomis Berlimpah Fitur 01

Eksterior

Sebagai SUV, walau hanya Low SUV, Daihatsu tak mau setengah-setengah dalam membuat tampilan produknya ini agar mudah dikagumi. Bumper depan dan grill yang dinamis cukup kompak dengan desain lampu berteknologi LED yang menyipit. 

Sebagai penguat identitas sebagai Low SUV yang tangguh, Daihatsu tak lupa memberi skid plate yang berperan sebagai pelindung bumper depan. 

Pada bagian belakang juga tak kalah keren. Low SUV ini sudah pakai duck tail spoiler yang juga dilengkapi lampu rem LED. Semua lampu belakang juga tak mau kalah pakai LED. Sebagai pemanis sekaligus komponen fungsional, Terios menggunakan antena radio model shark fin.

Untuk keempat roda terbagi dua ukuran. Pada varian X hanya menggunakan pelek ukuran 16 inci, sedangkan pada varian R sudah mengusung pelek lingkar 17 inci dengan desain dual tone. Namun kedua varian ini hanya dikawal rem cakram di bagian roda depan saja.

Interior

Kesan pertama saat Anda melihat interior Terios tentu bukanlah kesan mewah yang timbul. Warna gelap mendominasi kabin Low SUV ini. Cukup menarik pada bagian setir dan tuas transmisi yang sudah dilapisi kulit sintetik.

Walau di tipe R sebagai yang tertinggi sekalipun, Anda tak mendapat jok dengan pembungkus berbahan kulit. Walau desain dasbor cukup menarik, namun semuanya berbahan plastik cukup keras, walau sebenarnya secara keseluruhan tak mengganggu pengemudi.

Daihatsu Terios Harga Ekonomis Berlimpah Fitur 02

Cukup menarik saat mendapati beragam fitur menarik di dalam kabin. Mulai dari layar sentuh yang mampu memutar berbagai multimedia kekinian, AC digital, fitur tombol start-stop button sudah bisa ditemui pada Terios varian teratas.

Seolah paham akan kebutuhan para penumpangnya yang tak lepas dari gadget, pada Terios ini enaknya sudah dilengkapi power outlet di tiap baris bangku. Lantas bagaimana dengan piranti keselamatan dan keamanannya.

Di sinilah yang menarik. Kini Daihatsu sudah memberi Low SUVnya itu dengan kamera parkir 360 derajat, lampu depan berteknologi auto on dan keyless. Sementara fitur keselamatan aktifnya tak kalah oke. Mulai dari rem ABS-EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assis hingga Emergency Stop Signal sudah bisa ditemui pada Terios varian teratas.

Mesin

Terios genearasi kedua menggunakan mesin yang identik dengan kepunyaan Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Walau kode mesinnya sama, yakni 2NRVE dan sama-sama berteknologi Dual VVT-i, namun agak disayangkan pada Terios tenaganya malah sedikit lebih rendah dibanding LMPV tersebut. 

Daihatsu Terios Harga Ekonomis Berlimpah Fitur 03

Dapur pacu Terios yang berkapasitas bersih 1.496 cc dengan konfigurasi 4 silinder tercatat di lembar spesifikasi mampu menghasilkan tenaga 104 ps di putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 136 Nm. Untuk transmisinya tersedia manual 5 percepatan atau otomatik 4 percepatan konvensional.

Walau tenaga tersebut bukan yang terbesar di kelasnya, namun sudah cukup untuk sekedar dipakai harian. Apalagi mesin berkode NR hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini terkenal irit. 

Kesimpulan

Daihatsu Terios memang cukup menarik untuk dimiliki. Bagi yang mengincar sebuah SUV sejati bergaya kekinian tapi dengan harga ekonomis maka mobil ini layak untuk dipinang.

Fitur yang berlimpah dan kemampuan daya angkutnya yang bisa membawa 7 penumpang juga jadi menu utama pada mobil ini. Sayangnya tak seperti generasi pertama yang masih didominasi harga Rp jutaan, kini Terios termurah saja sudah tembus Rp 209,8 juta. 

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil