window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD

Yongki Sanjaya · 24 Agu, 2022 14:00

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 01

Nama Daihatsu Terios kini seolah sirna karena hadirnya beragam model low SUV baru, seperti Honda BR-V atau Mitsubishi Xpander Cross. Meskipun dianggap usang, namun Terios masih memiliki hal dasar yang dicari orang dari sebuah SUV yaitu penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Tak cuma itu, SUV andalan Daihatsu ini juga masih memiliki beragam fitur menarik yang membuatnya jadi value for money.

Berikut rincian tipe dan harga mobil Daihatsu Terios 2022, dikutip dari laman resminya:

  • All New Terios R AT Custom IDS: Rp 287.400.000
  • All New Terios R MT Custom IDS: Rp 276.900.000
  • All New Terios R AT DLX IDS: Rp 285.400.000
  • All New Terios R AT IDS: Rp 275.300.000
  • All New Terios R MT DLX IDS: Rp 274.900.000
  • All New Terios R MT IDS: Rp 264.800.000
  • All New Terios X AT DLX IDS: Rp 252.800.000
  • All New Terios X MT DLX IDS: Rp 242.400.000
  • All New Terios X MT IDS: Rp 232.300.000

Bisa dilihat kalau range harganya menjadi yang paling murah bila dibandingkan low SUV sejenis, bahkan dengan saudara kembarnya yaitu Toyota Rush. Dari sekian banyak tipe yang ditawarkan, menurut kami tipe yang tidak neko-neko dengan aksen garnish bergaya sporty yaitu R AT Deluxe (DLX). Dahulu tipe ini jadi tipe yang tertinggi, hingga akhirnya PT Astra Daihatsu Motor menambah tipe R Custom dengan aksesoris dan garnish bergaya sporty sebagai tipe teratas. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 01

Desainnya cenderung ke konsep mewah, dengan aksen krom yang jadi 'perhiasan'. Pada varian R Deluxe ini ubahan terdapat pada aksen horisontal warna hitam di gril kromnya. Lebih lanjut, Bentuk bumper dan frame foglamp juga sedikit berbeda dari sebelumnya. 

Baca juga:

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush?

Honda BR-V, Toyota Rush, atau Mitsubishi Xpander Cross LSUV 7 Penumpang Paling Laris di Indonesia?

Sering Dianggap Inferior, Ini Alasan Daihatsu Terios Lebih Pantas Dimiliki Ketimbang Toyota Rush

Aksen side skirt dengan istilah side stone guard mendapat kombinasi aksen warna silver. Velg berukuran 17 inci memakai desain baru dengan finishing kombinasi black polished. Itu tadi sekilas soal penampilan eksterior Terios R AT DLX, berikut ini ulasan lebih mendalam buat kalian yang sedang mencari SUV baru under Rp300 juta. 

Daihatsu Terios R Deluxe Usung Desain Lawas dengan Aksen Baru yang Modern

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 02

Bicara soal desain, secara garis besar Terios masih sama seperti ketika meluncur di tahun 2017. Namun, terdapat beberapa refreshment minor yang membuat penampilannya tetap up to date. 

Pada varian R mendapatkan scuff plate, serta side stone guard dengan aksen silver. Bentuk bumper bagian bawah juga mengalami perubahan desain, pada housing foglamp dan kisi-kisi udara yang membuatnya jadi terkesan lebar dan proporsional. 

Pada sisi headlamp didukung fitur Auto On Headlamp seperti mobil premium. Berlanjut ke sisi belakang, bagian pencahayaan telah memakai LED bar yang membuatnya jadi modern dan elegan. 

Upgrade Interior Daihatsu Terios R Deluxe, Jadi Semakin Nyaman

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 03

Daihatsu tidak tinggal diam melihat persaingan di segmen low SUV semakin sengit. Merek naungan grup Astra ini menjadikan Terios sebagai SUV yang ekonomis, maksudnya harga murah tapi tidak murahan dari sisi kelengkapan fitur. 

Material pelapis jok telah diupgrade, kini bahannya terasa lebih lembut dan nyaman diduduki. jok penumpang kini sudah dibekali fitur height adjuster. Penambahan fitur seperti Around View Monitor dan Idle Stop System membuat panel cluster di sisi kanan setir tampak lebih sesak dengan beragam saklar.

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 04

Adanya fitur tilt steering dan height adjuster memudahkan pengemudi mendapatkan posisi mengemudi yang mendekati ideal. Di kursi penumpang depan, adanya fitur height adjuster yang membuat posisi duduk dan pandangan jadi kian leluasa. 

​​​​​​Untuk kenyamanan penumpang, maka ADM menyematkan power socket 12V pada baris kedua dan ketiga untuk mengisi daya ponsel. 

Fitur di Daihatsu Terios R Deluxe Bertambah Signifikan, Bikin Harganya Jadi Ekonomis

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 05

Daihatsu menyematkan Eco Idle yang dapat diaktifkan ketika berkendara di seluruh tipe All New Terios. Fitur itu diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar 5–10 persen dalam kondisi jalan macet. 

Fitur tersebut hadir untuk tetap menjaga kenyamanan pengemudi karena blower AC menyala untuk mempertahankan suhu. Bahkan, jika suhu dalam mobil lebih dari 22 derajat celcius, maka sensor di fitur tersebut akan menyalakan mobil secara otomatis, sehingga suhu kabin tetap terjaga.

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD 06

Soal keamanan dan keselamatan di Daihatsu Terios R AT DLX, tak perlu diragukan lagi walau belum dibekali Advanced Safety Assist (ASA). Terios dibekali beragam fitur, antara lain Anti Lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stablity Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS). 

Sensor parkir di sisi depan dan belakang juga hadir, serta terdapat Around View Monitor khusus tipe tertinggi R Deluxe dan R Custom. 

Posisi kamera di grille, pintu belakang dan spion samping dengan lensa lebar yang mencakup hingga 180 derajat. Sehingga terbentuk sudut pandang 360 derajat sekeliling mobil. Kombinasi kamera dan sensor parkir sangat berguna saat parkir di area terbatas. 

Untuk antisipasi pencurian, Terios juga telah dibekali dengan Immobilizer dan Alarm, dan New Remote Key sebagai fitur standar.

Kesimpulan

Daihatsu Terios R Deluxe ini menjadi pilihan proporsional bagi kalian yang mencari SUV serba bisa di harga ekonomis. Kemampuan dan daya jelajah Terios ini terbukti lebih mumpuni karena masih mengandalkan penggerak roda belakang. Penampilannya pun kalem dengan aksen krom yang dewasa, sehingga cocok untuk kalangan pengguna paruh baya.

Dari sisi fitur, Terios juga tak kalah langkah karena telah mengalami berbagai improvement agar fiturnya sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil