window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Umbar Tahapan Proses Pembuatan Mobil Baru, Ternyata Sulit Banget!

Herdi · 20 Nov, 2022 15:11

 

Daihatsu Umbar Tahapan Proses Pembuatan Mobil Baru, Ternyata Sulit Banget! 01

  • Satu unit mobil Daihatsu yang siap digunakan ternyata sudah alami proses panjang.
  • Mulai dari sketsa desain, tahap produksi, hingga test sebelum dijual massal.
  • Proses pembuatn mobil Daihatsu ini dibeberkan pihak ADM.

Mobil Daihatsu terbaru terus bermunculan setiap tahun. Bahkan satu model mobil saja bisa mengalami penyegaran ringan di tiap tahunnya. Belum lagi minimal periode lima tahunan mobil tersebut berganti generasi. 

Ya, hal itu merupakan sebuah simulasi kemunculan sebuah produk. Namun yang perlu Anda ketahui, untuk membuat mobil tidaklah mudah dan secepat yang dibayangkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Umbar Tahapan Proses Pembuatan Mobil Baru, Ternyata Sulit Banget! 01

Setelah desain munculah konsepnya secara nyata

Menurut Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Mark Widjaja, untuk tahap proses pengembangan mobil Daihatsu dari tahap awal sampai produksi, setidaknya ada empat tahap besar.

"Yaitu mulai dari planning, styling, engineering, dan juga testing," ungkap Mark dalam keterangannya, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Harga Bekas Mulai Rp80 Juta, Apa Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra?

Ada 4 Tahap Menciptakan Mobil Daihatsu

Mark yang juga turut mendesain beberapa mobil Daihatsu untuk pasar Indonesia ini menyatakan, pada tahapan Planning, Daihatsu sendiri mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi jenis dan dimensi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Ilustrasi pembuatan proses clay modeling mobil Daihatsu

Ilustrasi pembuatan proses clay modeling mobil Daihatsu

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah melakukan proses Styling, untuk mengetahui perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar, disusul proses clay modeling, dan membuat data visual tiga dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.

Oia, biasanya pabrikan otomotif akan terlebih dahulu melakukan  proses perencanaan pembuatan model mobil menggunakan tanah liat. Saat melakukan clay modeling, biasanya juga dilakukan rancangan tak hanya eksterior, tapi juga interior dan sejumlah fungsinya.

Baca juga: Sejarah Daihatsu Terios Konde di Indonesia, Pelopor Segmen Low SUV Tanah Air

Proses Produksi Pembuatan Mobil Sangat Panjang

Kata Mark, jika Planning dan Styling sudah selesai, maka tahapan berikutnya adalah Engineering. Dimana desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan dengan memenuhi standar yang harus mengakomodir kualitas dan durabilitas yang terbaik pada setiap bagian. "Serta mewujudkannya dengan pembuatan prototype untuk diuji coba," ujar Mark. 

Daihatsu Umbar Tahapan Proses Pembuatan Mobil Baru, Ternyata Sulit Banget! 03

Daihatsu Ayla diproduksi di Indonesia

Nah, walaupun hanya membuat prototype, namun prosesnya tetap sama, termasuk ketika melakukan produksi. Ya, di tahap produksi ini maka akan terjadi proses pengepresan  plat  baja  (body  stamping  process), pengecoran aluminium  (casting  process)  untuk  komponen  mesin, perakitan  mesin  (engine  assembly  process), dan  proses  perakitan  komponen  (assembling  proses). 

Untuk proses perakitan ini meliputi tiga hal utama yaitu pengelasan (welding), pengecatan (toso/painting), serta perakitan. Sedangkan pasca proses produksi meliputi inspeksi produk jadi dan proses distribusi ke tangan pelanggan (customer) dan konsumen.

Baca juga: Mobil Keluarga Paling Murah, Daihatsu Sigra 1.0 D Layak Untuk Dibeli?

Daihatsu Umbar Tahapan Proses Pembuatan Mobil Baru, Ternyata Sulit Banget! 04

All New Daihatsu Xenia

Terakhir, kata Mark, sebuah produk atau mobil dilakukan testing. Dan ini adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Sebagai informasi, tahapan proses R&D ini dapur PT AStra Daihatsu Motor (ADM) dibocorkan kepada khalayak, saat acara Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456, di  Rest Area Salatiga, Jawa Tengah, 17-20 November 2022. 

Menurut Mark, PT ADM menampilkan R&D Corner sebagai sarana informasi yang edukatif bagi pengunjung dengan menceritakan proses pengembangan mobil Daihatsu.

Daihatsu Umbar Tahapan Proses Pembuatan Mobil Baru, Ternyata Sulit Banget! 05

Semua proses produksi mobil Daihatsu lewat tahapan panjang

Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektar, yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

Fasilitas R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional yang membanggakan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil