window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Punya Fitur Komplit dan Harga Murah, Calon Tipe Terlaris?

Yongki Sanjaya · 14 Jun, 2022 14:00

Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Punya Fitur Komplit dan Harga Murah, Calon Tipe Terlaris? 01

Sosok Daihatsu Xenia selama ini kerap berada di bawah bayang-bayang Toyota Avanza. Namun bila melihat kelengkapan fitur dan harganya, Daihatsu Xenia 1.3 R ADS tampaknya bisa menjadi pilihan yang lebih oke ketimbang Avanza. 

Mengapa kami bilang demikian? Ini karena tipe 1.3 R ADS ini kelengkapannya sama seperti tipe 1.5 R ADS yang merupakan tipe tertinggi di keluarga Xenia. Namun karena mesinnya 1.300 cc, harganya jadi lebih terjangkau. 

Dengan selisih hanya 200 cc, maka performa mesin di Xenia 1.3 R ADS tidak begitu signifikan dibandingkan versi 1.5. Dengan mesin yang lebih kecil, tentunya konsumsi bahan bakarnya juga bisa lebih irit. Penampilannya juga tak kalah sporty dan modis dengan aksen merah khas tipe R ADS. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk harga retail di bulan Juni 2022 ini, Daihatsu Xenia 1.3 R ADS dijual Rp257.600.000. Seperti apa hal menarik di Daihatsu Xenia 1.3 R ADS yang membuatnya jadi value for money? Mari kita bahas lebih mendalam. 

Penampilan Daihatsu Xenia 1.3 R ADS, Lebih Kalem Tapi Tetap Stylish 

Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Punya Fitur Komplit dan Harga Murah, Calon Tipe Terlaris? 01

Bicara soal dimensi, panjangnya bertambah 205 mm, lebarnya pun lebih melar 70 mm, wheelbase (jarak sumbu roda) meningkat 95 mm namun tinggi lebih rendah 5 mm dibandingkan Xenia 1.300 cc generasi sebelumnya. Inilah alasan yang membuat Xenia generasi ketiga terlihat ceper tapi panjang. 

Tidak seperti versi 1.500 cc, Daihatsu Xenia R ADS yang bermesin 1.300 cc ini lebih kalem karena tidak ada garis merah membentang di sekeliling eksterior. Namun demikian, penampilannya tetap modis karena adanya body kit di bumper dan side skirt dengan lis merah. 

Tak kalah menarik yaitu adanya spoiler sehingga paket body kit ini diklaim mampu meningkatkan aerodinamika pada mobil. Kombinasi body kit dengan lekuk tegas di bagian headlamp dan stoplamp sipit melebar ini membuatnya cukup stylish untuk sebuah MPV. 

Performa Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Memuaskan Untuk Aktivitas Dalam Kota

Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Punya Fitur Komplit dan Harga Murah, Calon Tipe Terlaris? 02

Pada saat sesi Test Drive Daihatsu Xenia dengan rute Yogyakarta - Semarang berputar via Kebumen, kami berkesempatan mengendarai Xenia bermesin 1.500 cc manual dan 1.300 cc CVT. Kebetulan, untuk versi 1.300 cc ini mendapat rute city driving di Kota Semarang. 

Nah, untuk performa mesinnya ini cukup halus bertenaga dengan torsi yang cukup kuat di putaran bawah. Mungkin kesannya agak bolot karena efek transmisi CVT, tapi sebenarnya akselerasi terus meningkat secara gradual. Tenaganya cukup oke di kelas mesin 1.300 cc, karena hanya selisih 7 hp dibandingkan versi 1.500 cc. 

Sebagai informasi, Daihatsu Xenia 1.300 sebenarnya masih mengusung kode mesin yang sama dengan sebelumnya, yakni 1NR-VE. Tenaga yang dihasilkan sebesar 95,5 HP (97 Ps) @ 6.000 rpm dengan torsi 120,6 Nm (12,3 Kgm) @ 4.200 rpm. 

Ada beberapa penyempurnaan pada mesin ini seperti rocker arm di mobil ini memakai Hydraulic Lush Adjuster, agar pembakaran kian efisien. Kemudian material piston yang digunakan juga lebih ringan, dengan peningkatan performa pompa oli supaya pelumasan kian optimal. 

Interior Elegan dan Fitur Melimpah di Daihatsu Xenia 1.3 R ADS, Bikin Betah! 

Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Punya Fitur Komplit dan Harga Murah, Calon Tipe Terlaris? 03

Masuk ke kabin Xenia generasi ketiga ini, kita disuguhi penampilan serba baru. Desain dashboardnya agresif dan tegas dengan aksen hitam-silver. Fiturnya cukup lengkap, seperti misalnya Air Conditioner (AC) yang sudah mengusung format digital. Desain head unit juga bergaya floating dengan layout tombol sudah diset agar mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan.

Bicara soal head unit ini memiliki bentang layar 9 inci dengan memiliki beragam konektivitas modern seperti Radio, USB, & Bluetooth, hingga koneksi Android Auto™ maupun Apple CarPlay®. Untuk mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudinya. 

Daihatsu Xenia 1.3 R ADS Punya Fitur Komplit dan Harga Murah, Calon Tipe Terlaris? 04

Kualitas suara di Xenia kini cukup memadai karena dukungan dari enam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A). Selain itu, kenyamanan akustik juga terbantu berkat kekedapan kabin yang meningkat. 

Pada sisi pengemudi disuguhi panel instrumen dengan dua buah cluster berisi jarum tachometer untuk menunjukkan putaran mesin dan kecepatan (speedometer) lengkap dengan layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci. Cukup banyak informasi yang disajikan oleh MID ini, di antaranya ada odometer, tripmeter, jam digital, posisi gigi, dan juga average fuel consumption. 

Kesimpulan

Dengan budget yang lebih murah daripada Toyota Avanza, kita bisa mendapat sebuah mobil keluarga yang serba ada. Sebagaimana kita ketahui, kini Toyota Avanza bermesin 1.3 liter cenderung difokuskan untuk fleet atau spot order yang indennya berbulan-bulan. Adapun untuk konsumen umum pembeli Avanza akan diarahkan ke varian 1.5 liter.

Untuk Avanza 1.5 G MT, dijual dengan harga Rp255.100.000 atau cuma beda Rp2,5 juta lebih murah daripada Xenia 1.3 R ADS. Namun soal kelengkapan fitur dan aksesoris, jelas Xenia cukup jumawa.

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Xenia ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil