window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen

Yongki Sanjaya · 31 Mei, 2023 10:30

Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen 01

Tren kendaraan ramah lingkungan kini mulai meluas pada segmen mobil niaga. Kali ini, Daimler dan Toyota Group menjalin kerja sama lintas benua untuk menciptakan truk bebas emisi dalam brand Mitsubishi Fuso dan Hino. 

Daimler Truck Holding AG, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), Hino Motors Ltd., dan Toyota Motor Corporation hari ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menyetujui penggabungan Hino dan Fuso.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak Lagi Tenggak Solar, Toyota Kembangkan Hilux EV Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift!

CR-V FCEV Diproduksi Tahun Depan, Honda Mulai Mengoperasikan Pembangkit Listrik Teknologi Sel Hidrogen

Sebagai informasi, Mitsubishi Fuso adalah anak perusahaan Daimler Trucks, tidak terkait dengan Mitsubishi Motors walau namanya mengusung brand Mitsubishi. Sementara itu Hino adalah anak perusahaan Toyota. Bahkan di Indonesia, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia juga memproduksi truk Toyota Dyna yang dijual oleh Toyota.

Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen 01

Adapun isi dalam MoU menjalin kerja sama untuk:

  • MFTBC dan Hino akan bergabung dan berkolaborasi di bidang pengembangan, pengadaan, dan produksi kendaraan komersial.  Mereka akan membangun pabrikan kendaraan komersial Jepang yang berdaya saing global.
  • Daimler Truck dan Toyota akan sama-sama berinvestasi di perusahaan induk (tercatat) dari MFTBC dan Hino dari hasil merger.  Mereka akan berkolaborasi dalam pengembangan kendaraan hidrogen dan teknologi CASE (Connected / Autonomous & Automated / Shared / Electric) lainnya untuk mendukung daya saing perusahaan baru tersebut.
  • Daimler Truck dan Toyota akan memanfaatkan kekuatan korporat mereka untuk menawarkan jajaran kendaraan komprehensif yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan lokal.  Dalam mengejar netralitas karbon, mereka menekankan pentingnya menawarkan banyak pilihan yang disesuaikan dengan kondisi lokal dan kebutuhan khusus pelanggan mereka.

Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen 02

"Perusahaan baru yang direncanakan akan menjadi kekuatan utama di Asia Tenggara dan rekanan penting dari keluarga Truk Daimler. Dan  pengumuman hari ini adalah langkah penting dalam mewujudkan masa depan yang ekonomis dan memimpin transportasi berkelanjutan," sebut Martin Daum, CEO Daimler Truck.

Kerja sama ini juga menjadi upaya Hino di bawah payung Toyota membendung ekspansi dari Isuzu dan Honda yang sebelumnya telah menjalin kerja sama membangun kendaraan ramah lingkungan. Honda bertugas menciptakan mesin hidrogen yang akan digunakan dalam lini truk heavy duty dari Isuzu.

"Kolaborasi erat ini akan memungkinkan kami untuk mempercepat dekarbonisasi industri transportasi, menciptakan produsen kendaraan komersial Jepang yang lebih kuat. Di bawah dua merek FUSO dan Hino yang sudah mapan, kami akan terus mengambil  peran utama dalam melayani kebutuhan pelanggan di Jepang, Asia, dan sekitarnya," sebut Karl Deppen, CEO MFTBC. 

Kerja Sama Daimler Bersama Toyota Memperkuat Pasar Truk Mitsubishi Fuso dan Hino di Asia Tenggara

Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen 03

Sebagaimana diketahui, baik Daimler dan Toyota Group masing-masing memiliki pasar yang kuat untuk kendaraan niaga termasuk di kawasan Asia Tenggara. Toyota melalui Hino mendominasi penjualan truk medium duty di Indonesia.

Sementara itu Daimler melalui Fuso laris manis di segmen light duty, dan untuk brand Mercedes-Benz laris manis untuk segmen truk medium dan heavy duty dari brand Eropa untuk pasar Indonesia. 

Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen 04

Daum mengisyaratkan nantinya produk besutan grup Daimler seperti Mercedes-Benz dan Mitsubishi Fuso akan mengadopsi mesin ramah lingkungan buatan Toyota Group, baik itu berbasis hidrogen atau kendaraan listrik. Selama ini Toyota telah memiliki beragam inovasi powertrain ramah lingkungan seperti kendaraan listrik maupun berbasis hidrogen. 

"Keempat perusahaan akan bekerja sama dengan visi bersama untuk mencapai netralitas karbon dengan memperkuat teknologi CASE. Kami akan mengubah masa depan kendaraan komersial dan membangun masa depan bersama dengan memecahkan masalah sosial," tambah Koji Sato, CEO Toyota Motor Corporation. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil