Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021?

Enda · 26 Feb, 2021 15:00

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 01

Wuling Confero S 2021 facelift

Menurut kabar yang sedang beredar dalam beberapa waktu belakangan, PT SGMW Motor Indonesia tengah mempersiapkan peluncuran LMPV terbarunya yang dikabarkan akan terjadi pada 2021 ini. Sosok Wuling Confero S 2021 facelift dihadirkan untuk menggantikan generasi sebelumnya yang diperkenalkan pertama kali pada 2017.

Seperti yang diketahui sebelumnya, penampakan Confero facelift telah beredar di berbagai jejaring media sosial. Terlihat bahwa tampilan terbaru Confero ini sebagian besar terjadi pada sisi eksteriornya yang paling banyak mengalami perubahan.

Dalam ulasan kali ini, kami akan mencoba melakukan perbandingan Wuling Confero S facelift 2021 dengan Toyota Avanza 2021. Akankah Confero facelift nantinya mampu pikat loyalis LMPV jenama Jepang tersebut untuk pindah haluan?

Desain Baru Wuling Confero 2021 Facelift Mampu Menundukkan Lawannya?

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 02

Wuling Confero Facelift

Melihat foto yang beredar, Confero facelift ini mendapat bumper baru yang terlihat lebih sporty dan atraktif dengan tampilan memanjang. Lampu utamanya juga terlihat lebih garang berkat menganut konsep Black-out headlamp.

Ram berukuran besar yang terletak di bumper juga dibuat dengan gaya trapezium, menyerupai beberapa lini sedan terbaru Toyota. Selain tampilan depan, terlihat pada gambar Wuling tidak memberikan ubahan pada sisi samping serta buritannya.

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 03

Toyota Avanza 2021

Bicara mengenai Toyota Avanza 2021, PT Toyota Astra Motor memberikan penyegaran terhadap LMPV andalannya ini pada awal 2019. Sebagaimana yang diketahui, Avanza facelift masih menggunakan platform yang sama dengan Avanza generasi kedua yang dikeluarkan pada 2012 lalu.

Hanya saja pada sektor fascia dan buritan, generasi terbaru Avanza terkesan lebih modern berkat adanya ubahan serta penambahan beberapa aksen. Dimana untuk sistem pencahayaanya kini menggunakan bohlamp LED yang diyakini lebih hemat dalam penggunaan daya serta meningkatkan visibilitas pengemudi di malam hari.

Namun begitu, tampilan Toyota Avanza 2021 secara keseluruhan sudah terlihat jadul. Terlebih dengan rencana datangnya Wuling Confero facelift, bisa saja membuat calon konsumen atau pengguna setianya menjatuhkan hati pada Confero di kelas LMPV berpenggerak roda belakang ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurang Wuling Confero

Interior Confero Facelift Tidak Banyak Berubah, Apa Mampu Ungguli Avanza?

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 04

Interior Wuling Confero 2021

Seperti yang terlihat pada gambar, perubahan yang dilakukan Wuling terhadap Confero terbaru terbilang hanya minor change. Selebihnya masih terlihat sama, begitupun pada bagian interiornya.

Konfigurasi jok dengan tampilan captain seat, yang biasanya hanya bisa dijumpai pada mobil kelas MPV ke atas tetap ada di Confero 2021. Meski sekelas Low MPV, mobil buatan Cina ini menawarkan jok konfigurasi tempat duduk captain seat pada Confero S.

.

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 05

Captain Seat Wuling Confero

Dikelasnya, hanya Wuling satu-satunya yang menawarkan jok dengan model ini. Fitur Captain Seat dapat membuat kabin interior terasa lebih lega dan penumpang di baris ketiga bisa leluasa untuk keluar-masuk.

Ini juga menjadi fitur pembeda antara Wuling Confero S dengan Low MPV lainnya. Meski baris kedua hanya bisa diisi dua penumpang, pada kenyataanya Wuling Confero tetap bisa dimuati hingga tujuh orang. Untuk varian dibawahnya yang tidak menganut Captain Seat, Confero bisa dimuati hingga delapan orang, Wow!

Material jok yang ada di mobil ini juga terasa nyaman dan fleksibel. Sehingga bisa menjamin kenyamanan penumpang ketika berkendara. 

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 06

Interior Toyota Avanza 2021

Bicara Toyota Avanza, tampilan dalam LMPV ini terlihat sederhana. Berbeda dengan Confero, Avanza tidak mendapatkan jok model Captain Seat dan hanya bisa dimuati hingga tujuh orang saja.

Avanza juga masih menggunakan kursi dengan bahan fabric pada seluruh variannya. Beberapa kompartemen tempat penyimpanan barang, mobil ini juga memiliki jumlah yang lebih sedikit dari Confero, seperti coin box, third row pocket, armrest box, front door pocket, center box, glove box compartement, rear door pocket serta seat pocket.

Mengenai fitur entertainment, Wuling Confero dibekali dengan sistem multimedia layar sentuh berukuran 8 inci yang dapat terhubung dengan smartphone melalui USB ataupun Bluetooth. Sementara itu, fitur hiburan pada Toyota Avanza hanya mengandalkan Head Unit layar sentuh dengan enam buah speaker dan T-Link.

Tidak Hanya Captain Seat yang Nyaman, Wuling Confero Punya Fitur Lebih Keren Dari Avanza

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 07

TPMS Wuling Confero

Mengenai fitur, Wuling Confero berhasil disematkan Electric Adjustable Foldable Mirror, Emergency Stop Signal (ESS) hingga driver seat height adjuster.

Tidak hanya itu, LMPV besutan Wuling ini juga mendapat fitur penunjang kenyamanan berkendara lainnya. Sebut saja Rear Parking Camera, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Audio Control & Answering Call Button.

Tidak ketinggalan Dual SRS Airbag, Parking Sensor, ABS & EBD, seatbelt indicator, immobilizer, ISOFIX, serta anti-theft alarm untuk memberikan keselamatan terhadap penumpang dan pengemudi.

Bicara mengenai fitur yang ada pada Avanza, mobil ini mendapatkan rem ABS dan EBD, jok dengan dudukan ISOFIX, seatbelt tiga titik untuk penumpang tengah baris kedua, immobilizer, juga pengingat seatbelt penumpang depan.

Confero Punya Tenaga Lebih Besar Dari Avanza?

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 08

Mesin Toyota Avanza

Saat ini Toyota Avanza 2021 hanya tersedia satu pilihan mesin saja, yakni 1.3L. Secara data spesifikasi, Avanza dibenamkan jantung mekanis berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i. Mesin berkubikasi 1.329 cc ini mampu merilis tenaga 96.5 PS @6.000 Rpm di angka torsi mencapai 120 Nm @4.200 Rpm.

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 09

Mesin Wuling Confero

Dalam hal ini Wuling Confero 2021 cukup bisa diandalkan dalam hal jalur menanjak. Confero berhasil ditanami jantung pacu berkubikasi 1.485 cc P-TEC DOHC, DVVT dengan tenaga 109 PS @5.800 Rpm. Torsinya sendiri berada di angka 142 Nm @3.800-4.400 Rpm, artinya tenaga dan torsi yang dimilikinya menghasilkan power lebih besar dari Toyota Avanza.

Makin Lengkap, Wuling Confero 2021 Facelift Bakal Mendapat Transmisi Otomatis

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 10

Transmisi otomatis Wuling

Wuling Confero yang masih dijual hingga saat ini mendapatkan transmisi manual 5-percepatan serta Auto Clutch Transmission (ACT) 6-percepatan.

Menurut data yang dihimpun pada lampiran Permendagri No. 1 Tahun 2021 tentang tentang Dasar Penghitungan Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor, tertulis Wuling Confero 2021 bakal dihadirkan dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis yang kabarnya akan tersedia di semua tipe Confero S.

Baca juga: Keunggulan Wuling Confero S ACT

Begitupun Toyota Avanza, pihaknya memberikan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan.

Dari beberapa informasi menyebutkan, transmisi otomatis Confero facelift kabarnya akan menggunakan teknologi CVT. Untuk kebenarannya kita tunggu disaat peluncurannya nanti.

Harga Wuling Confero 2021 Varian Otomatis Lebih Murah?

Dapat Opsi Metik, Bisakah Wuling Confero S 2021 Facelift Pikat Pengguna Toyota Avanza 2021? 11

NJKB Wuling Confero 2021 facelift dan Toyota Avanza 2021

Menilik daftar harga terbaru Confero pada lampiran Permendagri No. 1 Tahun 2021, dimana Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) LMPV Cina ini varian teratasnya, Confero S 1.5L MY (4X2) AT mencapai Rp154 juta.

Melihat NJKB Toyota Avanza varian termahanya 1.3 G AT, mobil ini memiliki harga jual Rp173 juta. Ketika menelusuri situs resminya, trim teratas Toyota ini dibandrol Rp231,2 juta on the road Jakarta.

Melakukan perbandingan harga NJKB Avanza dengan Confero AT yang mendekati, perkiraan Confero S matik nantinya dibandrol Rp203 jutaan.

Kesimpulan

Melihat bocoran gambar Wuling Confero S 2021 facelift yang tersebar, LMPV jenama Cina ini akan memberikan gebrakan di dunia otomotif nasional khsusnya di segmen Low MPV berpenggerak roda belakang seperti Avanza dan Xenia.

Secara tampilan, Confero facelift akan hadir dengan tampilan fresh lebih sporty dan atraktif. Tidak hanya itu, gaya berkendara yang sekarang sudah cukup nyaman, akan lebih baik berkat dihadirkannya varian transmisi otomatis.

Mengenai harga yang ditawarkan, Wuling Confero terbaru diprediksi akan tetap lebih murah dari Toyota Avanza 2021 yang kini menembus angka Rp231,2 juta.

Baca juga: Hal Penting Sebelum Membeli Avanza

Komentar