Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia

Karim · 25 Des, 2021 11:00

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 01

Ada-ada saja memang, beberapa mobil justru dikenal dengan julukan unik. Bukan panggilan buatan sendiri melainkan jadi panggilan sayang banyak orang. Cukup melekat terutama di model-model lawas. Sebut saja Mercy Kentang, Daihatsu Tuyul, Suzuki Turungtung, Datsun Curut, dan sebagainya.

Namun dari sekian banyak panggilan, tampaknya nama hewan cukup sering terdengar jadi julukan untuk mobil. Banyak jenisnya, entah itu karena elemen desain, emblem, atau alasan lain yang asal-muasalnya sendiri bisa menjadi bahan perdebatan. Ada hewan apa saja? Yuk, kita cek satu per satu.

Dua Buaya Toyota

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 02

Buaya jelas terlihat mengerikan. Meski begitu, predator satu ini justru melekat pada mobil yang kalau boleh dibilang tampak ‘culun’ yakni Toyota Kijang generasi pertama. Mungkin dikarenakan bentuk kap mesin. Serbakotak dan kalau mengaga begitu lebar seperti mulut buaya.

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 03

Tapi bukan cuma Toyota Kijang, sapaan “buaya” juga melekat pada truk Toyota A-Series di era 70-an. Ia mungkin lebih cocok disamakan dengan karakter sang predator semi-akuatik. Agak intimidatif dari segi dimensi lantaran masuk di kelas medium-duty. Tangguh pula, masih bisa ditemukan kalau main ke Padalarang, Jawa Barat.

Baca juga: Sejarah Truk Toyota Buaya, Masih Jadi Andalan di Gunung Kapur

Ikan Lele, Identik dengan Banyak Mobil

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 04

Sumber: Chevrolet Forum

Ikan satu ini tampaknya banyak dikaitkan dengan berbagai mobil dari dulu hingga kini. Biasanya karena ada kemiripan di bagian wajah baik itu mulut atau kumis. Contoh pertama adalah pikap Chevrolet Advance-Design ½ ton dari 1950-an. Sepertinya, paling mirip lele adalah model keluaran 1954 saat grille bertransformasi jadi bergaya crossbar.

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 05

Lele pun identik dengan julukan Toyota Crown S60 dari era 1970-an. Coba perhatikan, lampu dan grille celong lumayan mirip dengan bagian mulut bukan? Belum lagi ornamen di kap mesin seolah menggambarkan kumis. Selain itu, ada juga Mitsubishi Galant generasi ketujuh dengan kombinasi headlamp plus grille yang dibelah dua. 

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 06

Sebutan ini bahkan tidak selesai di model-model lawas. Adalah Toyota Yaris XP150 keluaran pertama yang kerap disebut sebagai “Yaris Lele”. Itu, hatchback Toyota yang dikenalkan 2013 setelah berganti generasi dari “Yaris Bapao” dan lanjut facelift menjadi “Yaris Joker”. Tampaknya memang ada kemiripan dengan bagian mulut dan kumis lele lewat apron besarnya.

Baca juga: Inikah Toyota Yaris Facelift 2021 yang Disiapkan untuk Indonesia?

Kerbau yang Dikaitkan dengan Jip Tangguh dan Sedan Mewah

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 07

Sumber: Jipmania

Kuat, tangguh, dan pekerja keras bisa menggambarkan karakter seekor kerbau. Mungkin, itu nilai yang ingin disematkan oleh Daihatsu untuk Taft F50 sebagai sebuah jip. Setidaknya, ilustrasi kepala kerbau melekat di pintu belakang. Hal ini pun membuatnya dikenal sebagai “Taft Kebo”.

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 08

Meski begitu, sebutan ini juga melekat di sedan Mercedes-Benz  yakni model W108/W109. Dipanggil “Mercy Kebo”. Entah dari mana asalnya tapi yang jelas ia bertubuh bongsor lantaran merupakan seri flagship. Cikal bakal S-Class sebelum definisi kelas tersebut resmi dipakai pabrikan kali pertama di generasi W116 alias “Mercy Barong”. 

Macan dan Jangkrik, Konon Bukan dari Kemiripan Desain

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 09

Cukup menarik adalah “Mercy Tiger” untuk Mercedes-Benz W123. Konon bukan karena ada kemiripan wajah melainkan berasal dari kata macan yang merupakan singkatan dari manis dan cantik. Diterjemahkan ke Bahasa Inggris, jadilah tiger. 

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 10

Sumber: Silodrome

Demikian halnya dengan Suzuki LJ80 alias “Jimny Jangkrik”. Rasanya sulit mencari kemiripan anatomi jangkrik dengan jip mini ini. Apakah karena bantingan suspensi keras sehingga saat duduk terasa seperti melompat-lompat? Bisa jadi. Tapi, sepertinya julukan ini didasari kemiripan nama dengan karakter Jimniy Cricket dari kartun Pinokio yang notabene seekor jangkrik. Cukup masuk akal mengetahui kala itu Jimny LJ80 adalah sebuah nama baru di skenario otomotif Indonesia.

Hewan-Hewan Lainnya

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 11

Masih ada beberapa nama hewan lagi yang dijadikan panggilan sayang berbagai mobil di Tanah Air. Ambil contoh Mitsubishi Galant generasi ke-8 yang banyak orang sebut “Galant Hiu”. Bergaya intimidatif, apalagi postur wajah agak menukik tak dapat dipungkiri mirip moncong hiu.

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 12

Mirip juga dengan sumbernya adalah Honda CR-V generasi ketiga. Tak mengherankan bila ia dipanggil “CR-V Kura-Kura” karena bentuk kaca samping mengkurva ala kupe. Terlihat seperti tempurung kura-kura. 

Dari Kijang Buaya Sampai CR-V Kura-Kura, Nama-Nama Hewan ini Jadi Julukan untuk Mobil di Indonesia 13

Terakhir, semua mungkin hafal betul dengan mobil ikonik satu ini. Siapa lagi kalau bukan “VW Kodok”. Nama aslinya Beetle dengan bentuk menyerupai kumbang namun di Indonesia ia malah disamakan dengan kodok. Tapi tidak salah juga karena mau bagaimanapun ada kemiripan apalagi bentuknya yang bungkuk serba membulat. Apa masih ada yang lain?

Baca juga: 5 Mobil Sedan Rp25 Jutaan, Punya Mesin Bandel dan Mudah dalam Perawatan

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru