window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dari Semua Tipe Toyota Avanza, Ini Tipe Paling Layak Dibeli Beserta Alasannya

Mark Jacob · 22 Okt, 2020 11:00

Dari Semua Tipe Toyota Avanza, Ini Tipe Paling Layak Dibeli Beserta Alasannya 01

Siapa sih nggak kenal sama Toyota Avanza? Mobil yang punya sebutan sejuta umat ini jadi mobil keluarga yang paling laris di Indonesia. Saking larisnya, hampir setiap rumah di perumahan punya Toyota Avanza di garasinya.

Mobil 7 penumpang ini dijual dengan harga Rp197 jutaan tipe terbawah sampai Rp230 jutaan tipe tertinggi. Tapi, nggak semua tipe layak dibeli. Karena ada 1 tipe yang benar-benar layak buat dibeli. Kira-kira tipe apa sih ya?

Tipe Toyota Avanza

Karena ini adalah mobil keluarga yang paling laris, nggak heran kalau tipenya sendiri juga ada banyak. Toyota Avanza dimulai dari tipe E STD MT, E STD AT, E MT, E AT, G MT, G AT dan 1.5 G MT. Wah, banyak banget kan!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tipe E STD MT sampai tipe G AT seluruhnya memakai mesin berkapasitas 1.300 cc. Nah, yang mesinnya 1.500 cc itu cuma ada di tipe G MT yang jadi tipe tertingginya. Bagi sebagian orang, beli tipe tertinggi adalah hal yang jitu. Padahal, nggak berlaku buat Toyota Avanza.

2 Pilihan Mesin

Mesin pertama yang dipakai pada Toyota Avanza adalah mesin 1NR-VE. Mesin ini punya kapasitas mesin 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mesin penggerak roda belakang ini mencapai 97 ps @6.000 rpm dengan torsi 121 Nm @4.200 rpm.

Lalu mesin kedua adalah mesin berkode 2NR-VE. Mesin ini punya kapasitas mesin 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, dual VVT-i. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 102 ps @6.000 rpm dengan torsi 136 Nm @4.200 rpm.

Dari Semua Tipe Toyota Avanza, Ini Tipe Paling Layak Dibeli Beserta Alasannya 01

Di atas kertas, memang tenaga yang dihasilkan mesin 2NR-VE lebih besar. Sayangnya, mesin ini cuma ada di tipe tertingginya saja. Dan yang lebih menyedihkan lagi, tipe tertinggi tidak dijual dengan transmisi otomatis. Hanya tersedia transmisi manual saja.

Pilihan Warna Toyota Avanza

Karena ini adalah sebuah mobil keluarga, maka pilihan warna yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Mulai dari black metallic, bronze, dark blue, dark red mica metallic, gray metallic, silver metallic dan white.

Total ada 7 warna yang bisa dipilih oleh konsumen keluarga Indonesia. Nggak cuma itu aja, Toyota Avanza juga punya fitur keamanan dan keselamatan yang lumayan oke. Fitur ini selalu mendapat penambahan di setiap ubahannya.

Untuk semua tipe, sudah dibekali dengan dual airbag. Sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter juga menjadi standardnya. Rem ABS, side impact beam, sabuk pengaman 3 titik, isofix dan pengingat sabuk pengaman untuk penumpang juga menjadi peranti penting standard mobil ini.

Tipe 1.3 E AT yang Paling Disarankan

Jika melihat dari semua tipe, rasanya kami sangat menganjurkan untuk membeli Toyota Avanza tipe 1.3 E transmisi otomatis untuk dibeli. Secara harga, bisa dibilang tidak terlalu mahal. Dan yang terpenting adalah kamu sudah mendapatkan mobil keluarga dengan transmisi otomatis.

Transmisi otomatis menjadi salah satu fokus utama beberapa tahun belakangan. Kota Jakarta yang macet menjadi salah satu penyebab banyaknya orang membeli mobil transmisi matik. Kenapa tipe E? Harga Rp211 jutaan kami rasa masih cukup bisa ditolerir untuk sebuah mobil baru. Apalagi mobil keluarga.

Dari Semua Tipe Toyota Avanza, Ini Tipe Paling Layak Dibeli Beserta Alasannya 02

Coba bandingkan dengan tipe 1.5 G MT. Dengan harga Rp230 juta kamu hanya mendapatkan mobil tipe tertinggi dengan transmisi manual. Walaupun mesinnya lebih kecil, jelas kenyamanan berkendara mobil matik menjadi salah satu yang terbaik. Lagian, ini adalah mobil keluarga. Tak penting juga performa untuk kebut-kebutan.

Kesimpulan

Secara tampilan Toyota Avanza tipe 1.3 G AT ini punya tampilan yang lebih baik dibanding tipe standard. Sudah punya foglamp, velgnya juga lebih bagus dibanding tipe standard. Spion juga sudah ada lampu sein, dan kelengkapannya fiturnya juga lebih baik. Yang terpenting, kamu sudah mendapatkan mobil transmisi otomatis!

Itu dia kuncinya. Mobil keluarga dengan transmisi otomatis sudah paling cocok untuk digunakan sebagai mobil harian. Konsumsi bahan bakarnya juga lumayan oke lah, walaupun enggak terlalu irit juga. Dari segi harga, tipe 1.3 G AT paling layak direkomendasikan untuk dibeli dibanding tipe tertingginya.

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil