Persaingan kendaraan murah ramah lingkungan atau LCGC memang semakin memanas. Dari segi penjualan, deretan mobil LCGC yang laris terjual dengan peminat cukup banyak masih didominasi pabrikan asal Jepang.
Dari tiga pabrikan asal Jepang, terdapat Brio Satya yang mewakili Honda, Toyota dengan Agya dan Daihatsu dengan Sigra sebagai andalannya. Tapi sebenarnya diantara ketiganya, siapa yang memiliki keunggulan dari segi harga, fitur dan yang paling penting adalah konsumsi bahan bakar.
Sebelum memulai dalam membahas beragam keunggulannya, tidak ada salahnya kita mengetahui arga yang ditawarkan dari tiga mobil murah ramah lingkungan ini. Untuk harga , kami sengaja mengambil dua varian terendah dan tertinggi:
|
Honda Brio Satya |
Toyota Agy |
Daihatsu Sigra |
|
Tipe |
Harga |
Tipe |
Harga |
Tipe |
Harga |
Tipe terendah |
Brio S MT |
146 juta |
Agya 1.0 G MT |
Rp 143,8 juta |
Sigra 1.0 D MT |
Rp119,5 juta |
Tipe tertinggi |
Brio E CVT |
Rp 170,1 juta |
Agya 1.2 AT TRD |
Rp 169.2 juta |
Sigra 1.2 R Deluxe AT |
Rp162,25 juta |
Secara harga dari ketiganya, Daihatsu Sigra tentu lebih ekonomis. Bahkan pada tipe tertingginya yang juga telah menggunakan transmisi automatic.
Selanjutnya, kita lihat dimensi dan kapasitas penumpang dari ketiga LCGC yang laris manis di Indonesia.
Dimensi |
Honda Brio Satya |
Toyota Agya |
Daihatsu Sigra |
Panjang |
3.800 mm |
3.660 mm |
4.070 mm |
Lebar |
1.680 mm |
1.600 mm |
1.655 mm |
Tinggi |
1.485 mm |
1.520 mm |
1.600 mm |
Wheel base |
2.405 mm |
2.455 mm |
2.525 mm |
Kapasitas penumpang |
5 penumpang |
5 penumpang |
7 penumpang |
Tentu saja, jika dilihat dari dimensi Daihatsu Sigra memiliki kelebihan segi ukuran dan tentunya kapasitas penumpang lebih banyak dari dua pesaingnya.
Untuk perbandingan mesin yang diusung dari ketiga LCGC, kami memilih tipe tertinggi dengan transmisi otomatis agar lebih seimbang.
|
Honda Brio Satya |
Toyota Agya |
Daihatsu Sigra |
Kapasitas |
1.199 cc |
1.197 cc |
1.197 cc |
Tipe mesin |
1.2L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW |
3NR-VE DOHC VVT-i |
3NR-VE, DOHC Dual VVT-i |
Tenaga |
88 Ps @ 6.000 rpm |
90 Ps @ 6.000 rpm |
88 ps @ 6,000 rpm |
Torsi |
107Nm @4.200rpm |
110Nm @4.800 rpm |
108Nm @4.200 rpm |
Transmisi |
Automatic CVT with Earth Dreams Technology |
Automatic 4 Speed |
Automatic 4 speed |
Bahan Bakar dan tanki |
Bensin – 35 liter |
Bensin – 33 liter |
Bensin – 36 liter |
Dari detail mesin ketiga, sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan. Bahkan pada mesin Toyota Agya juga digunaan pada Daihatsu Sigra. Tentu ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli Daihatsu Sigra yang ternyata mendapatkan mesin berteknologi dari Toyota.
Tentunya fitur berteknologi menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap calon pembeli. Begitu pula dengan fitur yang mengandung unsur keamanan demi kenyamanan dalam berkendara. Berikut fitur keselamatan pasif dan aktig pada tiga LCGC :
Fitur |
Honda Brio Satya |
Toyota Agya |
Daihatsu Sigra |
ABS |
Yes |
Yes |
Yes |
Brake Assist |
No |
No |
No |
EBD |
Yes |
Yes |
Yes |
Sensor parkir |
Yes |
Yes |
Yes |
Camera rear |
No |
No |
No |
Airbag system |
Yes |
Dual SRS airbags |
Dual airbag |
Child safety locks |
Yes |
Yes |
No |
Sabuk pengaman depan |
3P ELR (x2) |
Fix |
Yes |
ISOFIX |
3P ELR (x2) |
Yes |
No |
Anti theft system |
Alarm System |
Alarm System |
No |
Engine immobilizer |
Yes |
Yes |
Yes |
Konsumsi bahan bakar tentunya menjadi bagian terpenting dalam syarat sebuah kendaraan murah ramah lingkungan – Low Cost Green Car (LCGC).
Tipe mobil |
Dalam kota |
Luar kota/jalan tol |
Honda Brio Satya |
16.6 Km/liter |
22.6 km/liter |
Toyota Agya |
15.1 km/liter |
20.7 km/liter |
Daihatsu Sigra |
14 km/liter |
19 km/liter |
Data untuk konsumsi bahan bakar dari ketiga, kami peroleh dari berbagai sumber. Tentunya gaya mengendarai hingga kepadatan lalu lintas sangat berpengaruh. Namun paling tidak data konsumsi tersebut, paling tidak dapat digunakan sebagai acuan.
Dari berbagai perbandingan di atas, tentu anda dapat menarik kesimpulan sendiri yang disesuaikan dengan sudut pandang berbeda. Daihatsu Sigra yang masuk dalam LCGC - 7 seater tentu memiliki kelebihan dalam kapasitas penumpangnya.
Sedangkan antara Honda Brio Satya dan Toyota Agya tentunya sangat bersaing dalam memperebutkan konsumen yang ingin memiliki mobil berukuran ringkas tapi sarat dengan teknologi hingga tampilan sporty.