Datangi Dealer Hari Ini Juga! Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Raize Layak Dibeli

Prasetyo · 30 Apr, 2021 17:30

Datangi Dealer Hari Ini Juga! Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Raize Layak Dibeli 01

Toyota Raize sudah resmi dirilis oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Dan mobil ini pun telah dapat ditemui di seluruh jaringan dealer resmi Toyota di kota Anda. Mungkin pertanyaan yang kemudian muncul di benak Anda adalah, layakkah mobil ini dibeli?

Sebagai mobil yang totally new, tentu saja Anda akan penasaran dengan Toyota Raize. Namun sebelum beranjak ke dealer resmi Toyota untuk melihat unit dan mencobanya langsung, berikut akan kami berikan setidaknya 5 hal yang bisa jadi bahan pertimbangan mengapa SUV compact Toyota ini layak untuk Anda miliki.

Baca juga: Perbandingan Power To Weight Mesin 1.2 L Toyota Raize-Daihatsu Rocky dengan Calya-Sigra, Pendatang Baru Lebih Unggul?

1. Tampilannya Stylish Bergaya Jepang

Sebelum memutuskan membeli sebuah mobil, tentu yang pertama dipertimbangkan adalah desain dari kendaraan tersebut. Untuk Raize, Toyota memang merancangnya agar terlihat stylish tapi tetap maskulin sebagai cita rasa mobil SUV.

"Kalau dari luar gak keliatan mobil ini dalamnya sangat lega, produk ini ukurannya compact tapi spacious. Lega tanpa mengorbankan size yang terlalu besar di luarnya," ucap Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam video conference, Jumat (30/04/2021).

Datangi Dealer Hari Ini Juga! Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Raize Layak Dibeli 02

Terlihat kecil dari luar tapi tawarkan kabin lapang

Toyota menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) untuk Raize. Ini merupakan turunan dari Toyota New Global Architecture yang memang ditujukan bagi pasar negara berkembang. Meski begitu, dengan memakaian platform global, maka sudah dipastikan Toyota Raize di Indonesia punya paras identik dengan yang dijual di negara lain, termasuk Jepang sebagai negara pertama yang mencicipi mobil ini. Apalagi di Jepang, sejak diperkenalkan akhir 2019, Raize sudah menjaid SUV Compact terlaris dengan penjualan lebih dari 120.000 unit.

Kemudian mobil ini punya panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, serta ground clearance 200 mm. Itu artinya Raize di Indonesia lebih panjang 35 mm, lebih lebar 15 mm, lebih tinggi 15 mm, serta memiliki jarak ke aspal lebih tinggi 20 mm. Sehingga ini membuat Raize lebih fleksibel saat harus menghadapi kontur jalan yang kurang bersahabat di Indonesia dimana jalan rayanya tak selalu mulus.

Anton juga menjelaskan kalau Raize diposisikan untuk segmen konsumen pembeli mobil pertama dan usianya muda atau generasi milenial, mereka yang baru mulai bekerja, baru menikah, keluarga muda, atau untuk yang cari mobil kedua tapi ingin yang lebih kecil, lebih stylish dan lebih lincah

2. Mesin Bertenaga Tapi Hemat Bahan Bakar

Baca juga: Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC

Mesin Toyota Raize ada yang menggunakan 1.2L berkode WA-VE 3 silinder 12 valve DOHC Dual VVT-i dan ada yang bermesin 1.0L 1KR-VET 1.0L 3 silinder turbocharger. Mesin tersebut lantas dikombinasikan juga dengan dua pilihan  transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Datangi Dealer Hari Ini Juga! Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Raize Layak Dibeli 03

Saat ini baru tersedia yang mesin 1.0L Turbo

Untuk mesin 1.2L sanggup memproduksi tenaga 86 Hp pada 6.000 rpm dengan torsi 112 Nm di 4.500 rpm. Sementara meisn 1.0L Turbo mampu meletupkan daya puncak 97 Hp di 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm di rentang 2.400-4.000 rpm. Untuk tahap awal, TAM hanya menyediakan Raize di Indonesia dnegan mesin 1.0L Turbo. Mesin ini selain lebih bertenaga juga sekaligus efisien dalam pemakaian bahan bakar. Klaim Toyota untuk konsumsi bahan bakar Raize adalah 17,8 km/liter.

3. Fitur Keselamatannya Setara Mobil Mewah

Toyota sejatinya memposisikan Raize untuk segmen SUV entry level. Namun fitur yang tertanam di mobil ini jauh lebih komplit dibandingkan "kakak kandungnya" Toyota Rush. Pada varian tipe tertinggi Toyota raize, sudah dibekali fitur bernama Toyota Safety Sense (TSS), 6 Airbags, serta Pedal Misoperation Control.

Sementara fitur Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm dengan Immobilizer menjadi fitur standar yang tersedia disemua varian tipe Toyota Raize.

Datangi Dealer Hari Ini Juga! Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Raize Layak Dibeli 04

Tipe tertinggi sudah pakai fitur TSS dan 6 Airbags

Tentu saja fitur-fitur ini ditambah juga fitur lain seperti monitor layar sentuh model floating hingga 9.0 inci yang sudah mengadopsi Toyota Smart Device Link, Audio Steering Switch, serta fitur Personal Reminder untuk mengingatkan tentang berbagai hal di aktifitas Anda, termasuk mengenai aturan plat nomor ganjil genap.

4. Ada Varian Sportnya

Kalau Anda suka tampilan mobil yang sporty, maka TAM menawarkan juga varian Toyota Raize GR Sport. Varian ini merupakan racikan khusus dari Gazoo Racing yang sebelumnya juga sudah menelurkan beberapa produk seperti GR Supra, GR Yaris, dan GR 86. Namun tentunya dibuat dengan sentuhan berbeda.

"Di Toyota ada dua level GR. untuk GR sebagai totally product, makai penamaan GR di depan nama modelnya seperti GR Supra atau GR Yaris yang dibuat seperti layaknya sport car. Lalu ada juga ada GR sport yang penamaannya dibelakang nama modelnya yaitu Raize GR Sport. Ini lebih banyak ke sisi kosmetik atau styling untuk tampilan yang lebih sporty," ucap Anton.

Datangi Dealer Hari Ini Juga! Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Raize Layak Dibeli 05

Raize GR Sport

Selain beberapa tambahan aksesoris yang membuatnya terlihat makin sporty, varian Toyota Raize GR Sport ini juga ditambahkan sejumlah fitur. Antara lain Power Mode drive untuk menghasilan karakter berkendara yang lebih agreisf, dan Paddle Shift untuk memindahkan posisi gigi secara manual hanya menggunakan ujung jari tangan. Varian GR Sport dari Raize ini juga setirnya dan joknya sudah dilapis kulit dan keberadaan tombol AC digital.

Baca juga: Hasil Uji Akselerasi 0-100 Km/jam Toyota Raize Lebih Cepat dari Toyota Corolla Cross Hybrid, Nggak Percaya?

5. Masih Dapat Potongan PPnBM 0%

Dari semua kelebihannya itu, hal terakhir yang juga menjadi alasan  paling menarik dari Toyota Raize adalah harganya. Harga Toyota Raize ada di kisaran Rp 236,8 juta - Rp 283, 8 juta. Namun karena ada keringanan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0%, maka harganya menjadi Rp 219,9 juta hingga Rp 263.7 juta.

Kalau Anda mau membeli mobil ini sebaiknya segeralah melakukan pemesanan. Sebab kebijakan dari pemerintah ini cuma berlaku hingga 31 Mei 2021. Keringanan pajak ini diberikan saat kendaraan sudah diterima oleh konsumen. Kalau pun Anda baru mendapatkan unit Toyota Raize setelah Mei 2021, maka kebijakan dari pemerintah adalah PPnBM dipangkas jadi 50%.

Selain masih dapat keringanan PPnBM, jika Anda melakukan pemesanan secepatnya, maka Anda juga bsia menghindari inden yang terlalu panjang. Mengingat menurut Anton Jimmy, Raize akan menjadi salah satu volume maker penjualan Toyota. Yang artinya mobil ini punya potensi laku keras sehingga indennya bisa menumpuk.

Komentar

Mobil Terbaru