Datsun GO, Hatchback Murah Irit Bahan Bakar

Anissa · 20 Mei 2020 13:00

Nama mobil Datsun rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Mobil yang sempat populer ini akhirnya kembali hadir setelah vakum cukup lama dari pasar otomotif. Dan salah satu produk andalannya tidak lain adalah Datsun GO.

Seperti yang kita tahu, mobil Datsun GO ini pertama kali diluncurkan oleh Datsun dan Nissan Motor Company sebagai salah satu mobil keluarga yang cukup populer pada tahun 1986. Kemudian pada tahun 2014, barulah Datsun kembali merilis model terbaru dari mobil tersebut dan terus diperbarui hingga sekarang. 

Pada tahun 2018 yang lalu, Datsun sempat memperkenalkan dua varian baru, yakni Datsun GO yang ditawarkan dengan bentuk hatchback, serta Datsun GO+ yang hadir dengan bentuk MPV. Kedua varian ini diketahui mampu mengangkut penumpang hingga 5 orang. 

Sejak kemunculannya kembali di tahun 2014, mobil Datsun terkenal sebagai mobil yang murah dan ramah lingkungan, atau sering disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC). Hal ini bukanlah hal yang mengherankan, karena mobil ini memang dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mobil-mobil lain di segmen yang sama. 

Model Datsun GO keluaran tahun 2014 dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.200 cc dengan transmisi manual lima percepatan. Sedangkan pada Datsun GO+ ditanamkan mesin tiga silinder, karena dinilai lebih baik dalam mengurangi gesekan mesin dibandingkan dengan mesin empat silinder. Kemudian, pada tahun 2018 lalu, barulah Datsun menawarkan pilihan transmisi otomatis pada kedua model ini. 

Kemudian, untuk menambah kenyamanan pengendara, mesin ini juga dipadukan dengan speed sensitive electric power steering yang dapat memberikan handling dan kenyamanan yang lebih baik saat berkendara. Datsun juga menanamkan pedal akselerator elektronik yang dikendalikan penuh secara elektronik, sehingga pengendara akan dapat merasakan halusnya getaran mesin. 

Tapi harus kita akui, di zaman sekarang, mobil dengan harga murah dan memiliki kenyamanan berkendara yang sangat baik saja belum cukup. Konsumsi bahan bakar dari sebuah mobil juga menjadi salah satu bahan pertimbangan utama dari konsumen sebelum membeli sebuah mobil. 

Datsun sepertinya juga paham betul tentang hal ini, karena terbukti bahwa konsumsi bahan bakar Datsun GO sangat irit. Selain karena penggunaan mesin yang dinilai mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang sangat baik, bobot mobil ini juga bisa dibilang cukup ringan, sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih hemat. 

Baik mobil Datsun GO maupun Datsun GO+, keduanya diklaim mampu menempuh jarak lebih dari 20 km hanya dengan satu liter bensin saja. Angka ini merupakan angka yang hingga kini belum bisa dilampaui oleh para pesaingnya.

Komentar

Mobil Terbaru